Profil Listiarini Dewajanti: Pilih Politik, Mundur dari Direktur Pupuk Indonesia

25 November 2021 12:47
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Profil Listiarini Dewajanti: Pilih Politik, Mundur dari Direktur Pupuk Indonesia (137170)
zoom-in-whitePerbesar
Mantan Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia, Listriarini Dewajanti (Tengah), disebut-sebut bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Listiarini Dewajanti mundur dari jabatan Direktur Keuangan dan Investasi PT Pupuk Indonesia (Persero). Dia dikabarkan memilih berkiprah di partai politik dan rela meninggalkan jabatan direksi BUMN.
ADVERTISEMENT
Pengunduran diri eks bankir BRI dari posisi direksi Pupuk Indonesia itu, sebenarnya sudah lebih dari sebulan lalu. Tepatnya 11 Oktober 2021. Tapi informasinya kembali ramai, karena beredar kabar pengunduran dirinya dipicu kerugian hingga Rp 1,7 triliun PT Rekayasa Industri (Rekind), anak perusahaan Pupuk Indonesia.
Tapi kabar soal kerugian Rekind jadi pemicu mundurnya Listiarini itu, dibantah oleh manajemen Pupuk Indonesia.
"Jelas disampaikan bahwa alasan pengunduran diri Ibu Listiarini Dewajanti adalah karena yang bersangkutan ingin berkontribusi kepada masyarakat, khususnya dibidang pertanian, melalui jalur sosial politik," kata SVP Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Profil Listiarini Dewajanti: Pilih Politik, Mundur dari Direktur Pupuk Indonesia (137171)
zoom-in-whitePerbesar
com-Pupuk Indonesia Foto: dok. Pupuk Indonesia
Wijaya tak merinci kiprah sosial politik yang dipilih Listiarini Dewajanti. Tapi Juru Bicara Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, menyebut dia masuk partai politik. "Jadi Dirkeu Pupuk mundur karena masuk Politik, bukan karena tertekan," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga sejalan dengan penjelasan Wijaya Laksana yang mengutip Peraturan Menteri BUMN soal larangan direksi BUMN aktif dalam struktur pengurus partai politik. "Maka beliau menyatakan mundur dari karier profesional, sesuai dengan Butir KELIMA SK BUMN dan Peraturan Menteri BUMN PER-11/MBU/07/2021 tanggal 30 Juli 2021," ujarnya.
Jabatan Direktur Keuangan dan Investasi Pupuk Indonesia hanya diduduki Listiarini Dewajanti selama 3 bulan, yakni sejak 16 Juli 2021. Sebelumnya, dia meniti karier sebagai bankir di Bank BRI hingga mencapai posisi Senior Executive Vice President.
Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang itu, masuk Bank BRI sejak 1999. Kiprah selama 22 tahun di Bank BRI, dimulai pemegang gelar magister banking and finance dari Monash University itu, dari Divisi Perencanaan Strategis.
ADVERTISEMENT
Listiarini Dewajanti juga pernah menjabat General Manager Bank BRI Cabang New York, yakni pada 2014-2016.