kumparan
8 Agustus 2019 3:44

Joao Cancelo Mendarat di Manchester City, Danilo ke Juventus

Joao Cancelo
Joao Cancelo ketika masih membela Juventus. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Joao Cancelo akhirnya mendarat di Manchester City. Per Kamis (8/8/2019), Cancelo diboyong dari Juventus dan diikat kontrak selama enam tahun alias hingga 30 Juni 2025.
ADVERTISEMENT
Mengamankan tanda tangan bek sayap asal Portugal ini melahirkan kegembiraan bagi sang direktur sepak bola, Txiki Begiristain. Bagi Begiristain, Cancelo adalah kepingan krusial yang dapat menyokong upaya City untuk mengarungi musim 2019/20.
"Joao adalah pesepak bola berkualitas. Ia adalah bek sayap bertipe ofensif yang akan membantu kami memberikan ancaman mematikan dari area kanan. Kami sangat terkesan dengan progresnya dan sama sekali tidak meragukan potensinya untuk semakin bersinar di sini, di Manchester," jelas Begiristain.
Cancelo adalah bek sayap yang menjanjikan. Ia mampu melakukan tugas ofensif dan defensif sama baiknya. Yang paling mengesankan adalah kemampuannya untuk melepaskan umpan kunci.
Di Serie A 2018/19, Cancelo mencatatkan rata-rata 1,4 operan kunci per laga. Kualitas macam ini krusial bagi build-up serangan Pep Guardiola yang kerap kali menggunakan bek sayap.
ADVERTISEMENT
"Karakternya cocok dengan kebutuhan Manchester City. Tahun-tahun terbaiknya akan segera tiba. Tekniknya mumpuni dan atribut fisiknya sesuai dengan yang kami inginkan," ujar Begiristain.
Kedatangan Cancelo tentu diikuti dengan kepergian Danilo Luiz ke Juventus. Untuk mendapatkan Cancelo, City tak hanya mengirim Danilo, tetapi juga uang sejumlah 28 juta euro kepada Juventus.
Nilai transfer Cancelo mencapai 65 juta euro, sedangkan Danilo 37 juta euro. Nah, Danilo akan menetap di Juventus selama lima tahun atau sampai 30 Juni 2024.