Konsultan: Pengertian, Tugas, dan Ragam Profesinya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Februari 2022 19:13
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seorang konsultan dengan kliennya. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang konsultan dengan kliennya. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Konsultan merupakan profesi yang berkecimpung dalam bidang tertentu untuk memberikan solusi atau masukan kepada klien. Dalam berkomunikasi dengan klien, seorang konsultan perlu memberikan solusi dan menghindari bahasa yang menambah beban klien.
ADVERTISEMENT
Konsultan memiliki peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan klien. Menjaga hubungan saling percaya satu sama lain merupakan faktor utama dalam menjalani profesi ini sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan lancar.
Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai konsultan, mulai dari pengertian, tugas, ragam profesinya, hingga syarat menjadi konsultan.

Pengertian Konsultan

Ilustrasi konsultan dengan klien yang sedang membahas masalah tertentu. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsultan dengan klien yang sedang membahas masalah tertentu. Foto: Pexels
Dikutip dari Ensiklopedia Perdagangan Nasional oleh Wahab (2020: 84), konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat asli dalam bidang keahliannya, misalnya hukum, lingkungan, akuntansi, dan lain-lain.
Menurut buku 50 Bisnis Jasa Menguntungkan oleh Zulbiadi Latief (2010: 7), konsultan adalah profesi yang menawarkan layanan berupa pertimbangan, nasihat, penjelasan, ataupun keterangan bagi kliennya.
Selain memberi nasihat atau pertimbangan, seorang konsultan juga menawarkan dan menjual produk fisik yang relevan dengan jasa konsultasinya.
ADVERTISEMENT
Konsultan perlu terus mengikuti perkembangan informasi agar selalu memiliki pengetahuan dan keterampilan baru di bidangnya. Konsultan juga perlu belajar secara mandiri dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.
Ragam profesi konsultan cukup banyak, di antaranya adalah konsultan pajak, konsultan bisnis, konsultan psikologi, konsultan keuangan, dan konsultan hukum.

Konsultan Pajak

Ilustrasi dokumen terkait pajak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dokumen terkait pajak. Foto: Pexels
Konsultan pajak adalah suatu profesi yang khusus menangani perpajakan, baik pajak perusahaan maupun institusi. Seorang konsultan pajak harus mengetahui aturan perpajakan yang berlaku di perusahaan dan negara tempat perusahaan itu berdiri.
Selain itu, ada peran konsultan pajak beserta tugas lainnya yang harus dilakukan. Adapun beberapa tugas konsultan pajak antara lain sebagai berikut.
  • Membantu membuat Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Pertambahan Nilai (SPT PPN) dan laporan PPh Bulanan, beserta SPT Tahunan untuk Perusahaan dan Orang Pribadi.
  • Membantu klien menyelesaikan sengketa pajak.
  • Membantu klien dalam restitusi pajak (pengembalian kelebihan pembayaran pajak).
  • Membantu klien membuat perencanaan pajak yang dapat mengoptimalkan keuntungan klien.
  • Membantu klien dalam pengenaan pajak yang benar atas transaksi dengan vendor tertentu.
  • Membantu klien saat klien mendapatkan surat permintaan penjelasan, pemeriksaan pajak, sidang keberatan, sidang banding, Peninjauan Kembali.
ADVERTISEMENT
Secara umum, konsultan pajak gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan pajak berkisar antara Rp4 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan.
Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi untuk menjadi konsultan pajak. Adapun syarat menjadi konsultan pajak adalah sebagai berikut.
  • Warga Negara Indonesia
  • Bertempat tinggal di Indonesia
  • Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada pemerintah/negara dan atau Badan Usaha Milik Negara/Daerah
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Menjadi anggota pada satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak
  • Memiliki Sertifikat Konsultan Pajak
Di Indonesia, Ditjen Pajak memiliki situs web dan aplikasi Sistem Informasi Konsultan Pajak (SIKoP) yang memuat daftar resmi konsultan pajak terdaftar. Jadi, jika ingin menggunakan jasa konsultan pajak untuk pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan, pastikan konsultan pajak tersebut sudah terdaftar di SIKoP.
ADVERTISEMENT

Konsultan Bisnis

Ilustrasi seorang konsultan bisnis dengan kliennya. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang konsultan bisnis dengan kliennya. Foto: Pexels
Konsultan bisnis adalah suatu profesi yang menuntut seseorang memiliki keahlian dalam bidang ekonomi dan bisnis. Seorang konsultan bisnis harus bisa melakukan observasi mendalam pada sebuah bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam strategi dan solusi untuk menyelesaikannya.
Selain melakukan observasi, ada beberapa peran dan tugas konsultan bisnis lainnya, yaitu:
  • Membantu menyelesaikan masalah klien dan terlibat dalam perencanaan dan implementasi bisnis.
  • Melakukan evaluasi bisnis klien secara menyeluruh, baik dalam bentuk kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki bisnis klien.
  • Membantu proses identifikasi dan pengembangan strategi produk atau merek suatu bisnis.
  • Membantu perencanaan bisnis strategis terhadap tujuan bisnis, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Membantu mengembangkan keterampilan dan memberikan edukasi serta pemahaman untuk pemilik bisnis.
  • Membantu proses rekrutmen dan pelatihan para pekerja di tempat bisnis milik klien.
ADVERTISEMENT
Secara umum, bisnis konsultan gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan dari profesi konsultan bisnis berkisar antara Rp4,5 juta hingga Rp14 juta per bulan, tergantung dari jenjang karier dan perusahaan. Salah satu konsultan bisnis yang sukses adalah Ali Brown.
Bagi pemilik bisnis yang ingin menggunakan jasa konsultan bisnis untuk membantu menjalankan atau merancang strategi masa depan bisnis, ada beberapa konsultan bisnis terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. Berikut rinciannya.
1. Boston Consulting Group (BCG)
Boston Consulting Group atau BCG adalah sebuah perusahaan konsultan manajemen asal Amerika yang sudah terkenal secara global. BCG sebagai perusahaan konsultan profesional memiliki kantor di 40 negara, salah satunya di Indonesia.
BCG diketahui menjadi salah satu dari tiga perusahaan konsultan dengan pendapatan terbesar di dunia.
ADVERTISEMENT
2. Egon Zehnder
Egon Zehnder adalah perusahaan konsultasi terkemuka di dunia dengan lebih dari 60 kantor tersebar di 41 negara, salah satunya di Indonesia.
Klien Egon Zehnder umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan besar, badan pemerintahan, hingga berbagai organisasi pendidikan dan budaya.
3. PricewaterhouseCoopers (PWC)
PricewaterhouseCoopers atau PwC adalah perusahaan jasa profesional multinasional yang beroperasi di lebih dari 157 negara, salah satunya Indonesia.
PwC memberikan jasa konsultasi di sejumlah bidang, seperti konsultasi strategi, konsultasi manajemen, penjaminan, pemberian saran dan nasihat pajak, nasihat keuangan, aktuaria, hingga hukum.
4. McKinsey & Company
McKinsey & Company adalah perusahaan konsultasi manajemen global asal Amerika dengan lebih dari 100 kantor tersebar di lebih dari 50 negara.
ADVERTISEMENT
McKinsey & Company menyediakan jasa konsultasi mengenai manajemen strategis ke perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya, serta konsultasi dalam pengembangan rencana untuk merestrukturisasi tenaga penjualan dan menciptakan strategi bisnis.

Konsultan Psikolog

Ilustrasi konsultan psikolog yang berdiskusi dengan kliennya. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsultan psikolog yang berdiskusi dengan kliennya. Foto: Pexels
Konsultan psikolog adalah suatu profesi yang bekerja dengan melakukan pembicaraan-pembicaraan dengan teknik konseling yang sifatnya privat dengan klien.
Seorang konsultan psikolog atau konsultan psikologi dituntut untuk mampu menyelami segala permasalahan psikis klien. Selain itu, konsultan psikologi harus mampu menerima semua orang tanpa terkecuali.
Biasanya, seorang konsultan psikologi berada di bawah naungan lembaga konsultan psikologi. Konsultan psikologi yang melakukan praktik harus merupakan lulusan ilmu psikologi dan para konselor profesional di bidangnya.

Finansial Konsultan

Ilustrasi dokumen keuangan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dokumen keuangan. Foto: Pexels
Dikutip dari Cari Duit untuk Freelance oleh Rahmansyah Dermawan dan Desi Saraswati (2009: 76), konsultan keuangan adalah suatu profesi yang berperan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan keuangan perusahaan, institusi, hingga masalah keuangan keluarga.
ADVERTISEMENT
Seorang konsultan keuangan dituntut untuk dapat menganalisis masalah keuangan perusahaan dengan cepat dan mencari solusi tepat terhadap permasalahan keuangan perusahaan. Selain itu, ada beberapa peran dan tugas konsultan keuangan lainnya, antara lain:
  • Menganalisis kesehatan keuangan perusahaan atau institusi, mulai dari sumber dana, pemakai dana, tujuan dana digunakan, hingga bentuk nyata dari pengguna dana.
  • Menganalisis permasalahan yang berhubungan dengan pajak, modal, cash flow, utang-piutang, profit, hingga urusan gaji dan kesejahteraan karyawan secara ekonomi.
  • Membantu klien mengatur dan mengelola keuangan jangka panjang.
  • Membantu klien menemukan solusi yang tepat secara finansial terhadap masalah keuangan yang dihadapi klien.
Secara umum, gaji konsultan keuangan atau penghasilan yang didapatkan dari seorang konsultan keuangan berkisar antara Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan.
ADVERTISEMENT

Konsultan Hukum

Ilustrasi konsultan hukum yang berdiskusi dengan kliennya. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsultan hukum yang berdiskusi dengan kliennya. Foto: Pexels
Konsultan hukum adalah suatu profesi yang bertindak memberikan nasihat dan pendapat hukum terhadap suatu tindakan atau perbuatan hukum yang akan dan yang telah dilakukan oleh kliennya.
Ada beberapa peran dan tugas konsultan hukum dalam menjalankan praktik profesinya, antara lain:
  • Melakukan pemeriksaan dan penelitian dari segi hukum atas fakta yang ada terhadap aktivitas perusahaan klien.
  • Memberikan pendapat, nasihat, dan konsultasi hukum kepada perusahaan klien terhadap perkara yang dihadapi.
  • Membuat atau memberikan saran terhadap kontrak-kontrak bisnis perusahaan klien.
  • Mendampingi perusahaan dalam pertemuan (mediasi) atau negosiasi terkait dalam rangka kerja sama maupun penyelesaian perselisihan yang dihadapi klien.
  • Membantu perusahaan klien membuat dokumen yang diperlukan sehubungan dengan perkara yang dihadapi klien.
Secara umum, gaji konsultan hukum berkisar antara Rp10 juta hingga lebih dari Rp200 juta per bulan, tergantung dari tingkat pekerjaan dan perusahaan.
ADVERTISEMENT
Adapun syarat menjadi konsultan hukum umumnya tidak terlalu spesifik. Selama memiliki gelar sarjana hukum dan pengalaman atas bidang hukum tertentu, semua orang bisa menjadi konsultan hukum.
(SFR)
Apa pengertian konsultan pajak?
chevron-down
Apa saja tugas konsultan pajak?
chevron-down
Apa saja konsultan bisnis terbaik di Indonesia?
chevron-down