Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 Februari 2022 20:01
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3825)
zoom-in-whitePerbesar
Cara menurunkan berat badan dengan berbagai macam metode. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Memiliki berat badan yang ideal merupakan keinginan dari kebanyakan orang. Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan dengan berbagai metode jadi topik yang kerap kali diperbincangkan.
ADVERTISEMENT
Selain menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit, berat badan ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Meski demikian, menurunkan berat badan bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.
Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami? Berikut informasinya.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Murah

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3826)
zoom-in-whitePerbesar
Defisit kalori merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Foto: Unsplash
Ada berbagai macam metode untuk menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal yang diinginkan. Beberapa di antaranya bahkan diklaim mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat.
Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat tanpa olahraga? Menurut buku Tetap Langsing dan Sehat dengan Terapi Diet karangan Agus Sumanto, menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan melakukan diet rendah kalori atau defisit kalori.
Selain tanpa berolahraga, cara menurunkan berat badan dengan cepat dan murah merupakan keuntungan dari diet rendah kalori. Sebab diet ini hanya membatasi asupan sumber karbohidrat dan lemak.
ADVERTISEMENT
Defisit kalori per hari pada diet ini sekitar 500-1.500 kalori yang disesuaikan dengan kemampuan pasien. Di samping itu, defisit kalori dijabarkan ke zat gizi yang sesuai dengan prinsip gizi seimbang, yakni protein 20%, karbohidrat 60%, dan lemak 20%.
Berikut contoh menu rendah kalori (1.500 kalori) dalam sehari dengan komposisi hidrat arang 230 gram, protein 76 gram, dan lemak 34 gram. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa penurunan berat badan dengan defisit kalori dapat memangkas 1 kg dalam seminggu.
  • Pukul 07.00, hamburger (100 gram) dan sari jambu (1 porsi)
  • Pukul 10.00, bika ambon (100 gram) dan teh pahir (1 gelas)
  • Pukul 12.00, nasi putih (100 gram), tempe (50 gram), ikan bumbu kare (50 gram), cah kangkung (100 gram), dan nanas (100 gram)
  • Pukul 16.00, bolu kukus (100 gram)
  • Pukul 19.00, nasi putih (100 gram), tim ayam (50 gram), semur tahu (100 gram), acar kuning (100 gram), dan sari cocktail (1 porsi)
ADVERTISEMENT

Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3827)
zoom-in-whitePerbesar
Cara menurunkan berat badan secara alami dengan melakukan diet Jepang. Foto: Unsplash
Diet Jepang yang dipelopori oleh apoteker Sumiko Watanabe dari Osaka merupakan cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami. Mengutip laman Healthy Life Tricks, diet Jepang dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya pisang.
Diet ini mengeklaim bahwa buah pisang yang dikonsumsi setiap pagi dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung pati resisten. Kandungan pati resisten adalah jenis karbohidrat yang kompleks dalam bentuk yang lebih sederhana.
Orang yang melakukan diet dapat mengonsumsi 1-2 buah pisang dan segelas air hangat setiap pagi untuk sarapan. Kombinasi antara pisang dan air hangat dapat meningkatkan pencernaan dan melembapkan tubuh.

Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3828)
zoom-in-whitePerbesar
Mengatur pola makanan yang sehat jadi cara menurunkan berat badan di rumah. Foto: Unsplash
Pada masa pandemi, menurunkan berat badan di gym atau sarana olahraga lainnya membuat beberapa orang khawatir terpapar virus Covid-19. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih untuk menurunkan berat badan di rumah saja.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Healthline, berikut cara menurunkan berat badan di rumah dengan cepat.
1. Mengatur pola makanan sehat
Mengatur pola makan merupakan cara menurunkan berat badan yang sering dilakukan oleh para pejuang diet. Namun, pastikan bahwa setiap menu makanan yang dikonsumsi mengandung lemak sehat, serat, protein, karbohidrat, dan lainnya.
2. Olahraga secara rutin
Cara menurunkan berat badan di rumah dengan olahraga juga jadi metode yang sering dilakukan oleh para pejuang diet. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah, yakni burpee, froggers, leg movement, lunge, crunches, yoga, dan lainnya.
Menurunkan berat dengan melakukan latihan kardio juga jadi olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Latihan kardio tidak membuat nafsu makan menjadi tidak terkendali.
ADVERTISEMENT

Cara Alami Menurunkan Berat Badan Akibat KB

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3829)
zoom-in-whitePerbesar
Cara alami menurunkan berat badan setelah melakukan akibat KB. Foto: Unsplash
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch at Galveston, perempuan yang melakukan suntik KB mengalami efek samping, yaitu peningkatan berat badan sebesar 3,4% selama tiga tahun.
Untuk mengatasinya, berikut adalah cara menurunkan berat badan akibat KB suntik.
1. Mengonsumsi teh hijau
Dalam jurnal International Journal of Obesity, teh hijau dianggap sebagai cara untuk menurunkan berat badan akibat KB suntik. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG). Teh hijau juga memiliki kombinasi kafein yang rendah dan dapat menurunkan berat badan.
2. Memperbanyak cairan
Cara lain menurunkan berat badan akibat KB suntik dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi cairan. Umumnya, perempuan dianjurkan untuk minum 500 mililiter (mL) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.
ADVERTISEMENT

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berbagai Metode (3830)
zoom-in-whitePerbesar
Jeruk nipis jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Foto: Unsplash
Menurut buku Tanaman Ajaib! Basi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) karangan Astrid Savitri, jeruk nipis memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan berat badan.
Segelas air jeruk nipis hangat yang diminum setiap pagi dan malam dalam keadaan perut kosong menjadi obat penurun berat badan terbaik. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sangat efektif.
Selain itu, jeruk nipis dapat membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah, sehingga sangat baik untuk tubuh.
Bahkan, vitamin C di dalam jeruk nipis dapat memegang peranan penting karena dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga yang dapat membakar lemak saat seseorang sedang berolahraga.
ADVERTISEMENT
Berikut berbagai cara mengolah jeruk nipis untuk membantu menurunkan berat badan.
1. Menggunakan air hangat
Olahan jeruk nipis baiknya digunakan dengan air hangat untuk membantu mempercepat proses metabolisme yang nantinya akan dicerna oleh tubuh.
2. Jangan menambahkan gula
Air perasan jeruk nipis yang sudah ditambahkan dengan air hangat ada baiknya jangan dicampurkan dengan gula.
3. Campurkan dengan jahe
Dibandingkan menambahkan dengan gula, air perasan jeruk nipis dicampurkan dengan jahe. Manfaat jahe ini dapat merangsang metabolisme dan membuat tubuh dapat membakar kalori jadi lebih cepat.
(JA)
Langkah pertama untuk menurunkan berat badan?
chevron-down
Makan apa biar cepat kurus?
chevron-down
Air rebusan apa yang bisa menurunkan berat badan?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020