kumparan
KONTEN PUBLISHER
7 Januari 2020 13:09

3 Jenis Monetisasi Karya Milik Marchella FP, Pengarang Buku NKCTHI

image.png
Marchella FP, penulis buku best-seller NKCTHI | Photo by @marchellafp on Instagram
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan sosok inspiratif yang satu ini, yakni Marchella FP. Tulisan-tulisan magisnya sering berlalu lalang di media sosial, terutama Instagram. Bahkan, salah satu tulisannya pun dijadikan lirik lagu oleh Kunto Aji dalam lagu Rehat (Album Mantra Mantra).
ADVERTISEMENT

“Nafas sebentar, apa sih yang dikejar?”

Marchella FP, Penulis

Kalimat sederhana namun bermakna dalam karya Marchella FP tersebut mampu menyentuh hati banyak masyarakat. Marchella FP sendiri adalah seorang penulis buku yang hingga saat ini sudah memiliki 7 karya buku. Salah satu karyanya yang sangat booming dan meledak di pasaran berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Bahkan, di Instagram saja pengikut akun @nkcthi sudah mencapai angka 1,5 juta, lho!
Dengan tulisan-tulisan indah serta relatable dengan kehidupan banyak orang, Marchella FP mampu menjadi salah satu role model bagi milenial di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2019 lalu, ia meraih penghargaan dari IKAPI sebagai Writer of the Year.
Dari sekian banyak prestasi yang ditorehkan, kali ini Karja akan mencoba untuk menganalisis tiga jenis monetisasi karya milik Marchella FP. Let’s check it!
ADVERTISEMENT
1. Buku
image.png
Koleksi buku karya Marchella FP | Photo by @marchellafp on Instagram
Berawal dari tugas akhir perkuliahan, Marchella FP memutuskan untuk membuat sebuah buku tentang nostalgia dan kenangan di era 90an dengan konsep pop culture. Pada tahun 2013, buku dengan judul ‘Generasi 90an’ pun terbit dan laris manis di pasaran.
Sukses dengan empat buku bertema Generasi 90an, pada tahun 2018 lalu, alumnus Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara ini kembali meluncurkan karyanya yang berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Buku berisi untaian kalimat indah dan menyentuh tentang kehidupan ini berhasil terjual sebanyak 30 ribu eksemplar lebih dalam waktu satu bulan.
Berselang kurang lebih tiga bulan kemudian, Marchella kembali dengan karyanya yang berjudul Kamu Terlalu Banyak Bercanda. Sama seperti sebelumnya, buku ini pun sukses menarik perhatian masyarakat. Hanya dalam waktu tiga menit, pre-order edisi terbatas (boxset) buku ini laris terjual sebanyak 1000 boxset. Gokil!
ADVERTISEMENT
2. Merchandise
image.png
Salah satu t-shirt NKCTHI dibanderol seharga Rp 150 ribu | Photo by @proudtopostit on Instagram
Setelah buku Generasi 90an berhasil menorehkan prestasi yang gemilang di pasaran, Marchella FP pun memutuskan untuk menyalurkan konsep era tersebut dalam berbagai merchandise. Mulai dari baju, kaos kaki, tote bag, enamel pin, case handphone, dan masih banyak lagi. Bisnisnya tersebut diberi nama Proud to Post It.
Tidak hanya membuat merchandise bertemakan Generasi 90an, gadis kelahiran tahun 1990 ini juga kembali membuat beragam merchandise dari buku best-sellernya yakni Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dan Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB). Beberapa quotes andalan dari buku NKCTHI dan KTBB pun dikreasikan sekeren mungkin dalam berbagai bentuk.
3. Film
image.png
Poster film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) | Photo y @marchellafp on Instagram
Melihat kesuksesan buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, membuat sutradara Angga Dwimas Sasongko pun tertarik untuk mengangkatnya ke layar lebar. Film yang diproduksi oleh Visinema Pictures ini resmi tayang pada tanggal 2 Januari lalu. Hebatnya, dalam hari kelima penayangan, jumlah penonton sudah mencapai angka 720 ribu lebih. Salut!
ADVERTISEMENT
Tidak hanya dari buku NKCTHI, kabarnya karya pertama milik Marchella FP, yakni Generasi 90an pun akan ikut meramaikan layar bioskop Tanah Air, lho! Kembali diproduksi oleh Visinema Pictures, film ini pun akan bertajuk Generasi 90an: Melankolia. Kita tunggu saja, ya, Sobat, jadwal tayangnya!
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
#terusberkarya
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan