Apa yang Dimaksud dengan Persami? Ini Jawabannya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
7 September 2021 16:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Persami. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Persami. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Persami adalah singkatan dari Perkemahan Sabtu Minggu. Sesuai dengan namanya, Persami dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Minggu dengan mendirikan tenda dan api unggun untuk menimbulkan suasana berkemah yang sebenarnya.
ADVERTISEMENT
Terkadang, kegiatan Persami dilangsungkan secara sederhana di halaman atau lapangan sekolah. Ada pula yang mengadakannya di beberapa tempat tertentu seperti bumi perkemahan.
Persami adalah bagian dari kegiatan pramuka yang sering diadakan oleh sekolah dasar maupun sekolah menengah. Kegiatan Persami diperlukan untuk dapat menumbuhkan kemandirian para siswa.

Kegiatan Selama Persami

Ilustrasi kegiatan Persami. Foto: iStock
Mengutip buku Kisi-Kisi Terbaru UN + USBN SMP/MTs 2018 oleh Tim Edu Penguin, kegiatan Persami biasanya diawali dengan upacara dan sambutan dari kepala sekolah. Rangkaian kegiatan dalam Persami selanjutnya adalah:
1. Lomba
Setelah menghadiri upacara, para siswa biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap regu harus diwakili minimal satu orang untuk berpartisipasi dalam lomba yang diadakan pihak sekolah.
Ada berbagai macam lomba yang diadakan. Lomba yang berkaitan dengan seni, seperti lomba menyanyi, lomba menggambar, lomba baca puisi, hingga lomba tentang pengetahuan kepramukaan.
ADVERTISEMENT
2. Mendirikan tenda
Jika seluruh aktivitas telah selesai dilaksanakan, setiap kelompok akan mendirikan tenda. Tenda itulah yang akan menjadi tempat mereka untuk menyimpan barang-barang pribadi dan tempat beristirahat di malam hari.
Mendirikan tenda bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Karena itu, dibutuhkan kerja sama antar anggota kelompok agar tenda dapat berdiri dengan benar dan cepat.
3. Api unggun dan seni
Sebelum tidur, biasanya akan diadakan kegiatan api unggun. Selama kegiatan tersebut, para siswa juga dapat menunjukkan kebolehannya dalam bidang seni, seperti bernyanyi dan menari.
Pada kegiatan ini, masing-masing kelompok juga menampilkan yel-yel yang telah disiapkan sebelumnya. Kegiatan api unggun umumnya menjadi kegiatan Persami yang paling dirindukan.
4. Outbound
ADVERTISEMENT
Di hari Minggu, kegiatan dimulai dengan senam pagi dan sarapan yang dimasak oleh para siswa. Setelah itu, Persami dilanjutkan dengan berbagai kegiatan outbound, seperti tarik tambang, arung jeram, dan lain-lain.
5. Baris-berbaris
Kegiatan Persami diakhiri dengan baris-berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan Persami.

Manfaat Kegiatan Persami

Ilustrasi kegiatan Persami. Foto: iStock
Kegiatan Persami memiliki banyak manfaat bagi siswa yang mengikutinya. Beberapa manfaat Persami adalah:
(ADS)