Erik ten Hag Sebut FIFA Matchday Jadi Pemicu Performa MU Menurun

4 April 2024 12:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Erik ten Hag saat laga Burnley vs Manchester United (MU) dalam pekan keenam Liga Inggris 2023/24 di Stadion Turf Moor, Minggu (24/9/2023) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Carl Recine
zoom-in-whitePerbesar
Erik ten Hag saat laga Burnley vs Manchester United (MU) dalam pekan keenam Liga Inggris 2023/24 di Stadion Turf Moor, Minggu (24/9/2023) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Carl Recine
ADVERTISEMENT
Padatnya agenda internasional atau FIFA Matchday diyakini Erik ten Hag sebagai biang keladi turunnya performa Manchester United (MU) akhir-akhir ini. Baginya, sudah agenda klub padat, pemain juga masih harus disibukkan dengan membela negara masing-masing.
ADVERTISEMENT
Ten Hag menyatakan, para pemainnya terlalu banyak menguras tenaga untuk bermain dalam klub maupun tim nasional mereka. Penggawa The Red Devils dinilai memiliki beban kerja yang menumpuk baik di negara maupun klub sehingga konsistensi performa MU menurun.
“Para pemain [MU] memiliki beban pekerjaan yang terlalu banyak sehingga tak bisa lagi tunjukkan performa maksimal. Kami tak bisa terlalu berharap dengan pemain-pemain kunci kami,” ujar Ten Hag dikutip BBC.
Erik ten Hag turut mengeklaim, masalah ini juga terjadi pada rival sekotanya yakni Manchester City. Mantan pelatih Ajax itu menyebut, City alami penurunan performa karena perihal yang sama.
Mason Mount mencetak gol saat laga Brentford vs Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Inggris 2023/24 di Brentford Community Stadium, London, pada Minggu (31/3) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Toby Melville
“Kalian bisa lihat penurunan performa juga di alami oleh Manchester City. Mereka tampil seperti tak biasanya, semua tim akan mengalami hal yang sama jika terus dibebani padatnya jadwal Internasional,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sekitar 16 pemain kunci MU mendapatkan panggilan negaranya, dan di antaranya kembali ke klub dengan kondisi yang tak optimal. Salah satunya Harry Maguire yang alami cedera kala membela Timnas Inggris di FIFA Matchday beberapa waktu lalu.
Dan kini, Manchester United dijadwalkan melawat ke markas Chelsea di Stamford Bridge dalam lanjutan pekan Liga Inggris, Jumat (5/4) dini hari WIB. Ten Hag masih merasa skuadnya kurang optimal jelang laga tersebut.
Manchester United kini berada di posisi keenam klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 48 poin, dan tengah berupaya menggeser Tottenham Hotspur di posisi keempat untuk tampil di Liga Champions musim depan.