kumparan
8 November 2019 12:54

Jelang Tes CPNS, Pedagang Jimat di Pasar Jatinegara Kebanjiran Order

Jimat Tes CPNS
Foto Kolase: Jimat Tes CPNS yang Dijual di Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/11). Foto: Abdul Latif/kumparan
Jelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 11 November 2019, masyarakat semakin antusias mempersiapkan kebutuhan tes.
ADVERTISEMENT
Bahkan ada juga calon peserta tes CPNS yang bukan hanya melakukan persiapan dengan membeli buku untuk dipelajari, melainkan jimat-jimat juga laris manis.
Menurut salah satu pedagang jimat di Pasar Rawa Bening (Jakarta Gems Center/JGC), David, masyarakat Indonesia masih sangat erat dengan mistis. Sehingga, menjelang tes CPNS dan pemilu, JGC ramai dikunjungi.
"Banyak yang cari jimat ke sini. Ya kita hanya menyediakan saja. Biasanya itu mereka (pembeli) sudah tahu kebutuhan jimat untuk tes apa saja," katanya kepada kumparan saat ditemui di lapaknya, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/11).
Berbagai macam jimat tertata di mejanya. Sebagian besar jimat-jimat tersebut berasal dari Jawa Timur. Meski beberapa daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan daerah lain juga ada.
ADVERTISEMENT
Menurut David, secara umum jimat-jimat ini tidak bisa semata-mata menjamin akan diterima tes CPNS. Sebab, kata dia, jimat hanya sebagai media supaya lebih percaya diri.
Computer Assited Tes (CAT) CPNS
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi (SKD) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak. Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Jimat-jimat di JGC dijual dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 700 ribu. Setiap pedagang memiliki karakteristik jimat masing-masing.
Pedagang lainnya yang enggan disebutkan namanya, mengatakan ada beberapa jimat yang bisa dibeli untuk menjalani tes CPNS, yaitu jimat isim. Jimat isim miliknya terbuat dari kulit sapi yang sudah dijahit hingga berbentuk kotak.
"Ini saya jual Rp 30 ribu per biji. Di dalamnya ada (batu) bacaannya. Kalau di lainnya beda-beda," jelasnya.
Dia menegaskan agar peserta tidak serta-merta percaya jimat. Sebab, jimat ini hanya sebagai media saja, bukan sebuah kekuatan yang bisa memastikan lolos tes CPNS.
ADVERTISEMENT
"Kekuatan yang tetap Allah SWT, kalau percaya ini (jimat) ya keluar dari jalur," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan