FIFA Sanksi Presiden Klub Persikabo: Dilarang Aktif di Sepak Bola selama 2 Tahun

4 April 2023 23:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bimo Wirjasoekarta (kanan). Foto: Tira Persikabo
zoom-in-whitePerbesar
Bimo Wirjasoekarta (kanan). Foto: Tira Persikabo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
FIFA resmi menjatuhkan sanksi terhadap Presiden Klub Persikabo, Bimo Wirjasoekarta. Ia dilarang aktif dalam aktivitas sepak bola selama 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Hal ini dirilis secara resmi oleh FIFA pada Selasa (4/4) malam WIB. Bimo dinyatakan bersalah telah melakukan tindakan intimidasi, paksaan, ancaman, dan eksploitasi terhadap para pemain.
"Majelis hakim telah melarang Bapak Bimo Wirjasoekarta, Presiden klub Indonesia Tira Persikabo, untuk mengambil bagian dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola selama dua tahun (ditangguhkan untuk masa percobaan tiga tahun) setelah menemukan dia bersalah atas tindakan intimidasi, paksaan, ancaman dan eksploitasi terhadap pemain," terang FIFA.
"Majelis hakim juga menjatuhkan denda sebesar CHF 10.000 [sekitar Rp 164 juta] kepada Bapak Wirjasoekarta," tambah FIFA.
Logo FIFA di markas besarnya di Zurich, Swiss. Foto: Reuters/Arnd Wiegmann
Menurut keterangan FIFA, majelis hakim menyatakan bahwa Bimo telah melanggar Pasal 24 (Perlindungan integritas fisik dan mental), Pasal 26 (Penyalahgunaan posisi) dan, secara wajar, Pasal 14 (Tugas Umum) dadlam Kode Etik FIFA edisi 2023.
ADVERTISEMENT
"Ketentuan keputusan diberitahukan kepada Bapak Wirjasoekarta hari ini dan akan ditindaklanjuti dengan pemberitahuan alasan dalam waktu 60 hari ke depan sesuai dengan Kode Etik," jelas FIFA.
"FIFA memiliki sikap tegas terhadap segala bentuk pelecehan dalam sepak bola dan Komite Etik menangani semua kasus tersebut sejalan dengan Kode Etik, dengan mempertimbangkan kekhususan masing-masing.
"FIFA juga menyediakan sistem whistle-blowing yang rahasia, berdedikasi, sangat aman, dan berbasis web sehingga individu dapat melaporkan masalah pengamanan apa pun," tandas mereka.