Meninggal, Ini Profil Rudy Ramawy, Petinggi Lippo Group dan Pernah Pimpin Google

23 September 2022 5:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rudy Ramawy. Foto: Matahari Mall
ADVERTISEMENT
Rudy Ramawy merupakan sosok yang namanya mencuat di sektor industri teknologi, terutama sejak menjabat Country Director Google Indonesia pada 2012-2015. Terakhir berkarier sebagai Deputy CEO PT Multipolar Tbk (MLPL) di bawah Lippo Group, lulusan Teknik Kimia dari University of California, Berkeley, itu meninggal dunia pada Kamis (22/9) malam.
ADVERTISEMENT
Meninggalnya Rudy Ramawy cukup mengejutkan, karena sepanjang hari Kamis (22/9) tersebut dia masih beraktivitas seperti biasa. Keluarga pemilik Lippo Group, Henry Riady, mengungkapkan sore hari sebelum meninggal, Rudy Ramawy masih sempat makan bersama.
"Very sad news to all of us. Baru aja John makan bareng tadi sore," kata Henry Riady kepada kumparan.
Rudy Ramawy diperkirakan mengalami serangan jantung, hingga sempat menjalani tindakan medis di rumah sakit MRCCC, di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan. Tapi nyawanya tak dapat diselamatkan.
"Dokter kami baru saja menyatakan Rudy Ramawy meninggal beberapa menit yang lalu setelah resusitasi dia selama setengah jam di MRCCC. Dia adalah mantan kepala Google Indonesia dan bagian dari lengan investasi Lippo. Yang terpenting, pria yang hebat. Ini adalah berita yang sangat menyedihkan dan tragis," demikian informasi yang beredar melalui whatsapp.
ADVERTISEMENT

Profil Rudy Ramawy

Google for Indonesia 2017. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Rudy Ramawy mengawali kariernya di industri FMCG (Fast Moving Consumer Group) yakni sebagai brand marketing P&G. Kemudian dia bergeser ke industri hiburan di Sony Music Entertainment, Warner Music, hingga masuk ke industri telekomunikasi menjabat Chief Marketing Officer PT Axis Telekom Indonesia (2005-2008).
Pada 2008, dia bergeser ke industri televisi hiburan dengan menjabat Director Programming & Production RCTI. Di perusahaan televisi swasta pertama di Indonesia itu, Rudy Ramawy juga pernah menjabat Director Sales & Marketing.
Sosoknya sebagai talenta industri teknologi mencuat, ketika dia pada 2012 menjabat Country Director Google Indonesia. Di perusahaan teknologi global itu dia berkiprah selama tiga tahun. Selanjutnya Rudy Ramawy berpindah-pindah ke sejumlah startup teknologi seperti Ruangguru, OVO, hingga terakhir sebagai Deputy CEO PT Multipolar Tbk (MLPL) di bawah Lippo Group.
ADVERTISEMENT
"Di segala urusan bisnis technology di Lippo Group, selalu ada dia," pungkas Henry Riady.