kumparan Event Calendar | Oktober 2021

5 Oktober 2021 18:10 WIB
·
waktu baca 11 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Event Calendar September 2021. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Event Calendar September 2021. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makna Oktober begitu mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada bulan ini 93 tahun lalu, para perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia bersatu untuk melawan penjajah. Rasa kebangsaan dan persatuan mulai menjadi cermin bangga demi mencapai cita-cita tinggi: Indonesia merdeka. Sehingga pada 28 Oktober 1928, para pemuda merumuskan sumpah setia, yakni Sumpah Pemuda.
ADVERTISEMENT
Mengambil semangat Sumpah Pemuda, pada tahun ini kumparan kembali menyelenggarakan Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM), festival milik pelaku bisnis milenial. Tahun ini Festival UMKM memiliki semangat #kumparantemanUMKM yang dapat membantu mempertemukan para pemuda yang semangat berbisnis di usia muda dengan para pemangku kepentingan dan ahli di bisnis.
Selain itu, Oktober juga penuh dengan berbagai acara menarik lainnya yang dipersembahkan kumparan hanya untuk kamu. Mari kita simak program pada Oktober selengkapnya di sini.
Event calendar Oktober 2021. Foto: kumparan
Live Corona Update Topik: Berhasil Tangani Varian Delta, Pandemi Segera Usai? Hari/Tanggal: Jumat, 1 Oktober 2021 Pukul 14.00 WIB
Ringkasan acara: Gelombang kasus COVID-19 yang terjadi hampir di seluruh negara di tahun ini disebabkan merebaknya mutasi varian Delta. Varian yang masuk dalam klasifikasi variants of concern (VoC) oleh WHO ini telah mendominasi kasus infeksi di dunia, mengalahkan varian lain. Akan tetap, Indonesia yang baru melalui gelombang kedua karena varian ini sekarang kurvanya telah melandai.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini berbanding terbalik dengan negara lain. Sebut saja Malaysia dan Singapura yang kini kasus coronanya meroket. Apakah artinya Indonesia telah berhasil menaklukkan varian Delta? Lalu apakah pandemi ini segera usai? Simak perbincangan kumparan bersama Guru Besar FKUI dan Anggota IAVG COVAX, Prof. Tjandra Yoga Aditama, di Live Corona Update bertajuk ‘Berhasil Tangani Varian Delta, Pandemi Segera Usai?’ pada Jumat (1/10). Bisa langsung melihat tayangannya di sini.
IG Live kumparan Topik: Berebut Singgasana: Liverpool VS Manchester City Hari/Tanggal: Minggu, 3 Oktober 2021 Pukul 16.00 WIB
Ringkasan acara: Pertarungan sengit pertandingan Liverpool melawan Manchester City ternyata terbukti. Skor big match yang berlangsung pada Jumat (3/10) berakhir seri. Sadio Mané dari Liverpool mencetak gol pertama di laga tersebut pada menit ke-59. Sepuluh menit kemudian, Phil Forden dari Manchester City membalas dengan gol lagi. Keadaan pun imbang. Mohamed Salah dari Liverpool kemudian membalas lagi di menit 76. Di akhir, Kevin De Bruyne mencetak gol di menit ke-81.
ADVERTISEMENT
kumparan sempat mengadakan Instagram Live yang membahas tuntas mengenai pertemuan kedua klub sepak bola besar di Inggris ini. Tak ketinggalan juga prediksi skor sebelum pertandingan dimulai. Nah, prediksi mana yang benar? Yuk, saksikan Instagram Live kumparan bersama Korwil Bigreds Jakarta, Taupik Nurjaman, dan Divisi Komunikasi MCSCI, Rissalah Maulana, pada Minggu (3/10). Tayangannya bisa kamu lihat di sini.
Kelas Investasi Bersama Syailendra Topik: Mengenal Reksadana Investasi yang Dikelola Ahlinya Hari/Tanggal: Selasa, 5 Oktober 2021 Pukul 19.00 WIB
Ringkasan acara: Reksadana merupakan salah satu produk investasi yang dinilai relatif aman karena risikonya terukur dan prospek cuan yang lumayan. Kenapa aman? Karena, produk tersebut didanai bersama sehingga risiko pun ditanggung bersama. Pengelolaannya pun oleh manajer investasi yang profesional dan memang ahli dalam mengatur alokasi dana. Dengan karakteristik tersebut, reksadana cocok sekali untuk investor pemula, termasuk dari kalangan milenial.
ADVERTISEMENT
Kelas Investasi kumparan kali ini akan membahas topik reksadana secara tuntas bersama Head of Investment Specialist Syailendra Capital, Aldies Sageri, dan Co-Founder Ternak Uang, Timothy Ronald, pada Selasa (5/10). Kelas Investasi ini bisa kamu tonton langsung di Instagram kumparan di sini ya.
kumparan Instagram Live Bersama Festival Film Indonesia Topik: Seputar Festival Film Indonesia 2021 Hari/Tanggal: Kamis, 7 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan acara: Festival Film Indonesia (FFI) 2021 telah mengumumkan daftar nominasi yang akan bersaing tahun ini. Pada kali ini, ada 22 kategori yang dipertarungkan untuk mendapatkan Piala Citra pada FFI. Ketua Komite FFI Reza Rahadian mengatakan acara ini merupakan apresiasi tertinggi pada perfilman nasional. Yang menarik pada tahun ini adalah kembali hadirnya kritik film yang berasal dari para pewarta atau juga pengkaji film yang benar-benar membuat kritik dan masukan bagi perfilman Indonesia.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk menyambut FFI 2021, kumparan berbincang dengan Ketua Komite FFI, Reza Rahadian, serta salah satu Duta FFI, Angga Yunanda, pada Kamis (7/10) di Instagram Live kumparan. Kamu bisa langsung menyaksikan keseruan obrolan kumparan dan dua aktor ini di sini ya.
Live Corona Update Topik: Pro Kontra Konser Offline saat Pandemi Hari/Tanggal: Jumat, 8 Oktober 2021 Pukul 14.00 WIB
Ringkasan acara: Kasus COVID-19 di Indonesia terus melandai. Pelonggaran sejumlah aktivitas masyarakat pun diputuskan pemerintah, salah satunya mengizinkan digelarnya konser dalam skala besar. Keputusan pemerintah ini tentu angin segar bagi pelaku industri pertunjukan musik. Pihak penyelenggara pun diminta menyiapkan berbagai hal supaya konser layak diadakan dalam skala besar.
Tapi tak sedikit yang mengkritik kebijakan pemerintah. Konser dianggap masih bisa menyebabkan potensi penyebaran COVID-19, apalagi berbagai varian corona masih menyebar sekarang. Lalu bagaimana pelaku industri pertunjukan musik menanggapi hal ini? Kumparan mengundang Direktur Dyandra Global Edutainment, Febrina Agusta Sibuea, di Live Corona Update bertajuk ‘Pro Kontra Konser Offline saat Pandemi” pada Jumat (8/10). Kamu bisa menyaksikannya langsung di sini.
ADVERTISEMENT
kumparan Talkshow Bersama YO! Inves Topik: Investasi Anti Basa Basi Langsung Aksi Hari/Tanggal: Senin, 11 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan acara: Melek literasi keuangan meningkatkan tren investasi. Macam-macam tujuannya, mulai dari mendapatkan passive income, memperoleh dana untuk mewujudkan mimpi, hingga cara menjamin kestabilan finansial di hari tua. Namun tren investasi juga berdampak serius jika orang nekat menggunakan uang tanpa mempelajari produk dan risikonya. Karena itu, kita harus mengetahui produk dan risiko. Terpenting, tentukan #GoalsKamu untuk tujuan yang hendak dicapai dari investasi.
Masih bingung dan ragu investasi? Perusahaan yang fokus terhadap perkembangan investasi Indonesia, Syailendra Capital, meluncurkan aplikasi YO! Inves untuk mempermudah proses investasi para user secara digital. Agar lebih paham tentang aplikasi ini dan kegunaannya, kumparan bersama dengan Syailendra Capital menghadirkan Live Talkshow bertajuk ‘Investasi Anti Basa Basi Langsung Aksi” pada Senin (11/10) pukul 15.00 WIB di kanal YouTube kumparan. Untuk informasi lengkapnya dapat kamu lihat langsung di sini.
ADVERTISEMENT
Virtual Talk kumparan Bersama DANA dan Dukcapil Topik: Data Kependudukan dan Sistem Keuangan Digital Hari/Tanggal: Jumat, 15 Oktober 2021 Pukul 13.00 WIB
Ringkasan acara: Sebagai salah satu penyedia jasa pembayaran, DANA akan terus menjamin kerahasiaan data pengguna. DANA pun telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil) untuk memastikan proses verifikasi KTP lebih akurat dan sejalan dengan strategi nasional untuk percepatan inklusi keuangan.
Mau tahu lebih lanjut tentang data kependudukan dan sistem keuangan digital? kumparan mengadakan Virtual Talk bersama dengan Ditjen Dukcapil dan DANA pada Jumat (15/10) di YouTube kumparan. Lebih lengkapnya kamu bisa klik di sini.
Live Corona Update Topik: Bioskop Ramai Lagi, Industri Film Mulai Bangkit Hari/Tanggal: Jumat, 15 Oktober 2021 Pukul 16.00 WIB
ADVERTISEMENT
Ringkasan acara: Setelah sempat ditutup sejak penerapan PPKM darurat, kini bioskop resmi beroperasi kembali. Pembukaan bioskop dilakukan dengan hati-hati dengan menerapkan aturan terkait protokol kesehatan ketat, salah satunya dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
Lalu, bagaimana pembukaan bioskop ini? Apa saja yang dilakukan para pengusaha bioskop agar penonton kembali terhibur namun tetap merasa aman ketika menonton? kumparan akan membahasnya langsung bersama Wakil Ketua Bidang Humas Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Arindya Pratama Lubis di Live Corona Update bertajuk ‘Bioskop Ramai Lagi, Industri Film Mulai Bangkit’ pada Jumat (15/10) pukul 16.00 WIB. Kamu bisa langsung menyaksikannya di sini.
kumparan Webinar Bersama Singapore Tourism Board: Episode 1 Hari/Tanggal: Senin, 18 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
ADVERTISEMENT
Ringkasan acara: Ketika bertandang ke Singapura, jangan lupa untuk memasukkan Geylang Serai ke daftar itinerary teratas kamu. Wilayah pemukiman warga Melayu tertua sekaligus pusat komunitas muslim terbesar di Singapura itu tidak hanya menyediakan wisata religi atau sejarah, tetapi juga dapat memanjakan lidahmu dengan khazanah kulinernya. Sayangnya hingga sekarang Singapura belum membuka akses untuk wisatawan asing datang berkunjung.
Tapi jangan takut. kumparan menggelar #SingaporeReimagine Virtual Trip sebagai bagian dari acara utama Singapore Passion Land yang digelar 18-24 Oktober mendatang. Bersama tour guide Singapura, Anthony Ang, dan influencer dan figur publik, Rima Melati Adams, kita akan diajak berkeliling ke beberapa detinasi wisata di Geylang Serai pada Senin (18/10). Yuk, rasakan keindahan Geylang Serai secara virtual bersama kumparan. Untuk informasi lebih lengkapnya dapat langsung klik di sini.
ADVERTISEMENT
IG Live kumparan Bersama Maudy Ayunda Topik: Seputar Film Losmen Bu Broto Hari/Tanggal: Senin, 18 Oktober 2021 Pukul 16.00 WIB
Ringkasan acara: Maudy Ayunda menjadi artis yang turut berperan di Losmen Bu Broto, film yang diadaptasi dari sinetron Losmen yang dulu populer di TVRI. Maudy berperan sebagai Jeng Sri. Dia mengaku deg-degan karena syuting berlangsung ketika pandemi dan dia pun masih di Amerika Serikat ketika itu. Namun itu pun bisa teratasi dengan syuting di Indonesia selama tiga minggu, sedangkan proses reading dilakukan sebulan sebelumnya via Zoom.
Losmen Bu Broto rencananya siap tayang pada 18 November mendatang. Sebelum menontonnya, kumparan live di Instagram bareng Maudy Ayunda, nih, tepat sebulan sebelum film tayang pada Senin (18/10). Mau lihat keseruan obrolan kumparan dengan Maudy Ayunda? Yuk, bisa langsung klik link di sini.
ADVERTISEMENT
kumparan Virtual Talk Bersama Adira Insurance dan Zurich Topik: Indonesia Sehat, Ekonomi Pulih Hari/Tanggal: Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 14.00 WIB
Ringkasan Acara: Pandemi memberikan dampak luar biasanya terhadap perekonomian dunia maupun nasional. Menteri Keuangan Sri Mulyani tahun lalu mengatakan pertumbuhan ekonomi dunia merosot tajam ke angka minus 3,2 persen, sedang di kuartal III 2020 Indonesia mengalami resesi ekonomi. Kondisi diperparah dengan rendahnya inklusi keuangan masyarakat. Saat ini, pemerintah berbenah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan target program vaksinasi nasional. Namun, tak sedikit warga yang masih khawatir adanya Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) yang ditimbulkan setelah vaksin.
Untuk itu, kumparan bersama dengan PT Zurich Topas Life (Zurich) dan PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) bertepatan dengan momen Bulan Inklusi Keuangan pada Oktober mengadakan virtual talk bertajuk “Indonesia Sehat, Ekonomi Pulih” dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlunya payung pelindung untuk menepis kekhawatiran akan risiko kesehatan di masa pandemi. Obrolan yang berlangsung pada Selasa (19/10) bisa langsung disaksikan di Youtube kumparan di link berikut ini.
ADVERTISEMENT
kumparan Talkshow Bersama Fortinet Topik: Awas Ransomware: Malware Penyandera Data Berharga Hari/Tanggal: Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 16.00 WIB
Ringkasan acara: Ransomware merupakan malware yang menargetkan perangkat keras untuk memperoleh informasi berharga pengguna yang kemudian menampilkan pesan untuk menuntut pengguna membayar agar datanya dapat dipulihkan. Menurut perusahaan keamanan siber asal Amerika Serikat, Fortinet, upaya serangan ransomware meningkat 1.070 persen periode Juli 2020 hingga Juni 2021 secara global. Kenaikannya 10 kali lipat dalam 12 bulan terakhir.
Tentu banyak individu maupun organisasi yang mengalami kerugian karena serangan ransomware ini. Untuk membahas lebih lanjut dan bagaimana solusi menghindari serangan ransomware maupun ancaman keamanan siber lainnya, kumparan membahasnya bersama Fortinet Indonesia dalam talkshow bertajuk ‘Awas Ransomware: Malware Penyandera Data Berharga’. Obrolan tayang di YouTube kumparan pada Selasa (19/10) yang dapat kamu saksikan langsung di sini.
ADVERTISEMENT
kumparan Webinar Bersama Singapore Tourism Board Topik: Virtual Trip: Little India Edition Hari/Tanggal: Kamis, 21 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
Ringkasan Acara: Singapura seperti tidak ada habisnya. Kali ini, rekomendasi tempat yang bisa didatangi ketika di Singapura adalah Little India. Kali ini kumparan akan mengajak Anda tur virtual bersama tour guide berlisensi internasional Anthony Ang dan celebrity chef Martin Praja di #SingaporeReimagine.
Dipandu oleh Davy Andry, tur ini akan mengantar kamu ke pengalaman baru dan tidak terduga di Little India, Singapura! Virtual trip kumparan ke Singapura untuk episode 2 ini berlangsung pada Kamis (21/10). Kamu dapat saksikan langsung di YouTube kumparan dengan tautannya di sini.
Live Corona Update Topik: Lebih Jelas Soal Umrah Hari/Tanggal: Jumat, 22 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
ADVERTISEMENT
Ringkasan Acara: Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan jemaah umrah asal Indonesia menunaikan ibadah setelah terhenti sejak penerapan travel ban awal Februari lalu. Meski begitu, kepastian untuk segera melaksanakannya belum juga datang. Pemerintah saat ini sedang melakukan persiapan teknis dan menyelaraskan data vaksinasi yang dibutuhkan Saudi. Namun, perlu diingat Arab Saudi hanya mengizinkan para calon jemaah yang telah mendapatkan vaksin penuh dua dosis dengan jenis Pfizer-BionTech, Oxford-AstraZeneca, dan Moderna, atau satu dosis vaksin Johnson & Johnson.
Lalu, sampai sejauh mana persiapan pemerintah? Kapan kepastian umrah bisa diselenggarakan lagi? Supaya lebih jelas mengenai langkah keberangkatan calon jemaah umrah, kumparan membahasnya bersama Direktur Jenderal Haji dan Umrah, Prof. Hilman Latief, di Live Corona Update dengan tajuk 'Lebih Jelas soal Umrah' pada Jumat (22/10). Untuk menyimak langsung wawancaranya di YouTube kumparan, kamu dapat langsung klik di sini.
ADVERTISEMENT
Ladies Talk by kumparanWOMAN: Episode 2 Topik: Bicara Kanker Payudara Bersama Ahli dan Penyintas Hari/Tanggal: Jumat, 22 Oktober 2021 Pukul 16.00 WIB Ringkasan Acara: Kanker payudara menjadi momok tersendiri bagi para wanita. Ladies Talk by kumparanWOMAN Eps 2: Bicara Kanker Payudara Bersama Ahli dan Penyintas⁠.
Ladies, tahukah kamu bahwa salah satu ketakutan para wanita adalah terjangkit kanker payudara di hidupnya? ⁠dr. Sinta Chaira Maulanisa, SpB, Fellow Bedah Onkologi (@sintamaulanisa), Fransiska Yani, Breast Cancer Survivor Lovepink (@fransiskayanie) dan @kumparanwoman akan membahas pentingnya deteksi dini kanker payudara dengan judul "Bicara Kanker Payudara Bersama Ahli dan Penyintas" pada Ladies Talk Episode 2.⁠
Saksikan episode menarik ini pada 22 Oktober 2021 pukul 16.00 WIB hanya di YouTube kumparan.⁠
ADVERTISEMENT
kumparan Webinar Bersama Singapore Tourism Board Topik: Virtual Trip: Kato, Joo Chiat, Tiong Bahru Edition Hari/Tanggal: Sabtu, 23 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB
Festival UMKM Topik: #kumparanTemanUMKM Hari/Tanggal: Selasa, 26 Oktober 2021 Pukul 10.00 WIB
Festival UMKM Topik: #kumparanTemanUMKM Hari/Tanggal: Rabu, 27 Oktober 2021 Pukul 10.00 WIB
Festival UMKM Topik: #kumparanTemanUMKM Hari/Tanggal: Kamis, 28 Oktober 2021 Pukul 10.00 WIB
Live Corona Update Hari/Tanggal: 29 Oktober 2021 Pukul 14.00 WIB
----------------------
Artikel akan di-update secara berkala. Simak informasi ter-update program kumparan di kumparan Event Calendar | Oktober 2021.