kumparan
8 Sep 2019 23:32 WIB

Foto: Peuyeum, Makanan Khas Bandung dengan Sensasi Rasa Manis dan Asam

Peuyeum yang banyak digantung bersama makanan lainnya di kios-kios penjual oleh-oleh di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat (Foto: Jamal Mahfudz)
Bagi yang sering wara-wiri ke daerah Jawa Barat, terutama kota Bandung dan sekitarnya, tentu saja kuliner yang satu ini sudah tak asing lagi. Rasanya manis bercampur sedikit asam jika dimakan. Ya, itulah peuyeum, makanan khas Bandung, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Jika melintas di kawasan Puncak, Bogor, makanan yang terbuat dari singkong ini sudah menjadi pemandangan khas. Di kios-kios penjual oleh-oleh di pinggir jalan, peuyeum tampak digantung-gantung bergerombol, diikat dengan tali. Dengan posisi bagian ujung peuyeum di bawah, supaya terlihat jelas para pengendara yang tengah melintas.
Konon, dahulu sekali, karena kawasan Bandung termasuk daerah dingin, dan tanaman singkong sangat subur dan hasilnya melimpah kala itu, maka diciptakan peuyeum sebagai makanan penghangat. Singkong-singkong yang dipanen lantas difermentasikan, dan jadilah peuyeum sebagai makanan khas Bandung.
Peuyeum selain cocok sebagai makanan khas yang kerap dihidangkan di waktu santai dan ditemani segelas teh hangat, biasa juga dijadikan pelengkap atau olahan beragam kue. Misalnya kue bolu rasa tape, bakpia rasa tape, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Peuyeum, kulineran khas Bandung memang tetap memikat. Kamu suka peuyeum? Kalau aku, doyan banget, malah sejak kecil.
Penjual peuyeum makanan khas Bandung (Foto: Jamal Mahfudz)
Peuyeum yang tetap memikat (Foto: Jamal Mahfudz)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan