kumparan
23 April 2019 14:13

Mulai Mei Kereta Bandara Bisa Angkut Penumpang dari Stasiun Manggarai

Kereta Bandara, Stasiun BNI City
Situasi di stasiun bandara Sudirman Baru-Soetta yang tampak sepi pada Rabu (8/8/2018) Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera merampungkan fasilitas Kereta Bandara di Stasiun Manggarai. Targetnya, mulai bulan depan Kereta Bandara bisa menaiki sekaligus menurunkan penumpang di Stasiun Manggarai.
ADVERTISEMENT
"Tahun ini banyak yang mau kita operasikan ada (Stasiun) Manggarai salah satunya mungkin bulan Mei untuk KA Bandara," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).
Saat ini masyarakat baru bisa menikmati pelayanan Kereta Bandara dari Stasiun BNI, Sudirman. Dengan beroperasi Kereta Bandara dari Stasiun Manggarai diharapkan mampu meningkatkan jumlah penumpang.
Kereta Bandara, Stasiun BNI City
Situasi di stasiun bandara Sudirman Baru-Soetta yang tampak sepi pada Rabu (8/8/2018) Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Selanjutnya, Zulfikri pun menambahkan pihaknya juga akan terus menyelesaikan jalur-jalur kereta api (KA) lainnya. Salah satunya yaitu jalur Double Double Track (DDT) dari Stasiun Jatinegara ke Stasiun Cakung dengan total panjang 9,5 kilometer (km).
Pada tahun ini, Zulfikri menargetkan DDT Jatinegara akan dapat dibangun hingga Stasiun Bekasi. Sebab, saat ini pihaknya masih terus melakukan negosiasi kepada masyarakat terkait pembebasan lahan.
ADVERTISEMENT
"Kita sampai menyelesaikan Stasiun (Bekasi) juga karena ada masalah lahan. Di KA selalu ada kendala utama adalah masalah lahan," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan