Apakah ke Turki Perlu Visa? Ini Jawabannya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 13:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah ke Turki Perlu Visa?. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/ConvertKit
zoom-in-whitePerbesar
Apakah ke Turki Perlu Visa?. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/ConvertKit
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Liburan atau berkunjung ke Turki merupakan impian dari banyak orang di Indonesia, karena negara tersebut terkenal sangat indah dan ramah untuk masyarakat muslim. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah ke Turki perlu visa?
ADVERTISEMENT
Guna menjawab pertanyaan tersebut maka harus mengacu pada aturan yang ada di negara Turki. Karena visa merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Apakah ke Turki Perlu Visa? Berikut Penjelasannya

Apakah ke Turki Perlu Visa? Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Zeki Binici
Jika ingin menjawab pertanyaan apakah ke Turki perlu visa maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa yang dimaksud dengan visa. Dikutip dari laman resmi Kantor Imigrasi Yogyakarta https://jogja.imigrasi.go.id pengertian visa adalah sebagai berikut.
Visa merupakan dokumen yang menunjukkan bahwa pemerintah negara tujuan sudah menyetujui kedatangan ke negara mereka. Dengan kata lain, kedatangan ke negara tersebut melalui jalur yang legal.
Sehingga ketika seseorang datang ke negara lain tanpa menggunakan visa atau tidak memiliki visa maka dianggap sebagai penyusup, teroris atau imigran gelap. Konsekuensinya orang tersebut akan langsung dideportasi atau dipulangkan ke negara asal secara paksa.
ADVERTISEMENT
Visa ini memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya adalah menjaga hubungan baik antar negara dan mengontrol siapa saja yang datang ke suatu negara.
Lalu ketika ingin ke negara Turki apakah orang Indonesia tetap membutuhkan visa?
Jawabannya adalah memerlukan visa, tapi setelah tahun 2021 Indonesia yang menjalin kerja sama dengan negara Turki berhasil membuat warga negara Indonesia yang datang ke Turki tidak memerlukan visa lagi.
Hal tersebut berdasarkan pada dokumen yang ditandatangani langsung oleh Presiden Turki saat itu yaitu Tayyip Erdogan per tanggal 21 Desember 2021. Dokumen tersebut memberikan kebebasan visa bagi Warga Negara Indonesia yang datang ke Turki.
Meski bebas visa bukan berarti orang Indonesia bisa dengan bebasnya keluar masuk negara tersebut. Ada beberapa peraturan yang tetap berlaku salah satunya adalah tidak melebihi 90 hari dalam setiap 180 hari dan tetap memiliki paspor Indonesia.
ADVERTISEMENT
Jadi bisa disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan apakah ke Turki perlu visa? Untuk sekarang sudah tidak lagi setelah adanya kerja sama dari kedua negara. (ARD)