Bisoprolol Fumarate: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Konten Media Partner
2 November 2022 12:40
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi obat Bisoprolol Fumarate. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi obat Bisoprolol Fumarate. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Bisoprolol Fumarate obat apa? Bisoprolol Fumarate adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung, seperti angina, aritmia, dan gagal jantung.
ADVERTISEMENT
Bisoprolol Fumarate termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis sesuai.
Bisoprolol Fumarate 5 mg
Harga
Rp15.000 - Rp35.000 per strip (10 tablet)
Indikasi dan Manfaat
Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) serta mengatasi angina, aritmia, dan gagal jantung.
Komposisi
Bisoprolol Fumarate 5 mg
Dosis dan Aturan Pakai
Dewasa (hipertensi): dosis awal 5 mg, diminum 1 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan maksimal 20 mg per hari dalam dalam dua dosis terbagi atau sesuai anjuran dokter.
Efek Samping
Sakit kepala, pusing, kelelahan, diare, mual, dan muntah.
Cara Penyimpanan
Simpan pada tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari cahaya matahari langsung.
Peringatan
Tidak boleh digunakan untuk pasien yang alergi terhadap kandungan obat, menderita gangguan fungsi hati yang berat, serta ibu hamil dan menyusui.
Golongan Obat
Obat Keras

Pengertian Bisoprolol Fumarate

Bisoprolol Fumarate adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi pada orang dewasa. Menurunkan tekanan darah tinggi dapat membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal.
Bisoprolol Fumarate termasuk ke dalam golongan obat yang dikenal sebagai beta blocker atau penghambat beta. Mengutip jurnal Bisoprolol oleh Ali A. Bazroon dan Nada F. Alrashidi, obat ini bekerja dengan cara menghalangi aksi bahan kimia alami tertentu dalam tubuh, seperti epinefrin pada jantung dan pembuluh darah.
Cara kerjanya tersebut mampu menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan ketegangan pada jantung. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar dan jantung dapat memompa darah lebih efisien.
ADVERTISEMENT
Bisoprolol Fumarate tersedia dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Obat ini sebaiknya dikonsumsi pada jam yang sama setiap harinya agar pengobatan maksimal.

Kandungan dan Kegunaan Bisoprolol Fumarate

Bisoprolol Fumarate merupakan obat generik, yaitu obat yang dinamai sesuai dengan kandungan zat aktif yang dimiliki. Sediaan obat ini berbentuk tablet dan tersedia dengan komposisi Bisoprolol Fumarate 2,5 mg dan 5 mg.
Ilustrasi obat Bisoprolol Fumarate. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi obat Bisoprolol Fumarate. Foto: Pixabay
Sebagai obat antihipertensi, Bisoprolol Fumarate dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter.
Secara umum, hipertensi menyebabkan peningkatkan beban kerja jantung dan pembuluh darah dalam menjalankan fungsinya. Jika kondisi ini berlanjut untuk waktu yang lama, jantung dan pembuluh darah tidak akan berfungsi dengan baik.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dapat merusak pembuluh darah otak, jantung, dan ginjal. Kondisi ini berpotensi mengakibatkan serangan stroke, gagal jantung, atau masalah ginjal.
Mengutip jurnal Bisoprolol in the Treatment of Chronic Heart Failure oleh Pascal de Groote, dkk., Bisoprolol Fumarate termasuk golongan penghambat beta-1 selektif (kardioselektif) yang bekerja dengan cara menghalangi respons dari stimulasi beta-adrenergik jantung.
Cara kerjanya tersebut dapat menurunkan kecepatan denyut jantung dan bermanfaat dalam mengatasi aritmia, yakni kondisi ketika irama jantung berdetak cepat secara tidak normal. Efek obat ini juga mampu menurunkan kekuatan kontraksi dari jantung dan menurunkan tekanan darah.

Anjuran Dosis Bisoprolol Fumarate

Sebagai golongan obat keras, penggunaan Bisoprolol Fumarate harus sesuai petunjuk dokter. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi obat ini, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Konsumsi Bisoprolol Fumarate harus sesuai dengan anjuran dokter dan informasi yang tertera pada kemasan obat. Penggunaannya tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.
  • Bisoprolol Fumarate tidak boleh digunakan pada pasien yang alergi terhadap kandungan obat.
  • Bisoprolol Fumarate dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan. Jangan mengunyah atau menghancurkan obat.
Ilustrasi konsumsi obat Bisoprolol Fumarate harus sesuai anjuran dosis. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsumsi obat Bisoprolol Fumarate harus sesuai anjuran dosis. Foto: Unsplash
Adapun anjuran dosis dan aturan pakai Bisoprolol Fumarate tablet secara umum adalah sebagai berikut.

Dosis Bisoprolol Fumarate untuk Hipertensi

  • Dewasa: dosis awal 5 mg, diminum 1 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan maksimal 20 mg per hari dalam dalam dua dosis terbagi atau sesuai anjuran dokter. Obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Dosis Bisoprolol Fumarate untuk Gagal Jantung Kronis

  • Dewasa: dosis awal 1,25 mg, diminum 1 kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap dengan jarak waktu 1-4 minggu. Dosis maksimal 10 mg per hari atau sesuai anjuran dokter. Obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan.
ADVERTISEMENT
Jika ingin mengonsumsi Bisoprolol Fumarate, pastikan sudah mengikuti anjuran dosis tersebut dengan benar. Sebab, penyalahgunaan obat ini dapat mengakibatkan komplikasi, seperti bradikardia (denyut jantung lambat), bronkospasme (pengencangan otot-otot bronkus) dan hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Kontraindikasi Bisoprolol Fumarate

Sebelum mengonsumsi Bisoprolol Fumarate, konsultasikan dengan dokter tentang obat-obatan yang sedang dikonsumsi dan riwayat penyakit yang dimiliki agar tidak terjadi kontraindikasi. Jangan mengonsumsi obat ini apabila memiliki kondisi berikut:
  • Alergi terhadap kandungan obat atau obat-obatan penghambat beta lainnya.
  • Pasien yang menderita gagal jantung akut.
  • Pasien yang menderita gangguan fungsi hati yang berat.
  • Pasien yang mengalami syok kardionergik (gangguan pada jantung secara mendadak sehingga tidak bisa memenuhi pasokan darah yang dibutuhkan oleh tubuh).
  • Ibu hamil dan menyusui.
ADVERTISEMENT

Efek Samping Bisoprolol Fumarate

Sama seperti obat-obatan lainnya, Bisoprolol Fumarate bisa menyebabkan sejumlah efek samping. Mengutip National Health Service (NHS), beberapa efek samping yang dapat muncul setelah mengonsumsi obat ini, di antaranya:
  • Sakit kepala atau pusing
  • Sesak napas
  • Kelelahan
  • Gangguan pencernaan, seperti diare, mual, atau muntah
  • Hipotensi (tekanan darah rendah
Penggunaan obat Bisoprolol Fumarate dapat memiliki efek samping yang berbeda bagi setiap orang. Selain itu, penggunaan obat ini juga dapat memicu efek samping yang lebih serius, seperti:
  • Kardiomiopati, yakni kelainan otot jantung yang ditandai dengan melemahnya kemampuan jantung untuk memompa darah.
  • Bradikardia, yakni kondisi ketika denyut jantung lebih lambat dari kondisi normal.
  • Hipotensi, yakni tekanan darah rendah.
  • Takikardia, yakni kondisi ketika denyut jantung di atas normal atau melebihi 100 kali per menit.
  • Pneumonia, yakni peradangan paru-paru akibat infeksi yang menyebabkan kantong udara di paru-paru membengkak.
ADVERTISEMENT
Jika mengalami efek samping di atas yang tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Konsultasikan kondisi yang dialami kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan medis segera.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SFR)
Apa kegunaan obat Bisoprolol Fumarate?
chevron-down
Bagaimana cara kerja Bisoprolol Fumarate?
chevron-down
Bisoprolol Fumarate termasuk golongan obat apa?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020