Bisnis
·
29 Januari 2021 21:50

Ditetapkan Bodong oleh Satgas Waspada Investasi OJK, Vtube Gembok Akun Facebook

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ditetapkan Bodong oleh Satgas Waspada Investasi OJK, Vtube Gembok Akun Facebook (153608)
searchPerbesar
Ilustrasi VTube. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Vtube yang dikelola PT Future View Tech telah dinyatakan Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sebagai entitas investasi ilegal alias investasi bodong. Meski status itu belum berubah, namun tawaran investasi di Vtube belakangan kembali marak.
ADVERTISEMENT
Status sebagai investasi ilegal sebelumnya diterbitkan Satgas Waspada Investasi OJK pada Juni 2020 lalu. Saat itu ada 99 entitas yang dinyatakan Satgas Waspada Investasi sebagai investasi ilegal, salah satunya PT Future View Tech (Vtube).
"Investasi uang tanpa izin dengan menawarkan keuntungan Rp 200.000-Rp 70.000.000 (dua ratus ribu rupiah hingga tujuh puluh juta rupiah) hanya dengan mengklik iklan," demikian penjelasan soal praktik bisnis Vtube, seperti dinyatakan Satgas Waspada Investasi OJK, Juni 2020 lalu.
Ditetapkan Bodong oleh Satgas Waspada Investasi OJK, Vtube Gembok Akun Facebook (153609)
searchPerbesar
Ilustrasi investasi bodong. Foto: Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO
Vtube mengklaim sebagai aplikasi mirip Youtube. Kepada membernya, dia menjanjikan penghasilan mulai Rp 200.000 hingga jutaan rupiah per bulan. Caranya hanya dengan menonton tayangan iklan video selama 5-10 menit per hari.
Meski sejauh ini belum ada pencabutan status sebagai investasi bodong dari Satgas Waspada Investasi OJK, namun tawaran investasi di Vtube belakangan kembali ramai, antara lain di media sosial. Seperti di sebuah grup Telegram Vtube Owners Club dengan member hingga ribuan akun.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada juga di Facebook, melalui akun 'VTUBE Share Info'. Akun tersebut sempat aktif dan anggotanya mengungkapkan bantahan soal status investasi ilegal yang pernah disematkan Satgas Waspada Investasi OJK.
Tapi saat kembali dicek pada Jumat (29/1), akun Facebook tersebut digembok dengan keterangan 'Konten Ini Tidak Tersedia Saat Ini'. Sementara Kepala Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing, belum merespons konfirmasi kumparan soal perkembangan terbaru Vtube.
***
Simak video menarik di bawah ini: