kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Juli 2020 9:45

Rumput Stadion Maguwoharjo Sudah Mulus, Siap untuk Liga 1

Konten Redaksi kumparan
Rumput Stadion Maguwoharjo Sudah Mulus, Siap untuk Liga 1 (633776)
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Isitimewa Yogyakarta. Foto: Ferry Tri Adi Sasono/kumparan
Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman menjadi kandang sejumlah klub dalam lanjutan Liga 1 musim ini. Jajaran direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun telah meninjau stadion yang selama ini menjadi markas PSS Sleman tersebut.
ADVERTISEMENT
Ketua panpel PSS Sleman, Tri Mulyanta, menjelaskan hasil verifikasi PT LIB terhadap Stadion Maguwoharjo tidak jauh berbeda dengan verifikasi pertama sebelum liga diberhentikan. Kondisi rumput pun siap 95 persen.
"Kalau kondisi rumput sendiri kemarin kan stadion Maguwo UPT yang ngerjain. Saya sudah bertemu UPT, rumput 95 persen aman. Kemarin ada rumput liar harus dimatikan, itu nanti ini untuk bisa bener-bener dipakai satu bulan (mendatang), sudah oke," kata Tri.
Meski digunakan bertanding banyak klub, rumput Maguwoharjo tetap akan sehat asalkan diberi waktu jeda yang cukup yaitu sekitar 3-4 hari. Waktu jeda itu diperlukan untuk peremajaan rumput agar tetap segar.
"Jadwal 1 hari dua match dari pengelola enggak masalah, yang penting ada jeda 3-4 hari. Kan butuh penyiraman dan peremajaan lagi. Bocoran jadwal belum ada," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk fasilitas lain, Tri menjelaskan perlu ada pembenahan, di antaranya tiang gawang, ruang ganti pemain, ruang wasit, dan ruang medis.
"Memang ada pembenahan sedikit dari tiang gawang, kami perlu baru. Tidak cuma cat. Fasilitas stadion ruang wasit dan ruang medis. Ya dicat lagi terus kelengkapan agar lebih tertata. Terutama ruang medis," katanya.
Sebelumnya, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menjelaskan PT LIB memastikan liga akan digulirkan tanpa penonton. Selain itu jadwal pertandingan juga disusun sesuai dengan durasi kompetisi.
Rumput Stadion Maguwoharjo Sudah Mulus, Siap untuk Liga 1 (633777)
Stadion Maguwoharjo. Foto: Instagram/@lestarindo_soccerfield
"Nanti yang jelas mudah-mudahanan bisa bejalan lancar di dua stadion ini akan stiap saat ada pertandingan. Contoh misal Persiraja berhomebase di sini bisa senagai home, bisa juga sebagai away. Misal nanti dia main dengan Persipura. Nah misal dia bisa sebagai home sebagai away," kata Sudjarno di Pemda DIY.
ADVERTISEMENT
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white