kumparan

Rahim Soekasah Calonkan Diri Jadi Ketua Umum PSSI

Rahim Soekasah (Baju Hitam) siap jadi ketua umum PSSI
Rahim Soekasah (Baju Hitam) siap jadi ketua umum PSSI Foto: Akbar Ramadhan/kumparan
Sejak Edy Rahmayadi mundur sebagai ketua umum pada Januari 2019, PSSI memang tidak memiliki pimpinan yang ajek.
ADVERTISEMENT
Joko Driyono yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas ketua umum malah tersandung kasus pencurian dan penghilangan barang untuk pembuktian serta menghalangi pemeriksaan dan penyelidikan dengan merusak garis polisi dan kini sedang mendekam di tahanan.
Nama-nama lain seperti Gusti Randa dan Iwan Budianto juga sempat naik. Namun, keduanya tak memiliki dukungan yang pasti.
Berangkat dari sini, wacana tentang siapa yang akan menduduki kursi pimpinan federasi makin mencuat. Di antara sekian nama, muncul Rahim Soekasah yang kini dikenal sebagai chairman klub asal Australia, Brisbane Roar. Misi yang diusung, tentu memperbaiki kondisi persepakbolaan nasional.
"Saya sedih melihat Tim Nasional kita tidak ada di Piala Asia. Bagaimana mungkin Filipina ikut, tapi kita tidak ikut? Itu aneh bagi saya. Jadi, saya ingin memperbaiki itu semua agar ke depannya Indonesia harus lebih baik dari mereka semua. Bisa atau tidak? Bisa," ujar Rahim saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Kamis (2/5/2019), malam WIB.
ADVERTISEMENT
Dalam deklarasinya, Rahim ditemani beberapa legenda Timnas, seperti Elly Idris, Hermansyah, dan Muhammad Zein Alhadad. Namun, Rahim tak mau berkomentar banyak soal pendukungnya di Kongres Luar Biasa nanti.
"Insya Allah dukungan voters nantinya ada, ya. Saya tidak mau gembar-gembor. Kami silent sajalah, tidak usah ribut-ributlah. Nanti KLB, kita lihat nanti voters-nya milih siapa. 'Kan belum tentu saya menang, iya kan? Kalau ada orang lain yang lebih bagus 'kan bisa saja dipilih orang lain," ucap Rahim.
"Tapi moga-moga voters-nya lebih dewasalah, sudah punya pengalaman yang buruk. Untuk ke depannya, voters itu harus benar-benar memilih pemimpin yang baik," lanjut Rahim.
Rahim memang bukan nama asing di ranah sepak bola Indonesia. Sejak awal 2007 hingga 2010, Rahim menjabat sebagai manajer tim Pelita Jaya. Tak sampai di situ saja. Rahim juga bertugas sebagai manajer kala Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2010.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan