Kapal Kargo Pengangkut Peti Kemas Berisi Bahan Kimia Kebakaran

24 Oktober 2021 20:25
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kapal Kargo Pengangkut Peti Kemas Berisi Bahan Kimia Kebakaran (51325)
zoom-in-whitePerbesar
Asap mengepul dari kapal kontainer Zim Kingston, terbakar dari api di atas kapal, di lepas pantai Victoria, British Columbia, Kanada, Sabtu (23/10/2021). Foto: Surfrider Foundation Canada via Reuters
ADVERTISEMENT
Kapal kargo yang penuh dengan peti kemas berisi bahan kimia, terbakar. Saat peristiwa terjadi, kapal MV Zim Kingston itu sedang melintas di lepas pantai British Columbia, Kanada.
ADVERTISEMENT
Pihak berwenang Kanada seperti dilansir Reuters, menyebutkan asap yang dikeluarkan dari kebakaran itu mengandung gas beracun.
Kebakaran semula terjadi pada salah satu kontainer, namun api telah menyebar hingga total ke 10 kontainer. Selain itu ada 40 kontainer lain yang tercebur ke laut.
Petugas penjaga pantai telah mengevakuasi 16 awak kapal berbendera Malta itu. Sementara lima orang awak kapal tetap bertahan dan berupaya memadamkan api.
Kapal Kargo Pengangkut Peti Kemas Berisi Bahan Kimia Kebakaran (51326)
zoom-in-whitePerbesar
Api turun dari dek kapal kontainer ZIM Kingston ke perairan lepas pantai Victoria, British Columbia, Kanada, Sabtu (23/10/2021). Foto: Surfrider Foundation Canada via Reuters
Aparat berwenang Kanada juga terus memantau peristiwa yang terjadi Sabtu (23/10) malam atau Minggu (24/10) WIB itu. Demikian juga dampak lingkungan dari kebakaran dan terceburnya 40 kontainer berisi bahan kimia ke laut.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Para pelaut disarankan untuk menjauhi area tersebut. Meskipun sejauh ini tidak ada risiko keselamatan terhadap orang-orang di wilayah itu termasuk di pantai," demikian dilansir Reuters, Minggu (24/10).
ADVERTISEMENT
Dari video yang diperoleh Reuters, api dari kontainer terus merambat ke bagian dek kapal.
Sebuah organisasi lingkungan Kanada, Surfrider Foundation Canada, menyayangkan peristiwa ini. Apalagi peristiwa tersebut tak terlalu jauh dari kawasan pantai, sehingga dikhawatirkan terjadi pencemaran lingkungan di pesisir.
“Ini sangat memprihatinkan. Kapal dan peti kemas sangat dekat dengan pantai British Columbia. Apalagi badai besar diperkirakan akan melanda malam ini. Kami khawatir ini akan menjadi bencana lingkungan,” kata Presiden Surfrider Foundation Canada, David Boudinot.
*****
Jangan lewatkan informasi seputar Festival UMKM 2021 kumparan dengan mengakses laman festivalumkm.com. Di sini kamu bisa mengakses informasi terkait rangkaian kemeriahan Festival UMKM 2021 kumparan, yang tentunya berguna bagi para calon dan pelaku UMKM.
ADVERTISEMENT