kumparan
KONTEN PUBLISHER
9 Januari 2020 14:41

Kaya Akan Karya, Intip 6 Karya Inspiratif dari Marchella FP

image.png
Marchella FP, pengarang buku best-seller Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, dinobatkan menjadi Writer of the Year 2019 oleh IKAPI | Photo by Instagram/@marchellafp
Young, creative, and passionate. Mungkin tiga kata itulah yang nampaknya cocok untuk menggambarkan sosok Marchella FP, salah satu penulis muda berbakat Tanah Air. Tak sedikit yang menjadikan sosok di balik buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) sebagai role model dan inspirasi dalam berkarya.
ADVERTISEMENT
Apa yang dilakukan dari hati, pasti akan sampai pula ke hati lainnya. Kalimat tersebut dirasa sangat cocok untuk menggambarkan keseluruhan karya-karya Marchella FP. Tak sedikit yang merasa sangat relatable dan terkoneksi dengan untaian kata dan ilustrasi yang dibuatnya.
Selain NKCTHI, kira-kira apa saja, sih, karya inspiratif dari Marchella FP? Let’s check it!
1. Generasi 90an
image.png
Buku generasi 90an karya Marchella FP diangkat ke layar lebar dengan judul Generasi 90an: Melankolia | Photo by Instagram/generasi90an
Anak 90an mana suaranya?
Entah karena faktor apa, namun nampaknya era 90an benar-benar memiliki makna spesial yang mendalam di hati banyak orang. Tak jarang kita mendengar kalimat-kalimat, ‘Duh, kangen, deh, sama tahun 90an!’ atau “Vibes tahun 90an emang beda banget.”
Berawal dari tugas akhir perkuliahan, Marchella yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Bina Nusantara pun akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah project buku mengenai era 90an. Di buku tersebut, kita dibawa untuk bernostalgia mengenai segala sesuatu yang identik dari tahun 90an.
ADVERTISEMENT
Sebut saja mulai dari makanan dan jajanannya khas era 90an, lagu dan film, fashion, hingga acara tv setiap minggu pagi yang selalu ditunggu-tunggu. Walau sempat ditolak penerbit, buku Generasi 90an pun akhirnya terbit pada tahun 2013. Langsung saja, buku milik gadis kelahiran 1990 ini menjadi sangat laris di pasaran. Dengan design yang menarik serta teks yang mendukung, buku ini berhasil membawa kita kembali ke masa lalu dan bernostalgia dengan riang.
Tidak hanya buku, konsep Generasi 90an ini pun berhasil disalurkan menjadi hal lain, seperti komuitas, event, dan yang paling terbaru adalah buku karya Marchella FP ini akan diangkat ke layar lebar, lho! Dengan judul Generasi 90an: Melankolia dan dibintangi oleh Ari Irham, Taskya Namya, Gunawan, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Kita tunggu saja ya tanggal pemutarannya!
2. Proud to Post It
image.png
Salah satu merchandise Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) | Photo by Instagram/@proudtopostit
Dibentuk pada tahun 2013, Proud to Post It adalah salah satu karya sekaligus bisnis milik Marchella FP. Lahir dari semangat untuk memunculkan kebahagiaan, Proud to Post It hadir dengan harapan mampu menginspirasi orang-orang untuk selalu ingat merasa bahagia. Proud to Post It sendiri menjual berbagai macam merchandise dari hasil karya Marchella.
Berawal dari buku Generasi 90an, beberapa merchandise pun dibuat semenarik mungkin dengan konsep era tersebut. Salah satunya adalah t-shirt dengan logo Generasi 90an dengan pilihan warna hitam dan putih.
Setelah karya Marchella yang selanjutnya hadir, yakni Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dan Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB), Proud to Post It pun kembali meluncurkan berbagai koleksi merchandise dari kedua buku tersebut. Variannya pun bermacam-macam, mulai dari enamel pin, baju, kaos kaki, hijab, pouch, hingga package sedotan stainless yang sedang hits.
ADVERTISEMENT
3. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
image.png
Empat versi buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini | Photo by Instagram/@nkcthi
Bisa dibilang, karya satu inilah yang melambungkan nama Marchella FP.
Awalnya, Marchella rutin membagikan quotes atau kata-kata puitis nan memotivasi di Instagram di akun @nkcthi. Akun tersebut muncul pada tanggal 25 Februari 2018. Siapa sangka, akun tersebut berhasil menarik perhatian banyak orang. Akhirnya, pada tahun 2018 lalu, Marchella meluncurkan buku dengan judul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.
Buku tersebut berisi kumpulan quotes disertai gambar ilustrasi yang menarik dan sarat akan makna. Banyak orang, khususnya kaum milenial, merasa sangat relatable dengan kumpulan kata yang dituliskan oleh Marchella FP. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
“Sabar, satu persatu.”
“Kita buat yang lebih besar dari ekspektasi, ragu, dan semua ketakutanmu.”
ADVERTISEMENT
“Jangan mudah tersinggung, di bumi bukan cuma kamu yang punya perasaan.”
Antusiasme akan NKCTHI tidak hanya berhenti di buku saja. Marchella memantapkan langkahnya untuk membawa karya bukunya tersebut diangkat ke layar lebar. Dengan sentuhan dan olahan magis dari sutradara Angga Dwimas Sasongko beserta tim Visinema Pictures, film NKCTHI yang tayang pada 2 Januari lalu ini berhasil menyentuh hati masyarakat Indonesia. Dalam enam hari, jumlah penonton sudah mencapai angka 850 ribu lebih. Gokil!
4. Kamu Terlalu Banyak Bercanda
image.png
Buku Kamu Terlalu Banyak Bercanda | Photo by Instagram/@marchellafp
Setelah sukses dengan buku NKCTHI, Marchella FP kembali membagikan kata-kata indahnya melalui buku Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB). Sedikit berbeda dengan untaian kalimat penuh motivasi dan perenungan, KTBB hadir dimaknai Marchella sebagai ‘gelap untuk terangnya NKCTHI’.
ADVERTISEMENT
Di buku KTBB, berisi surat-surat dari tokoh Awan yang menggambarkan berbagai emosi manusia, seperti sedih, kecewa, amarah, takut, penyesalan, dan berbagai rasa lainnya yang mungkin selama ini luput dirasakan. Marchella mampu menuliskan semua rasa dan emosi tersebut dengan jujur dan apa adanya, sehingga tak heran banyak sekali orang-orang yang merasa sangat relatable.
5. Ibu-Ibu Yacult
image.png
Ibu-Ibu Yacult, sebuah podcast dari Marchella FP dan Maria Juliana (Mayu) | Photo by Instagram/@ibuibuyacult
Tidak hanya dalam media buku, rupanya Marchella FP juga punya project berupa Podcast, lho!
Bersama sahabatnya, yaitu Maria Juliana (Mayu), lahirlah sebuah podcast yang diberi nama Ibu-Ibu Yacult. Topik yang dibahas cukup luas, mulai dari keseharian keduanya, cerita cinta, lifestyle, hingga drama ojol alias ojek online. Podcast Ibu-Ibu Yacult dikemas denga santai dan penuh canda.
ADVERTISEMENT
Ada banyak sudut pandang baru dalam hidup yang akan kita temukan ketika mendengar podcast Ibu-Ibu Yacult. Tidak hanya itu, berbagai perspektif dari Marchella serta Mayu juga dapat membuka pikiran kita. Untuk mendengarkan celotehan kedua sahabat ini, kalian bisa mendengarkannya di Spotify dan Joox dengan keyword Ibu-Ibu Yacult.
6. Pura-Pura Bukan Manusia
image.png
Pura Pura Bukan Manusia, karya Marchella FP yang masih ditunggu-tunggu pembaca setianya | Photo by Instagram/@marchellafp
Satu lagi karya dari Marchella FP yang wajib kita nantikan, yaitu Pura-Pura Bukan Manusia (PPBM).
Pada tanggal pertengahan bulan tahun lalu, Marchella mengumungkan karyanya yang selanjutnya di akun Instagram @ppbm.ppbm. Langsung saja, netizen pun heboh dan menanyakan kapan karya Marchella yang satu ini akan terbit. Akun @ppbm.ppbm pun hingga saat ini sudah di follow oleh 14 ribu orang lebih. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para pembaca setia Marchella.
ADVERTISEMENT
Namun diakui Marchella, buku PPBM ini akan masih berhubungan dengan NKCTHI dan KTBB. Siapa yang sudah nggak sabar, nih?
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
#terusberkarya
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan