Mengintip Penampakan Kereta Cepat Proyek KCJB yang Dikirim China ke RI Hari Ini

5 Agustus 2022 10:26
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pemasangan sebelas unit train set Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah rampung, Minggu (10/4/2022).  Foto: Instagram/@tiko1973
zoom-in-whitePerbesar
Pemasangan sebelas unit train set Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah rampung, Minggu (10/4/2022). Foto: Instagram/@tiko1973
ADVERTISEMENT
China mulai mengirim rangkaian kereta cepat atau Electronic Multiple Unit (EMU) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Jumat (5/8) hari ini. Ada 11 rangkaian kereta yang akan dikirim, termasuk satu unit kereta inspeksi.
ADVERTISEMENT
Produksi seluruh rangkaian kereta cepat dilakukan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang di Qingdao, Provinsi Shandong, China, sejak November 2021 lalu. Seluruh rangkaian kereta sebenarnya sudah tuntas pada April 2022, namun menjalani uji dinamis sebelum dikirimkan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Mengutip laman PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan generasi terbaru CR400AF. Pengoperasiannya didukung teknologi CTSC 3/GSM-R network dan fiber optik.
Sementara sistem keamanannya menggunakan Internal dan Eksternal Lighting Protection System pada konstruksi KCJB. Sistem keamanan tak hanya terpasang pada rangkaian kereta cepat, tapi juga di sepanjang jalur dari Jakarta ke Bandung.
Meskipun mampu dipacu hingga kecepatan 350 km per jam, rangkaian kereta cepat KCJB diklaim memiliki getaran dan tingkat kebisingan di bawah ambang batas.
ADVERTISEMENT