3 Tokoh Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan Besar

Konten Media Partner
17 Oktober 2019 23:37
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
3 Tokoh Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan Besar (40682)
searchPerbesar
Ilustrasi gambar pria yang sedang bahagia | Photo by Bruce Mars via Unsplash
Pepatah mengatakan, jika kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Namun, apakah memang benar begitu sobat entrepreneurs?
ADVERTISEMENT
Ingin tahu siapa saja tokoh sukses yang berhasil bangkit dari keterpurukan? Berikut daftar beberapa tokoh sukses yang berhasil membuktikan bahwa pepatah tersebut benar.
  1. Bill Gates
3 Tokoh Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan Besar (40683)
searchPerbesar
Quote dari Bill Gates | Photo by billgates_daddy via Instagram
Semua orang pasti mengenal nama Bill Gates. Salah satu orang terkaya di dunia ini merupakan salah satu pendiri dari microsoft. Pada awalnya Bill Gates dengan teemannya, Paul Allen mendirikan sebuah mesin pemroses data bernama Traf O Data.
Sayang sekali usaha yang dijalankan oleh Bill dan Paul ini gagal serta merugi hingga USD 3.494. Walau begitu bill dan Paul tidak menyerah.
Mereka membuat sebuah perusahaan komputer Microsoft yang sekarang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia. Pengalaman gagal itu mereka jadikan pelajaran dalam membentuk bisnis selanjutnya.
ADVERTISEMENT
  1. Steve Jobs
3 Tokoh Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan Besar (40684)
searchPerbesar
Bill Gates | Photo by stevejobsok via Instagram
Tokoh kedua adalah Steve Jobs. Siapa yang tidak mengenal pendiri Apple ini? Namun, tahukah kalian jika Steve Jobs pernah dipecat dari posisinya di perusahaan yang dia rintis sendiri?
Kegagalannya dimulai pada saat Ia mengerjakan Lisa Project, dimana harga komputer Lisa saat itu terlalu mahal, sehingga hanya laku sebanyak 10.000 unit saja. Hal ini menyebabkan Steve dikeluarkan dari Project Lisa.
Setelah itu Steve bergabung dengan Macintosh Project, dimana Macintosh dirancang untuk menghasilkan komputer layaknya Lisa dengan harga yang lebih murah. Namun, ternyata penjualan Macintosh sendiri hanya berhasil di angka 250.000 unit saja.
Penjualan yang minim ini, menyebabkan Steve Jobs dipecat dari perusahaan Apple Inc. miliknya sendiri.
ADVERTISEMENT
Dipecat dari perusahaannya tidak membuat Steve menyerah. Ia kemudian menciptakan kembali perusahaan komputer baru bernama Next Inc. Dimana perusahaan tersebut akhirnya berkembang menjadi perusahaan software.
Selain menciptakan perusahaan software, Steve juga mendirikan Pixar Animation yang membawanya kembali menjadi seorang bilioner. Pada saat saham Apple jatuh, Steve diundang ke perusahaan sebagai konsultan, tapi banyak pemegang saham yang akhirnya menginginkan Steve kembali menjadi CEO di Apple.
  1. Sir James Dyson
3 Tokoh Sukses yang Pernah Mengalami Kegagalan Besar (40685)
searchPerbesar
Sir James Dyson | Photo by richardsaker via Instagram
Mungkin banyak orang yang tidak mengenal nama pria satu ini. Sir James Dyson adalah pencipta brand vacuum cleaner The Dyson yang terkenal awet pemakaiannya. Namun, sebelum penemuannya sukses tahukah kalian seberapa banyak kegagalan yang dialami oleh James?
Pada usia 30, James pernah menciptakan vacuum bernama Hoover, dimana vacuum ini mengalami kegagalan produk. Semakin lama digunakan maka daya hisap mesin vacuum ini akan semakin melemah.
ADVERTISEMENT
Akhirnya James mencoba sebanyak lebih dari 5000 kali agar bisa menemukan perpaduan yang tepat supaya vacuum tersebut memiliki daya hisap yang selalu kuat. Setelah berhasil, James harus menghadapi tantangan dalam menawarkan produk ke distributor di Inggris.
Para distributor tidak ingin mengambil resiko dengan mencoba mesin jenis baru. Kemudian James pun membawa penemuannya memasuki pasaran di Jepang. Hal ini membawa keberhasilan bagi james, dimana dia mendapatkan penghargaan industrial serta akhirnya Amerika mengeluarkan hak paten untuk mesin vacuum ciptaannya.
Bagaimana sobat entrepreneurs, apakah kisah-kisah diatas sudah cukup menginspirasi kalian untuk selalu bangkit walau mengalami kegagalan?
#terusberkarja
Content Writer : Putri Fortunata
Editor : Inggrid
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020