Bisnis
·
22 Juli 2021 13:22
·
waktu baca 3 menit

Beragam Pilihan PayLater, Mana Yang Tawarkan Bunga Paling Murah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Beragam Pilihan PayLater, Mana Yang Tawarkan Bunga Paling Murah? (46909)
searchPerbesar
Ilustrasi mengatur uang belanja. Foto: Shutter Stock
Fasilitas Paylater alias transaksi dulu bayar belakangan kini semakin marak ditautkan pada beragam platform digital. Mulai dari dompet digital, e-commerce, online travel agent, hingga aplikasi ride hailing semua memiliki pilihan pembayaran dengan metode Paylater.
ADVERTISEMENT
Namun, sama seperti prinsip kredit pada umumnya, fasilitas Paylater juga dibebankan bunga. Lalu Paylater mana yang memberikan bunga paling murah? Simak rangkuman berikut ya!
OVO Paylater
OVO Paylater merupakan sebuah fasilitas kredit dengan limit tertentu yang diberikan oleh PT Indonusa Bara Sejahtera. Saat ini OVO Paylater telah diterima di banyak merchant. Adapun OVO Paylater memberikan fasilitas kredit dengan limit Rp 10 juta dengan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Biaya administrasi untuk penggunaan limit kredit adalah sebesar 5 persen dari total transaksi. Jika pengguna terlambat membayar, akan dikenakan bunga tunggakan sebesar 0,1 persen per hari dari sisa tagihan yang jatuh tempo.
Gojek Paylater
Aplikasi ride hailing decacorn, Gojek, juga memperkenalkan fasilitas Paylater. Fitur kredit ini merupakan hasil kerja sama Gojek dengan Findaya. Pengguna aplikasi Gojek bisa memanfaatkan fasilitas ini dan membayar tagihannya pada akhir bulan. Dalam laman resminya, Gojek mengeklaim tidak mengenakan bunga untuk fasilitas Paylater. Sebagai gantinya, Gojek mengenakan biaya langganan per bulan hingga Rp 25.000. Sedangkan apabila terlambat membayar, pengguna akan dikenai denda sebesar Rp 2.000 per hari.
ADVERTISEMENT
Shopee PayLater
Fasilitas Paylater juga bisa ditemukan pada e-commerce Shopee atau disebut Shopee Paylater (SPayLater). Dalam memberikan fasilitas pinjaman kredit ini, Shopee bekerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara (sebagai operator platform layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi/P2P lending), PT Commerce Finance (sebagai perusahaan pembiayaan), serta pihak lain yang bekerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara atau PT Commerce Finance untuk memberikan pinjaman bagi pengguna.
Berdasarkan laman resmi Shopee, transaksi menggunakan SPayLater akan dikenakan bunga sebesar 2,95 persen untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang diselesaikan dalam waktu 1 (satu) bulan dan cicilan yang diselesaikan dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan.
Selain itu SPayLater juga menetapkan biaya penanganan sebesar 1 persen per transaksi. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, maka pengguna akan dikenakan denda sebesar 5 persen.
Beragam Pilihan PayLater, Mana Yang Tawarkan Bunga Paling Murah? (46910)
searchPerbesar
com-#BelanjaDariRumah Shopee Foto: Kanya Nayawestri/kumparan
Tokopedia
ADVERTISEMENT
Selain Shopee, e-commerce Tokopedia juga menyediakan fasilitas paylater. Namun fasilitas ono bukan diberikan langsung oleh Tokopedia tetapi oleh partner. Beberapa partner yang menyediakan kredit untuk pembelian melalui Tokopedia antara lain Home Credit, Kredivo, BRI Ceria, dan OVO Paylater.
Blibli
Produk cicilan tanpa kartu kredit lainnya adalah Blibli Paylater. Blibli bekerja sama dengan Indodana untuk menyediakan fasilitas ini. Berbeda dengan Gojek yang membebankan biaya langganan, di Blibli pengguna tidak dikenakan biaya berlangganan. Namun ada biaya administrasi yang dikenakan yaitu sebesar 2 persen per transaksi untuk pembayaran PayLater biasa (jatuh tempo 30 hari setelah tanggal transaksi) dan
biaya administrasi 3 persen per transaksi, dikenakan setiap bulan untuk pembayaran dengan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan.
ADVERTISEMENT
Jika terlambat membayar maka pengguna akan dikenai denda keterlambatan sebesar 10 persen. Jika belum ada pembayaran hingga satu bulan, maka pengenaan denda keterlambatan akan mengulang setiap 30 hari sampai total biaya keterlambatan setara maksimal 1x nilai total transaksi.
Traveloka
Traveloka juga memberikan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang memungkinkan pengguna bisa membeli tiket atau produk lainnya di Traveloka tanpa harus membayar dulu.
Untuk metode pembayaran ini, Traveloka menetapkan bunga sebesar 2,14 persen sampai 5 persen per bulan. Biaya tersebut diberlakukan untuk pengguna yang melakukan cicilan bulanan. Adapun bunga tersebut berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya. Di Traveloka Paylater, pengguna akan memperoleh limit hingga Rp 50 juta. Pembayaran pinjaman ini dapat Anda lakukan 30 hari setelah transaksi, atau menggunakan cicilan dengan skema 1 bulan hingga 12 bulan.
ADVERTISEMENT