kumparan
29 Oktober 2018 8:47

Mencintai Laut ala Nadine. Kayak Apa Sih?

Nadine Chandrawinata (kanalbali/KAD)
NUSA DUA, kanalbali.com - Banyak cara untuk mencintai lautan. Nadine Chandrawinata punya cara tersendiri untuk mengungkapkannya. Selain lewat olahraga menyelam, dia pun punya saran untuk benar-benar anti plastik.
ADVERTISEMENT
"Kita harus membiasakan diri untuk meninggalkan penggunaan plastik. Seperti membawa tas sendiri atau hal lainnya yang tidak mengunakan plastik," ujarnya di sela-sela acara "Our Ocean Conference" yang dimulai Senin, 29/10 hari ini di Nusa Dua, Bali.
"Kalau di negara-negara lain memang sudah biasa membuang sampah pada tempatnya. Kalau kita, sedikit pelan melangkahnya untuk menjadi kebiasaan baru. Buat hal yang simple dan membuat perubahan yang besar," ungkapnya. Banyak sampah plastik yang dibuang ke sungai dan akhirnya mengotori laut.
Selain itu, di hari memperingati Sumpah Pemuda yang ke 90 tahun. Nadine, juga berharap bagi para pemuda mempunyai ide kreatif untuk memperhatikan lingkungan."Pasti anak muda punya ide-ide yang brilian, pergunakan ide tersebut untuk membantu banyak orang, dan Indonesia menjadi negara yang perduli pada lingkungannya," uja mantan Puteri Indonesia tahun 2005.
ADVERTISEMENT
Nadine menyebut Indonesia adalah negara kepuluan dan pengasil ikan yang cukup besar tetapi banyak yang tidak memperhatikan hal tersebut. "Sehingga banyak ikan yang terkena racun, ilegal fishingya juga bisa dibilang semakin tinggi dan itu tidak seimbang. Hal itu, yang membuat Indonesia semakin turun.," ucapnya.
Menurutnya, bila memperhatikan lingkungan hidup terutama di laut, akan mengasilkan ikan-ikan yang sehat. "Kita bisa memberikan makan banyak orang dan memberikan lapangan kerja yang luas. Jadi bukan hanya fisherman-nya saja yang dipehatikan tetapi orang-orang yang bukan tinggal di tepi pantai merasakan dampak positif, bila kita memperhatikan lingkungan kita," jelasnya. (kanalbali/KAD)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan