3 Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda

Konten Media Partner
27 Oktober 2022 9:55
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bagaimana cara mengatasi tremor di usia muda? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara mengatasi tremor di usia muda? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Tremor adalah gerak gemetar tidak terkendali yang terjadi secara berulang, tanpa disadari, dan di satu atau beberapa bagian tubuh. Tremor ini bisa terjadi di golongan usia mana pun, baik muda maupun tua. Untuk menyembuhkannya, ada berbagai cara mengatasi tremor di usia muda yang dapat diterapkan.
ADVERTISEMENT
Cara-cara yang diterapkan ini tergantung dari penyebab tremor yang dialami. Sebab, kondisi tremor ini bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan fisik hingga mental. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebab-penyebab tremor yang dialami di usia muda.

Penyebab Tremor di Usia Muda

Tremor paling sering terjadi di area tangan, tapi gangguan ini bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh lain, seperti kaki atau kepala. Sebetulnya, kondisi ini tidak selalu menandakan gangguan kesehatan yang serius, tetapi ada juga beberapa kasus tremor yang menandakan munculnya penyakit di dalam tubuh.
Frekuensi tremor bisa menurun ketika usia seseorang mulai bertambah, tapi tingkat keparahannya justru meningkat. Itu sebabnya, kebanyakan tremor dialami oleh seseorang yang berusia muda. Lebih jelasnya, berikut penyebab-penyebab tremor di usia muda, seperti yang dikutip dari laman Mayo Clinic.
ADVERTISEMENT

1. EPT (Enhanced Physiologic Tremor)

Enhanced physiologic tremor (EPT) adalah salah satu jenis tremor fisiologis yang dapat memengaruhi tangan dan jari pada kedua sisi tubuh. Beruntungnya, tremor fisiologis ini memerlukan perawatan medis, kecuali jika sudah sangat mengganggu pekerjaan seseorang yang sangat mengandalkan koordinasi otot halus.

2. Munculnya gangguan kesehatan tertentu

Tremor di usia muda juga bisa disebabkan oleh munculnya gangguan kesehatan tertentu. Berikut beberapa gangguan kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan tremor, seperti yang dikutip dari laman Medical News Today.
  • Keracunan merkuri
  • Hipertiroidisme
  • Gagal hati atau ginjal
  • Sering cemas dan mudah panik

3. Kondisi neurologis seseorang

Tremor juga bisa terjadi karena masalah di bagian dalam otak yang mampu mengontrol gerakan. Beberapa kondisi neurologis ini dapat menyebabkan tremor tangan di usia muda, mulai dari multiple sclerosis (MS), penyakit Parkinson (PD), tremor karena stroke, cedera otak traumatis, hingga dystonia.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda

Terapi jadi salah satu cara mengatasi tremor di usia muda. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Terapi jadi salah satu cara mengatasi tremor di usia muda. Foto: Unsplash
Tremor bisa diatasi dengan beberapa langkah, tergantung penyebabnya. Menyadur laman National Tremor Foundation, berikut beberapa cara mengatasi tremor di usia muda yang dapat diterapkan.

1. Terapi

Terapi bisa dilakukan untuk mengatasi tremor di usia muda dengan tujuan untuk mengoptimalkan koordinasi dan keseimbangan. Dengan melakukan terapi, pengidap tremor bisa tetap optimal menjalani aktivitas. Berikut beberapa terapi yang bisa dijalani oleh pengidap tremor.
  • Terapi fisik. Terapi yang bertujuan untuk membantu Anda meningkatkan kekuatan kontrol dan koordinasi otot.
  • Terapi okupasi. Terapis akan membantu Anda beradaptasi dengan kondisi yang diderita. Dengan begitu, Anda dapat beraktivitas dengan normal.
Terapi ini melibatkan beberapa alat, mulai dari objek berat, alat khusus untuk para pengidapnya, hingga tambahan bebas untuk penderita dan tambahan beban untuk melatih pergelangan tangan.
ADVERTISEMENT

2. Perubahan gaya hidup

Tremor juga bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Sebab, sebagaimana yang diketahui, tremor bisa saja terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi. Berikut beberapa tindakan sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala.
  • Hindari kafein atau stimulan lain yang bisa memicu tremor.
  • Batasi konsumsi alkohol, atau hindari sama sekali.
  • Lebih santai. Pada sebagian orang, tremor akan dipicu oleh stres dan kecemasan. Jadi, bersikaplah dengan santai. Dengan begitu, Anda kemungkinan mampu mengelola stres dengan lebih baik.
  • Membatasi penggunaan bagian tubuh yang sering mengalami tremor. Sebagai contoh, Anda cenderung tremor pada tangan sebelah kanan, maka batasi gerakan pada tangan tersebut.

3. Operasi

Cara mengatasi tremor di usia muda yang lainnya adalah melakukan operasi. Operasi ini dibutuhkan apabila pengobatan yang dijalani tidak membuat hasil yang signifikan. Menyadur laman Mayo Clinic, berikut beberapa operasi cara mengatasinya.
ADVERTISEMENT
  • Simulasi otak dalam. Jenis operasi ini merupakan yang paling umum untuk mengobati tremor. Pada tindakan ini, dokter akan memasukkan probe listrik berukuran panjang dan tipis ke bagian otak penyebab tremor (thalamus).
  • Focused ultrasound thalamotomy. Focused Ultrasound Thalamotomy adalah cara mengatasi tremor di usia muda yang tergolong tindakan non-invasif, artinya tidak menembus kulit. Tindakan ini memanfaatkan gelombang suara yang berjalan melalui kulit dan tengkorak.

Apakah Tremor Bisa Sembuh Sendiri?

Dalam laman National Health Service, tremor yang disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu dapat diperbaiki atau dihilangkan sepenuhnya dengan melakukan pengobatan. Salah satu contoh kasus tremor yang dapat disembuhkan sepenuhnya dengan melakukan pengobatan adalah tremor karena gangguan kesehatan.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
ADVERTISEMENT
(JA)
Apa itu tremor?
chevron-down
Apa penyebab tremor usia muda?
chevron-down
Apakah tremor bisa sembuh sendiri?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020