Bisnis
·
30 Maret 2021 18:01

Gerbang Tol Cileunyi Akan Hilang, Jasa Marga Operasikan Gerbang Sementara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gerbang Tol Cileunyi Akan Hilang, Jasa Marga Operasikan Gerbang Sementara (195987)
searchPerbesar
Gerbang sementara Tol Cileunyi, karena gerbang permanen yang lama ditutup akibat proyek simpang susun Tol Cisumdawu. Foto: Jasa Marga
Pengguna jalan tol khususnya yang masuk atau keluar di Tol Cileunyi, Bandung, tak usah kaget jika mendapati gerbang tol sementara. PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola tol tersebut, memang menonaktifkan gerbang permanen sebagai dampak pembangunan simpang susun Tol Cisumdawu.
ADVERTISEMENT
General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Thomas Dwiatmanto, menyampaikan pengoperasian gerbang sementara di Tol Cileunyi dimulai pada Rabu (31/3) pukul 00.00 WIB.
"Pengoperasian gerbang sementara Tol Cileunyi dilakukan supaya pelayanan kepada pengguna jalan tol tidak terganggu," kata Thomas melalui keterangan tertulis, Selasa (30/3).
Gerbang lama Tol Cileunyi selanjutnya akan dibongkar, untuk nantinya menjadi bagian dari simpang susun atau interchange Jalan Tol Purbaleunyi dengan Jalan Tol Cisumdawu.
Gerbang Tol Cileunyi Akan Hilang, Jasa Marga Operasikan Gerbang Sementara (195988)
searchPerbesar
Foto udara proyek simpang susun Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisaumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/1/2020). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Thomas menambahkan, walaupun gerbang tol ini hanya bersifat sementara, namun Jasa Marga tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Semua perangkat transaksi dipastikan tetap berfungsi, disertai kelengkapan rambu-rambu pendukung.
Gerbang sementara Tol Cileunyi ini akan mengoperasikan total 3 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, 3 GTO Multi dan 6 Gardu Oblique Approach Booth (OAB). Namun ujar Thomas, saat ini masih memaksimalkan 3 GTO Single dan 3 GTO Multi, ditambah 2 GTO Single arah keluar pada GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan adalah 8 unit.
ADVERTISEMENT
"Hal ini akan berlangsung sampai 6 OAB pada gerbang tol sementara selesai dibangun," ujarnya.
Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan pastikan kecukupan saldo uang elektroniknya. Lakukan pembaharuan informasi lalu lintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080