kumparan
27 Juli 2018 8:07

Tentang Polemik Kesetaraan Gender dalam Kabin Pesawat Barcelona

Sepak Bola Wanita
Ilustrasi sepak bola wanita. (Foto: Getty Images)
Kesetaraan gender telah jadi isu yang mencuat di era globalisasi ini. Hampir dalam segala aspek kaum wanita telah memperjuangkan hak-haknya agar selevel dengan pria. Dan sepak bola, jadi salah satu wadah bagi mereka untuk bisa melanjutkan eksistensi di mata dunia.
ADVERTISEMENT
Tak sedikit juga klub-klub yang mengorbitkan sepak bola wanita, Barcelona salah satunya. Sebagai salah satu klub terbesar di muka bumi, mereka juga telah mengembangkan sepak bola wanita dengan nama Barcelona Femení, yang terbentuk sejak 1988 silam.
Baru-baru ini kesetaraan dalam payung besar Barcelona itu sedang ramai diperbincangkan. Muasalnya tercipta saat tim sepak bola Blaugrana melakukan tur ke Amerika Serikat secara bersamaan.
Awalnya Barcelona mengunggah foto tim pria dan wanita berada dalam satu kabin yang sama, yakni kelas bisnis. Namun, kejanggalan terjadi karena para wanita tidak lagi terlihat di sana saat pesawat lepas landas.
Di sisi lain, beberapa anggota tim wanita yang mengunggah fotonya ke akun Instagram, terlihat berada di kabin yang berbeda. Usut punya usut, mereka berada di kabin ekonomi, tak seperti tim pria. Sontak insiden tersebut memicu polemik terkait kesetaraan gender dalam tubuh Barcelona.
ADVERTISEMENT
Alexia Putellas, salah satu penggawa Tim Wanita Barcelona buru-buru menyanggah asumsi tersebut.
"Ini adalah sesuatu yang menegaskan kembali komitmen Barca terhadap sepakbola wanita," kata Putellas kepada Mundo Deportivo.
Ia menjelaskan tentang agenda tur tim wanita dirancang mendadak, jadi klub mesti mengatur persiapan di menit-menit akhir. Pihak Barcelona juga mengungkapkan bahwa slot kursi kelas bisnis terbatas, itulah mengapa kemudian mereka menempatkan tim wanita di kelas yang berbeda.
"Barca adalah klub yang hebat dan turnya juga berjalan fantastis, (kami) bepergian dengan tim pertama dan berada di fasilitas sama bagusnya."
Kedua tim dijadwalkan akan menetap di Portland dari hingga (26/7/2018) dan bertolak ke Los Angeles antara (27/7) hingga (29/7). Sementara untuk agenda pertandingan, Luis Suarez dan kawan-kawan akan bersua Tottenham Hotspur di pentas International Champions Cup, sedangkan tim wanita akan meladeni SoCal FC di Women's Premier Soccer League.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan