Kapan Jam Tidur Malam yang Baik? Berikut Rekomendasinya

Konten Media Partner
25 November 2022 20:58
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tidur di jam tidur malam yang baik akan membantu seseorang mencukupi kebutuhan tidurnya. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Tidur di jam tidur malam yang baik akan membantu seseorang mencukupi kebutuhan tidurnya. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Setiap orang dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari. Meskipun demikian, jam tidur malam yang baik bagi setiap orang bisa berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu tidur yang ideal bagi setiap orang. Faktor-faktor tersebut ialah usia, jadwal kerja, pola tidur, dan gangguan tidur. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai jam tidur malam yang baik di bawah ini.

Jam Tidur Malam yang Baik

Mengutip dari ulasan Sleeping Hours oleh Jean-Philippe Chaput, dkk, tidur adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidur yang berkualitas dilihat dari banyak sisi, termasuk durasi, waktu yang tepat, dan tidak adanya gangguan selama tidur.
Secara umum, tidak ada panduan khusus yang dianjurkan terkait jam tidur malam yang baik. Dalam dunia medis, setiap orang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tidur dalam durasi tertentu. Setiap orang membutuhkan jam tidur yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention US, berikut lama waktu tidur yang dianjurkan berdasarkan usia:
  • 0–3 bulan: 14–17 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • 4–12 bulan: 12–16 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • 1–2 tahun: 11–14 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • 3–5 tahun: 10–13 jam per hari (termasuk tidur siang)
  • 9–12 tahun: 9–12 jam per hari
  • 13–18 tahun: 8–10 jam per hari
  • 18–60 tahun: 7-8 jam setiap malam
  • 61–64 tahun: 7–9 jam setiap malam
  • 65 tahun ke atas: 7–8 jam setiap malam
Seseorang bisa menggunakan acuan durasi tidur di atas untuk menentukan jam tidur yang baik. Misalnya, jika seseorang berusia 18 tahun yang memerlukan tidur selama 7 jam dan ingin bangun jam 7 pagi, maka ia harus tidur jam 10 tahun.
Setiap orang memiliki jam tidur malam yang baik yang berbeda-beda. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Setiap orang memiliki jam tidur malam yang baik yang berbeda-beda. Foto: Pexels.com
Mengutip dari laman Verywell Health, jika jadwal sekolah atau kerja mengharuskan seseorang bangun di antara jam 5-7 pagi, berikut rekomendasi jam tidur malam yang baik:
ADVERTISEMENT
  • Anak-anak di usia sekolah sebaiknya tidur di antara pukul 8:00-21:00 malam
  • Remaja direkomendasikan untuk tidur di antara pukul 21.00 dan 22.00 malam
  • Orang dewasa dianjurkan untuk tidur untuk di jam 10:00 dan 23.00 malam
Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jam tidur malam yang berbeda-beda. Jam tidur di atas bisa digunakan sebagai rekomendasi untuk mendapatkan istirahat yang cukup sesuai anjuran medis.

Manfaat Tidur Malam Lebih Awal

Para ahli merekomendasikan setiap orang untuk tidur malam lebih awal agar mendapatkan istirahat yang cukup sebelum beraktivitas di pagi hari. Selain itu, tidur malam lebih awal akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ragam manfaat tidur malam lebih awal.

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Beberapa studi menemukan bahwa tidur malam yang telat dan mengurangi waktu beristirahat dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Kekurangan tidur dapat mengacaukan hormon di otak, seperti leptin dan ghrelin yang berfungsi untuk mengontrol nafsu makan.
ADVERTISEMENT
Ketidakseimbangan kedua hormon ini dapat mempengaruhi nafsu makan. Kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang tidak berenergi untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Hal ini dapat berpengaruh pada berat badan seseorang.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tidur lebih awal akan membantu seseorang untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi dan tidak gampang jatuh sakit. Sebaliknya, kekurangan tidur akan menyebabkan seseorang rentan terhadap berbagai macam penyakit serta tidak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

3. Mengatur Suasana Hati

Salah satu manfaat tidur lebih awal adalah menjaga kesehatan mental. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu manfaat tidur lebih awal adalah menjaga kesehatan mental. Foto: Pexels.com
Tidur akan membantu memproses emosi. Emosi dan pikiran seseorang membutuhkan waktu untuk beristirahat agar dapat mengenali dan mengetahui cara bereaksi dengan benar.
Ketika tidur menjadi kurang, seseorang akan lebih banyak mengeluarkan reaksi emosional negatif dibandingkan reaksi positif. Kekurangan tidur yang kronis juga bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki gangguan mood, depresi, kecemasan, dan serangan panik.
ADVERTISEMENT

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur lebih awal akan membantu seseorang mencukupi kebutuhan tidurnya.
Tidur yang cukup dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit kronis, seperti hipertensi, diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Tidur dibutuhkan untuk memperbaiki sejumlah sel dan jaringan dalam tubuh untuk mencegah penyakit kronis.

Posisi Tidur yang Baik

Selain menjaga waktu tidur, setiap orang juga dianjurkan untuk mencoba posisi tidur yang memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan tubuh:
  • Posisi terlentang adalah posisi tidur yang banyak digunakan oleh orang. Posisi ini memungkinkan bagian kepala, leher, dan tulang belakang berada dalam posisi yang sejajar. Hal ini akan menimbulkan efek yang positif bagi kesehatan tubuh serta tidak menimbulkan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu.
  • Posisi menyamping termasuk posisi tidur yang bisa mendukung pembuangan zat sisa dari otak dan membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan otak, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
  • Tengkurap adalah salah satu posisi tidur yang baik, meskipun bagi sebagian orang, posisi ini terasa tidak nyaman. Posisi tidur tengkurap sering direkomendasikan untuk penderita sleep apnea untuk meningkatkan kualitas tidur.
ADVERTISEMENT
Tidur merupakan faktor yang penting bagi kesehatan tubuh. Setiap orang memiliki durasi dan jam tidur yang berbeda-beda. Cukupilah kebutuhan tidur harian untuk menjaga kesehatan tubuh.
Selain itu, cobalah untuk menciptakan suasana tidur yang sehat, konsisten terhadap waktu tidur, memiliki rutinitas malam yang santai, dan menjaga kebersihan tubuh sebelum tidur agar dapat memperoleh tidur yang berkualitas.
Jika masih bingung tentang jam tidur yang baik, silakan konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis bersertifikat untuk mendapatkan anjuran medis yang sesuai dengan kondisi yang dimiliki.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(SAI)
Berapa lama waktu tidur yang baik untuk orang berusia 18–60 tahun?
chevron-down
Apa pengaruh kurang tidur terhadap kesehatan mental seseorang?
chevron-down
Apa posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita sleep apnea?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·