kumparan
search-gray
Bola & Sports28 Mei 2020 19:44

Komisaris PT LIB Ungkap Penunjukan Pelaksana Tugas Direktur Utama

Konten Redaksi kumparan
Komisaris PT LIB Ungkap Penunjukan Pelaksana Tugas Direktur Utama (1213116)
Cucu Sumantri, Direktur Utama PT LIB. Foto: Ferry Tri Adi/kumparan
Sudjarno menyandang predikat baru. Awalnya, ia dikenal sebagai Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB).
ADVERTISEMENT
Tiba-tiba, dalam rilis PSSI soal rapat virtual pada Rabu (27/5/2020), federasi menyebut Sudjarno sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT LIB.
Memang, tak ada yang salah dengan rangkap jabatan itu. Persoalannya, beberapa klub Liga 1—yang notabene pemegang saham PT LIB—tak mendengar kabar soal penunjukan tersebut.
Yunus Nusi, Plt Sekretaris Jenderal PSSI, mengonfirmasikan bahwa jabatan baru Sudjarno merupakan keputusan Komisaris PT LIB.
Pernyataan Yunus dibenarkan Ferry Paulus, salah satu Komisaris PT LIB, ketika dikonfirmasi terpisah. Ia membeberkan pengangkatan Plt Dirut dilakukan Komisaris yang tersisa, yaitu Ferry Paulus, Munafri Arifuddin, dan Endri Erawan.
“Penunjukannya tiga hari setelah RUPS Luar Biasa. Kami menggelar rapat dengan Direksi dan Komisaris yang tersisa di PT LIB. Pada saat itu akhirnya kami menunjuk Sudjarno sebagai Plt Dirut PT LIB,” kata Ferry, Kamis (28/5/2020).
ADVERTISEMENT
Ferry juga menegaskan tak ada yang salah dengan penunjukan Sudjarno. Rapat jajaran Direksi dan Komisaris pun cukup.
Soal beberapa pemegang saham yang belum tahu, Ferry menilai itu merupakan masalah komunikasi saja.
Komisaris PT LIB Ungkap Penunjukan Pelaksana Tugas Direktur Utama (1213117)
Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus. Foto: Dok: Persija
“Seharusnya masalah ini sudah bisa diinformasikan kepada tim (pemegang saham). Di dalam korporasi, Komisaris menunjuk pelaksana tugas itu merupakan hal biasa dan harus dilakukan,” ujar pria yang juga Direktur Olahraga Persija itu.
Okelah, lalu bagaimana soal Pasal 94 Ayat 1 UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) yang berbunyi anggota Direksi diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)?
Beberapa klub Liga 1 berpegangan kepada UUPT tersebut. Tak heran yang mereka tahu kursi Direktur Utama masih lowong dan pemilihan dilakukan pada RUPS Luar Biasa berikutnya.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, pos Direktur Utama PT LIB kosong setelah Cucu Sumantri mengundurkan diri di RUPS Luar Biasa pada 18 Mei. Tak Cuma itu, Sonhadji (Komisaris Utama), Hasani Abdulgani, dan Hakim Putratama (Komisaris) juga mengikuti langkah Cucu.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white