Kata Rivan A. Purwantono, Eks Dirut KB Bukopin yang Kini Jadi Dirut Jasa Raharja

17 Juni 2021 15:06
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Direktur utama Bank Bukopin, Rivan Achmad Purwantono. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Direktur utama Bank Bukopin, Rivan Achmad Purwantono. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
Rivan A.Purwantono resmi menjabat dirut BUMN sektor asuransi, PT Jasa Raharja (Persero). Posisi direksi BUMN, bukan kali ini saja ditempati mantan Dirut Bank KB Bukopin itu.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Rivan yang merupakan alumni Filsafat UGM, pernah menjabat Direktur Keuangan dan IT di PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sehingga saat ini merupakan kedua kalinya dia balik ke BUMN.
”Bagi saya, semua ini merupakan perjalanan hidup yang luar biasa, setiap tugas yang diberikan kepada saya merupakan mandat yang harus dijalankan sebaik mungkin,” kata Rivan A. Purwantono, Kamis (17/6), soal posisi barunya di perusahaan BUMN.
Rivan berkarier di Bank KB Bukopin selama 15 tahun, sejak bank itu masih bernama Bukopin. Sumbangsih serta konsistensinya di perusahaan, mengantarkan dia hingga ke posisi direksi.
Tapi pada Mei 2020, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuknya sebagai Direktur Keuangan PT KAI. Posisi di BUMN transportasi tersebut, hanya dia tempati sebulan lewat 10 hari. Bank Bukopin yang sedang berbenah dengan mengundang masuk investor baru yakni KB Kookmin, memintanya jadi dirut.
Erick Thohir pun harus melepas Rivan A. Purwantono dari PT KAI, kembali ke Bukopin. Meski Bank Bukopin bukan BUMN, negara melalui Kementerian BUMN masih memiliki saham di bank, yang kini telah berubah nama jadi Bank KB Bukopin.
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
”Saya bersyukur mendapatkan perjalanan luar biasa ini. Saya mengenal tata kelola keuangan, operasional KAI hingga melakukan mapping penumpang. Melalui mapping tersebut saya mengoptimalkan aplikasi KAI Acess,” ujar Rivan mengenang pengalamannya di PT KAI.
ADVERTISEMENT
Seperti mengulang peristiwa Mei 2020 saat bergeser dari Bukopin ke PT KAI, kini Rivan A. Purwantono kembali meninggalkan Bank KB Bukopin. BUMN kembali jadi tempat berlabuhnya, yakni memimpin BUMN asuransi PT Jasa Raharja (Persero).
Rivan menjabat Dirut PT Jasa Raharja (Persero), menggantikan Budi Rahardjo. Bersamaan dengan itu, Kementerian BUMN juga menunjuk Amos Sampetoding sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi, menggantikan M. Wahyu Wibowo.
Selain itu, di posisi dewan direksi juga ditambahkan jabatan baru yakni Direktur Hubungan Kelembagaan yang dijabat Munadi Herlambang.

Berikut susunan dewan direksi baru PT Jasa Raharja (Persero):

Rivan A. Purwantono: Direktur Utama
• Dewi Aryani Suzana: Direktur Operasional
• Myland: Direktur Keuangan
ADVERTISEMENT
• Amos Sampetoding: Direktur Manajemen Risiko danTeknologi Informasi
• Rubi Handojo: Direktur SDM dan Umum
• Munadi Herlambang: Direktur Hubungan Kelembagaan