5 Contoh Kata Sambutan Pernikahan dan Lamaran

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
12 Mei 2022 18:06
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Contoh Kata Sambutan Pernikahan dan Lamaran (582388)
zoom-in-whitePerbesar
Seperti apa contoh sambutan pernikahan? Foto: Unsplash
Sambutan pernikahan jadi hal penting yang harus ada dalam acara pernikahan. Umumnya sambutan pernikahan ini disampaikan langsung oleh perwakilan dari kedua belah pihak keluarga.
ADVERTISEMENT
Dalam penerapannya, sambutan pernikahan memiliki format yang hampir sama dengan acara-acara pada umumnya. Dimulai dari kata pembuka, isi, hingga pesan penutup.

Contoh Kata Sambutan Pernikahan

Sebagai referensi bagi para mempelai dalam memberikan sambutan pernikahan, berikut beberapa contoh kata sambutan pernikahan yang dikutip dari buku Menikah: A Guide to Plan Your Perfect Wedding karangan Oneng Sugiarta dan sumber-sumber lainnya.

Contoh 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat Siang, Salam sejahtera untuk kita semua. Bapak-bapak, ibu-ibu, serta saudara saudari yang kami hormati,

Pertama-tama saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT, dengan nikmat dan rahmat yang dilimpahkan-Nya kepada kita semua, sehingga pada siang hari yang berbahagia ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara resepsi pernikahan putri kami (nama mempelai wanita) dengan (nama mempelai pria).

Atas nama keluarga kami dari pihak perempuan, kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan pengantin pria, dan kepada semua tamu undangan yang berkenan hadir, terima kasih karena turut menjadi bagian dari momen yang terindah untuk putra-putri kami.

Semoga pada kesempatan ini, doa restu dan kasih sayang dari hadirin semua bisa menjadi berkah dan awal yang baik untuk keluarga kecil yang baru ini. Selamat menikmati acara dan hidangan pada acara pernikahan ini.

Atas nama keluarga besar pihak perempuan, kami juga sebelumnya mohon maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam acara resepsi pada hari ini.

Barakallahu laka wabaraka, alaika wa jama`a bainakuma fi khair.

Wabillahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

ADVERTISEMENT

Contoh 2

Bapak, Ibu, Saudara sekalian yang saya hormati,

Pada siang hari ini, patutlah kiranya kita mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, di mana pada kesempatan ini dan detik ini kita bisa hadir untuk memenuhi undangan dari Bapak Muhammad sekeluarga.

Saudara sekalian, saya Budi Sutanto wakil dari Ohibul Hajjah, mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan dalam rangka memenuhi undangan Bapak Muhammad untuk menyaksikan acara pernikahan anaknya.

Juga atas nama Bapak Muhammad sekeluarga, saya memohon doa restu dari para tamu untuk anak saya yang baru saya melangsungkan akad pernikahannya dengan selamat. Semoga keduanya bisa menjalin bahtera rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

5 Contoh Kata Sambutan Pernikahan dan Lamaran (582389)
zoom-in-whitePerbesar
Contoh kata sambutan pernikahan. Foto: Unsplash

Contoh 3

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadiran Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat, serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian, terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal'afiat, serta nikmat panjang umur, sehingga kita semua bisa berkumpul untuk menghadiri undangan pernikahan.

Sholawat dan salam tidak lupa kita mohonkan kehadirat Allah SWT, semoga tercurah keharibaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya.

Bapak/Ibu sekalian,

Atas nama tuan rumah yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah menyempatkan diri untuk hadir memnuhi undangan kami, semoga langkah kaki Bapak/Ibu sekalian dicatat oleh Allah sebagai amal ibadah.

Yang kedua, saya mohon maaf seluas-luasnya sekiranya sambutan, tempat, maupun jamuan yang diberikan kurang berkenan di hati Bapak/Ibu sekalian.

Tujuan kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir ke kediaman kami sebagaimana telah kami kemukakan di atas adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas berlangsungnya pernikahan anak kami, Indri dan Tomi.

Kami mohon doa para hadirin wal hadirot sekalian agar anak kami tersebut dijadikan sebagai keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Demikian kata sambutan yang dapat kami sampaikan.

ADVERTISEMENT

Contoh Kata Sambutan Lamaran

Selain contoh kata sambutan pernikahan, berikut ada beberapa referensi kata sambutan lamaran yang bisa dipraktikkan langsung ketika mempelai pria ingin melamar kekasihnya, seperti yang dikutip dari buku Belajar Pidato & MC dengan Mudah dan Cepat yang diterbitkan langsung oleh Komunika.
5 Contoh Kata Sambutan Pernikahan dan Lamaran (582390)
zoom-in-whitePerbesar
Berikut contoh kata sambutan lamaran. Foto: Unsplash

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat dan nikmat kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat bertemu, berkumpul dan bersilaturahmi pada hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selamat siang Bapak dan Ibu serta segenap keluarga yang kami hormati. Terima kasih kami ucapkan telah berkenan menerima kami sekeluarga dengan baik. Perkenankanlah saya untuk menyampaikan tutur kata untuk secara resmi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ini.

Pada hari ini, kami hadir di tengah-tengah keluarga Bapak dan Ibu, tiada lain dalam rangka bersilaturahmi agar saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat. Selanjutnya, kami juga ingin menyampaikan maksud dari adik kami yang sudah cukup lama mengenal putri Bapak dan Ibu. maka dari itu, izinkan kami mewakili (nama mempelai pria) untuk menyampaikan niat baik yang tulus untuk melamar putri Bapak/ Ibu sebagai wujud keseriusan kami.

Mudah-mudahan Bapak dan Ibu berkenan untuk meridho’i niat adik kami dengan menerima lamaran ini. Hanya inilah yang dapat kami utarakan kepada Bapak dan Ibu, sambil menanti sambutan dari Bpk/Ibu bersama jawaban lamaran dari adik kami, tak lupa kami sekeluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat tutur kata yang kurang berkenan dalam menyampaikan maksud dan tujuan yang mulia ini.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

ADVERTISEMENT

Contoh 2

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur hanya kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita sekalian sehingga kita dapat bertemu, berkumpul dan saling silaturahmi pada hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Silahkan diganti sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing yah.

Selamat siang Bapak/ Ibu dan segenap keluarga yang kami hormati. Terimakasih kami ucapkan telah berkenan menerima kami sekeluarga dengan baik. Perkenankanlah saya untuk menyampaikan tutur kata mewakili orang tua kami Bapak Slamet untuk secara resmi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ini.

Singkat cerita, izinkan kami mewakili adik Rama menyampaikan niat tulus untuk melamar putri Bapak/ Ibu. Untuk itulah maksud dan tujuan kedatangan kami pada hari ini.

Mudah-mudahan Bapak dan Ibu berkenan untuk meridho’i niat adik kami, dengan menerima lamaran ini. Hanya inilah yang dapat kami utarakan kepada Bapak dan Ibu, sambil menanti sambutan dari Bpk/Ibu apakah lamaran kami ini diterima atau mungkin ditolak, tak lupa kami sekeluarga mohon maaf apabila dalam menyampaikan maksud dan tujuan ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati. Begitu pula hantaran hari ini yang ala kadarnya sebagai wujud keseriusan hati kami.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

ADVERTISEMENT
(JA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020