kumparan
9 Apr 2019 20:02 WIB

Van Dijk: Kami Akan Merindukan Kehadiran Robertson

Bek Liverpool, Andrew Robertson. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Liverpool tengah bersiap untuk menumpas FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB. Di atas kertas, misi The Reds diprediksi bakal berjalan mulus mengingat mereka pernah menyingkirkan wakil Portugal itu dengan 5-0 pada babak 16 besar di edisi 2017/18.
ADVERTISEMENT
Dalam perspektif lainnya, Porto musim ini telah bangkit. Eksistensi mereka makin kentara setelah finis sebagai juara grup tanpa sekalipun kalah, plus keberhasilan menundukkan salah satu semifinalis musim lalu, AS Roma, di fase 16 besar lalu.
Namun, sudah seharusnya Liverpool tak minder akan pencapaian calon lawannya itu. Toh, mereka juga berhasil lolos dari grup maut yang berisi tim kuat macam Paris Saint-Germain dan Napoli. Pasukan Juergen Klopp juga berhasil mengenyahkan Bayern Muenchen di fase sebelumnya.
Satu-satunya hal yang perlu dikhawatirkan Liverpool adalah absennya Andrew Robertson lantaran suspensi. Eh, jangan buru-buru mengernyitkan dahi mendengarnya. Sebab kontribusi pemain yang digaet dari Hull City itu merupakan penyumbang assist terbanyak Liverpool di musim ini. Virgil van Dijk pun mengakui bila Liverpool bakal merindukan sosok Robertson nanti.
ADVERTISEMENT
"Tidak, kami tidak akan merindukannya sama sekali!" canda Van Dijk sebagaimana dilansir Goal.
"Tentu saja dia akan dirindukan. Kami telah bermain di barisan back-four dalam sebagian besar pertandingan (di musim ini)," lanjutnya dengan nada serius.
Robertson dan Klopp di akhir laga melawan Manchester United. Foto: Reuters/Carl Recine
Meski beroperasi sebagai full-back, Robertson tergolong aktif dalam prosesi serangan Liverpool. Prestasi teranyarnya tercipta di pekan 33 lalu, saat sukes menyumbang assist kepada Roberto Firmino--sekaligus jadi assist kesembilannya di Premier League musim ini.
Torehan Robertson itu hanya kalah dari Eden Hazard, Christian Eriksen, dan Ryan Fraser yang notabene merupakan gelandang kreatif di timnya masing-masing. Bila ditotal, pemain asal Skotlandia itu sudah mengemas 11 assist di seluruh ajang, menjadi pencapaian terbaik sepanjang kariernya.
ADVERTISEMENT
"Bagi saya pribadi, dia mengalami musim yang luar biasa. Dia adalah bek kiri terbaik di negeri ini. Kami pasti akan merindukannya, tetapi memang demikianlah adanya (dia mesti absen)," kata Van Dijk.
"Sekarang pemain lain perlu mengisi tempatnya dan saya sangat yakin semuanya akan baik-baik saja."
Besar kemungkinan Klopp akan memilih pemain serbabisa, James Milner, sebagai pengganti Robertson. Selain memiliki kemampuan bertahan yang oke, mantan penggawa Leeds United itu juga tergolong rajin dalam menciptakan peluang.
James Milner dan Roberto Firmino merayakan gol di laga vs Arsenal. Foto: Reuters/Matthew Childs
Menurut WhoScored, Milner telah mengukir rata-rata 1,9 umpan kunci dalam tiap pertandingannya di Liga Champions--kedua terbanyak setelah Trent Alexander-Arnold. Nama yang disebut belakangan juga bisa jadi opsi lain bagi Klopp, demi melicinkan jalur serangan dari sektor full-back. Toh, kredibilitas Alexander-Arnold sudah tak perlu diragukan lagi karena sudah menyumbang 7 assist untuk Liverpool di musim ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan