Gaya Hidup Sehat: Definisi, Cara Melakukan, dan Manfaat yang Diperoleh

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
7 Februari 2022 8:58
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengonsumsi sayuran sebagai salah satu gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengonsumsi sayuran sebagai salah satu gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
Menerapkan gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mudah asalkan memiliki komitmen dalam menjalankannya. Gaya hidup yang sehat akan menopang semua fungsi tubuh, baik jasmani maupun rohani.
Secara sederhana gaya hidup sehat adalah usaha seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan merasakan kehidupan dengan bahagia. Sebaiknya gaya hidup bersih dan sehat diterapkan sejak dini agar manfaatnya bisa dirasakan di masa mendatang.
Cara menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya sangat mudah dan praktis. Apakah kamu sudah mulai melakukan gaya hidup sehat? Jika belum, mari mulai dari sekarang untuk memperoleh manfaatnya.

Definisi Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi meminum jus sebagai salah satu upaya menerapkan gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi meminum jus sebagai salah satu upaya menerapkan gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
Apa itu gaya hidup sehat? Gaya hidup sehat adalah kegiatan menerapkan pola hidup yang baik dan seimbang guna menghasilkan kehidupan yang sehat secara fisik, mental, maupun sosial. Dengan gaya hidup sehat seseorang akan terhindar dari risiko penyakit yang muncul pada tubuh.
Adapun definisi gaya hidup sehat menurut WHO, yaitu kondisi ketika keadaan seseorang terasa sehat, baik mencakup fisik, mental, dan sosial.
Maksud sehat di sini tidak hanya terbebas dari penyakit maupun cacat yang dialami seseorang, melainkan juga sehat secara fisik dan bahagia secara batin.

Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Ilustrasi pria berolahraga sebagai upaya menerapkan gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pria berolahraga sebagai upaya menerapkan gaya hidup sehat. Foto: Pexels.com
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sangat memengaruhi aktivitas manusia sehari-hari. Sebagai contoh, orang yang rutin mendatangi fasilitas olahraga menjadi terhalang dan tidak bisa berolahraga. Hal itu karena banyak fasilitas olah tubuh yang ditutup demi menurunkan penularan Covid-19.
Meskipun begitu tidak ada alasan untuk kamu tidak menerapkan gaya hidup sehat di masa pandemi. Sebab kamu masih bisa menjalani gaya hidup sehat di rumah selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.
Berikut gaya hidup sehat di masa pandemi Covid-19 yang dikutip dari laman rsia.acehprov.go.id:
  • Berolahraga di rumah secara teratur
Untuk menjaga daya tahan tubuh kamu bisa mencoba olahraga yang bisa dilakukan dari rumah. Beberapa di antaranya adalah yoga, sit up, back up, push up, dan lain-lain. Lakukan olahraga di rumah setidaknya selama 30 menit setiap hari.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi
Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang 4 sehat 5 lengkap bisa membantu meningkatkan imunitas dan menghindari diri dari Covid-19. Untuk menerapkan gaya hidup sehat kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi serat, sayuran dan buahan, menghindari makanan tinggi lemak, minum air mineral sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari, mengurangi minuman ringan (softdrink) karena mengandung kadar gula yang tinggi, dan terbiasa sarapan sebelum memulai aktivitas.
  • Beristirahat dengan cukup
Istirahat sangat penting untuk tubuh karena bisa membuat tubuh dan otak kembali segar setelah beraktivitas seharian. Istirahat yang cukup juga membantu kamu terhindar dari stres, memberikan ketenangan pada tubuh, pikiran, dan jiwa.
  • Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan sangat penting terlebih di saat pandemi Covid-19 melanda. Hal ini agar kamu terhindar dari bakteri, kuman, dan juga virus yang bertebaran di udara.
Itulah cara memulai gaya hidup sehat yang paling mudah selama pandemi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Cara tersebut dapat dilakukan oleh siapa pun baik, ibu rumah tangga maupun wanita karir sekali pun.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan jasmani dan rohani. Pentingnya gaya hidup sehat salah satunya membuat kualitas hidup meningkat. Menyadur dari laman promkes.kemkes.go.id, berikut manfaat gaya hidup sehat:
  • Meningkatkan stamina
Gaya hidup sehat yang dilakukan dengan pola makan dan olahraga teratur bisa membuat produksi energi meningkat. Keteraturan itulah yang membuat proses metabolisme menjadi maksimal, sehingga energi dan stamina di tubuh tercukupi dan membuat kamu tidak mudah lemas.
  • Menjaga berat badan ideal
Menerapkan gaya hidup yang sehat sangat menguntungkan apalagi kalau kamu ingin menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasi antara olahraga yang teratur dan diet sehat dipercaya dapat menurunkan berat badan berlebih dan menjaga berat badan tetap ideal.
  • Menjaga imunitas tubuh
Hasil dari gaya hidup sehat bisa kamu rasakan secara berkelanjutan di masa yang akan datang. Saat pola makan dan menu harian terdiri dari menu 4 sehat 5 sempurna, tubuh akan meraih nutrisi yang berguna untuk menjaga dan membentuk imunitas.
  • Menjaga kesehatan mental
Menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga bukan hanya berpengaruh untuk fisik. Budaya hidup sehat yang kamu jalankan tersebut juga mampu menjaga dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Makanan Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi makanan sehat yang terdiri dari porsi cukup dan tidak berlebih. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan sehat yang terdiri dari porsi cukup dan tidak berlebih. Foto: Pexels.com
Makanan yang menunjang gaya hidup sehat dan mudah didapatkan salah satunya adalah makanan organik. Menurut buku Gaya Hidup Organik, makanan organik merupakan bahan makanan yang berasal dari hewani maupun nabati. Makanan organik tak diproduksi melalui metode konvensional pada umumnya.
Selain diproduksi secara alami, makanan organik juga terbebas dari bahan tambahan pangan atau zat aditif, seperti pengawet, pewarna, pemanis buatan, pengental, dan penyedap rasa.
Gaya hidup sehat dengan makanan organik, yakni mengonsumsi hasil pertanian yang ditanam tanpa menggunakan pupuk buatan, pestisida, maupun organisme hasil rekayasa genetika.
Sedangkan makanan organik dari produk hewani meliputi daging sapi, telur, hingga susu. Produk hewani tersebut dianggap organik bila tak diberi antibiotik atau hormon pertumbuhan.

Dampak Gaya Hidup Tidak Sehat

Ilustrasi gaya hidup tidak sehat. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gaya hidup tidak sehat. Foto: Pexels.com
Gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental manusia. Bahkan berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Lantas, apa dampak dari gaya hidup yang tidak sehat? Berikut beberapa di antaranya:
  • Penyakit jantung: faktor utama penyakit ini karena kebiasaan tidak sehat salah satunya adalah kebiasaan merokok.
  • Tekanan darah tinggi: penyebab darah tinggi bermacam-macam, misalnya, sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.
  • Kanker: beberapa tipe kanker dipicu oleh gaya hidup yang tak sehat, misalnya, merokok dan mengonsumsi makanan yang mengandung karsinogen.
  • Obesitas: bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang sehat, makan terlalu banyak, dan jarang berolahraga.
(ZHR)
Apa itu gaya hidup sehat?
chevron-down
Apa saja contoh gaya hidup sehat di masa pandemi?
chevron-down
Apa dampak dari gaya hidup yang tidak sehat?
chevron-down