Profil Lengkap Direksi Holding BUMN Wisata dan Aviasi Pilihan Erick Thohir

5 Oktober 2021 13:11
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Profil Lengkap Direksi Holding BUMN Wisata dan Aviasi Pilihan Erick Thohir (155789)
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7). Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Menteri BUMN Erick Thohir telah membentuk Holding BUMN Wisata dan Aviasi yang dinamai PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau disebut Aviata. Seiring dengan itu, Erick Thohir juga menetapkan susunan dewan direksi dan dewan komisaris perusahaan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari penjelasan Kementerian BUMN, pada tahap awal, Aviata akan menjadi pemimpin Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung yang beranggotakan lima BUMN. Kelima BUMN tersebut yakni PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).
Selain itu ada juga PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).
Susunan dewan direksi Holding BUMN Wisata dan Aviasi itu, ditetapkan melalui keputusan Menteri BUMN Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Nomor: SK-336/MBU/10/2021.
Berikut jajaran dewan direksi Aviata dan profil mereka:
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

Direktur Utama: Dony Oskaria

Sebelum bergabung ke BUMN, Dony Oskaria merupakan profesional yang berkarier panjang di kelompok usaha milik Chairul Tanjung, CT Corp. Dia sempat menjabat Managing Director PT Bank Mega, CEO Hospitality and Entertainment Group CT Corp, CEO Trans Kalla, hingga CEO AntaVaya.
Profil Lengkap Direksi Holding BUMN Wisata dan Aviasi Pilihan Erick Thohir (155790)
zoom-in-whitePerbesar
Dony Oskaria. Foto: Twitter/indeso_id
Lulusan Hubungan Internasional Fisip Unpad dan MBA dari Asia Institute of Managemen itu, masuk ke BUMN mewakili Chairul Tanjung yang merupakan pemegang saham publik terbesar di Garuda Indonesia. Dony Oskaria sempat menjabat Wakil Direktur Utama (Februari 2020 - Agustus 2021) dan Komisaris Garuda Indonesia (Desember 2014 - Februari 2020).
ADVERTISEMENT

Wakil Direktur Utama: Edwin Hidayat Abdullah

Sempat menjabat Deputi di Kementerian BUMN (2015-2019) semasa Rini Soemarno, Edwin Hidayat digeser Menteri BUMN Erick Thohir jadi Wakil Dirut PT Angkasa Pura II. Kini, posisinya bergeser lagi jadi Wakil Direktur Utama di Aviata.
Edwin yang merupakan sarjana lulusan UGM, Yogyakarta, juga sempat mengikuti pendidikan di sejumlah perguruan tinggi terkemuka. Seperti National University of Singapore (NUS), Harvard University, hingga Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Direktur SDM dan Digital: Herdy Rosadi Harman

Terpental dari posisi Direktur Human Capital Bank BRI pada Januari 2021, bintang Herdy Rosadi Harman kembali bersinar setelah ditunjuk Erick Thohir jadi Direktur SDM dan Digital di Holding BUMN Wisata dan Aviasi. Sebelumnya, lulusan Fakultas Hukum Unpad ini, berkarier di BUMN sektor telekomunikasi.
ADVERTISEMENT
Dia juga pemegang gelar MBA dari Telkom University dan Master of Law (LLM Program) dari Washington College of Law. Karier di BUMN-nya selalu di posisi direksi sumber daya manusia. Baik sebagai direktur di Telkomsel, lalu bergeser sebagai Direktur SDM di PT Telkom Indonesia.