Doa Salat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 Maret 2022 19:02
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doa Salat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaannya (53304)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pria sedang melaksanakan salat hajat. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Salat hajat adalah salah satu salat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan apabila hajat ingin terkabul. Apakah kamu sudah tahu niat, tata cara, dan doa hajat? Kalau belum simak penjelasan selengkapnya di bawah ini mengenai salat hajat.
ADVERTISEMENT
Salat hajat menjadi cara yang ampuh untuk memanjatkan doa pada Allah SWT agar seluruh hajatmu dikabulkan satu per satu. Hajat yang diinginkan setiap orang tentu berbeda-beda. Contohnya agar segera dipertemukan jodoh, diberi keturunan, tak memiliki utang, dan diberi rezeki tak terduga yang halal dan berkah.
Menurut Nurul Jazimah dalam Panduan Sholat Untuk Perempuan, siapa saja yang membaca doa hajat dan mengerjakan salatnya akan mendapat pahala. Namun jika tidak mengerjakannya tidak apa-apa karena salat ini merupakan ibadah sunah.

Niat Salat Hajat

Doa Salat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaannya (53305)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca niat sslat hajat. Foto: Pexels.com
Niat salat hajat penting untuk diketahui sebab hal pertama yang dilakukan sebelum salat hajat ialah membaca niat terlebih dahulu. Niat salat hajat tentu berbeda dengan salat lainnya, mengutip dari buku Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh karya Ustaz M. Kamaluddin, niatnya adalah seperti berikut:
ADVERTISEMENT

Ushalli sunnatal-haajati rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat salat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’Ala.

Salat hajat dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan setiap dua rakaat disertai satu salam.
Mengenai waktu pelaksanaannya, salat hajat bisa dilaksanakan kapan saja di luar waktu yang dilarang. Namun waktu paling baik, yakni di sepertiga malam.
Salat hajat dapat dilakukan hanya dalam waktu semalam, tiga malam hingga tujuh malam. Ini bergantung pada seberapa urgensinya hajat seseorang untuk dikabulkan. Apabila dilakukan dengan istikamah, lebih besar kemungkinannya Allah mengabulkan hajat tersebut.

Tata Cara Salat Hajat

Doa Salat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaannya (53306)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melaksanakan salat hajat. Foto: Pexels.com
Allah memberikan kesempatan pada manusia untuk lebih dekat dengan-Nya melalui salat hajat. Lantas bagaimana tata cara salat hajat? Simak uraian berikut ini yang akan membantu kamu dalam melaksanakan salat hajat.
ADVERTISEMENT
Membaca niat salat hajat
Seperti niat salat pada umumnya, niat salat hajat juga diucapkan di dalam hati. Selain itu yang terpenting bukanlah hafal pada niatnya saja melainkan diucapkan melalui hati yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Niat salat hajat adalah sebagai berikut:

Ushalli sunnatal-haajati rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat salat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’Ala.

Takbiratul Ihram dilanjut membaca doa Iftitah dan Al-Fatihah
Selanjutnya melakukan gerakan takbiratul ihram lalu dilanjut membaca doa iftitah. Berikut lafaz dari doa iftitah:

Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

ADVERTISEMENT
Sebenarnya membaca doa iftitah ini merupakan sunah, tetapi bagi yang tetap membaca akan mendapat pahala. Sedangkan bagi yang tidak membaca tidak mendapat dosa. Setelah selesai membaca doa iftitah lanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah.
Membaca surat pendek
Kemudian membaca surat pendek apa pun, kamu bisa membaca surah yang biasa kamu lantunkan saat melakukan salat wajib. Akan tetapi pada salat hajat ini, dianjurkan untuk membaca surah Al-Ikhlas pada rakaat pertama sebanyak tiga kali atau bisa juga membaca surah Al-Karifun. Sementara itu pada rakaat kedua dianjurkan membaca Ayat Kursi.
Melakukan rangkaian gerakan salat pada umumnya
Setelah membaca surat pendek, maka dilanjut dengan gerakan Ruku, Iktidal, Sujud, Duduk di antara Dua Sujud, dan Sujud Kedua. Semua gerakan salat ini dilakukan dengan Tuma’ninah, yakni diam sebentar dengan sekadar membaca tasbih.
ADVERTISEMENT
Melakukan rakaat kedua
Rakaat kedua dilakukan sama dengan rakaat pertama. Yang membedakan hanya surat yang dibaca, yaitu Ayat Kursi. Jika tidak hafal kamu bisa membaca surat pendek lainnya.
Salam
Melakukan salam begitu rakaat kedua salat hajat selesai. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa hajat yang akan dijelaskan berikut ini.

Bacaan Salat Hajat

Doa Salat Hajat, Niat, Tata Cara, dan Waktu Pelaksanaannya (53307)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang pria membaca doa hajat. Foto: Pexels.com
Setelah melakukan salat hajat dengan tepat dilanjutkan dengan membaca doa salat hajat. Doa hajat ini dibacakan tepat setelah salam. Berikut doa salat hajat dan artinya yang dapat kamu panjatkan selepas salat hajat.
  • Bertawassul yang ditujukan pada Rasulullah beserta keluarganya, sahabat, ulama, guru, orang tua dan seluruh umat Islam. Lantunkan doa hajat berikut ini masing-masing sebanyak 10 kali:

"Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim'."

"Allahumma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa ali sayyidina muhammad."

"Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'ahirati hasanah wa qinaa 'adzaabannar."

ADVERTISEMENT
  • Setelah bertawassul dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah, Al-Falaq, An-Naas dan Ayat Kursi masing-masing sebanyak tiga kali.
  • Kemudian membaca doa salat hajat, berikut doanya seperti dikutip dari Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW yang ditulis oleh Ustaz Arif Rahman.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Pada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

ADVERTISEMENT
  • Setelah membaca doa hajat, sampaikan semua keinginan dan hajat. Kamu bisa kemukakan hajat tersebut dengan menggunakan bahasa masing-masing. Sebab doa yang baik adalah doa yang mudah dimengerti maknanya.
Itulah paparan tentang niat, waktu pelaksanaan, tata cara, dan doa hajat. Salat ini bisa kamu kerjakan untuk meminta sesuatu yang baik. Yakinkan diri bahwa Allah SWT segera menjawab hajatmu pada waktu yang tepat.
(ZHR)
Setelah salat hajat baca doa apa?
chevron-down
Niat salat hajat bagaimana?
chevron-down
Kapan waktu salat hajat yang baik?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020