Wiegman In, Jorge Vilda Out: Daftar Nominasi Pelatih Wanita Terbaik FIFA 2023

15 September 2023 17:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Timnas Wanita Belanda, Sarina Wiegman. Foto: FRANCK FIFE / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Timnas Wanita Belanda, Sarina Wiegman. Foto: FRANCK FIFE / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
FIFA baru saja merilis daftar nominasi pelatih wanita terbaik 2023 pada Kamis (14/9) malam WIB. Ada lima nama yang masuk dalam kategori tersebut.
ADVERTISEMENT
Dari lima nominasi yang ada, tiga di antaranya adalah pelatih timnas yang menakhodai timnya di Piala Dunia Wanita 2023. Sedangkan, dua lainnya adalah pelatih klub.
Dalam The Best FIFA Football Awards 2023, untuk kategori wanita, penilaian yang diambil FIFA mengacu performa dari 1 Agustus 2022 hingga final Piala Dunia Wanita 2023 pada 20 Agustus lalu. Sementara itu, di kategori pria, penilaian dihitung dari 19 Desember 2022 sampai 20 Agustus 2023.
Dari lima daftar yang ada, FIFA tak mencantumkan pelatih yang berhasil membawa Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita 2023, Jorge Vilda. Pelatih 42 tahun itu memang berhasil membawa anak asuhnya meraih trofi tertinggi, namun permasalahan di luar lapangan bisa jadi pertimbangan lain bagi FIFA.
ADVERTISEMENT
Berikut lima nominasi Pelatih Wanita Terbaik 2023 yang dirilis oleh FIFA:
Pelatih Timnas Wanita Inggris Sarina Wiegman saat final Piala Dunia Wanita 2023. Foto: Carl Recine/REUTERS

1. Sarina Wiegman (Timnas Inggris)

Dalam setahun terakhir, Sarina Wiegman memang sukses menangani Timnas Wanita Inggris dengan apik. Ia berhasil membawa The Lionesses menjuarai Piala Eropa Wanita 2022 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.
Terbaru, Wiegman juga mengantar Inggris untuk kali pertama ke final Piala Dunia Wanita. Itu menjadikannya pelatih pertama yang berhasil mengantar dua timnas ke final Piala Dunia Wanita—sebelumnya Wiegman membawa Belanda ke final edisi 2019.

2. Peter Gerhardsson (Timnas Swedia)

Pelatih 64 tahun itu berhasil membawa Swedia melangkah jauh di Piala Dunia Wanita 2023. Ia memimpin pasukannya menumbangkan jawara bertahan, Amerika Serikat, dan tim yang superior di fase grup, Jepang.
Namun, langkahnya terhenti di semifinal oleh Spanyol yang menjadi juara. Di perebutan juara ketiga, Gehardsson mampu membawa Blagult menumbangkan tuan rumah Australia dan berhak atas medali perunggu.
ADVERTISEMENT

3. Jonatan Giraldez (Barcelona)

Kepiawaian Jonatan Giraldez menjadi juru taktik Barcelona Wanita memang patut diacungi jempol. Dalam setahun terakhir, ia berhasil mempersembahkan tiga trofi bagi Blaugrana, antara lain yakni Liga Champions Wanita 2022/23, Liga F 2022/23, dan Supercopa Spanyol 2023.
Pelatih Timnas Wanita Australia Tony Gustavsson saat melawan Swedia pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Brisbane, Brisbane, Australia, Sabtu (19/8/2023). Foto: Patrick Hamilton / AFP

4. Tony Gustavsson (Timnas Australia)

Juru latih asal Swedia itu berhasil membawa Australia meraih prestasi terbaiknya di Piala Dunia Wanita. Gustavsson memimpin Matildas melangkah jauh hingga perebutan tempat ketiga, meski akhirnya dikalahkan Swedia dengan skor 2-0.
Emma Hayes. Foto: Jonathan NACKSTRAND / AFP

5. Emma Hayes (Chelsea)

Tak banyak pelatih wanita yang konsisten membuat timnya bertahan di level tertinggi. Namun, Emma Hayes berhasil menjadi salah satunya.
Hayes, yang menukangi Chelsea sejak 2012, pada musim lalu berhasil membawa The Blues memenangi FA Women's Super League 2022/23 dan Piala FA 2022/23. Selain itu, ia juga membawa Chelsea ke semifinal Liga Champions Wanita di musim yang sama.
ADVERTISEMENT
Para pecinta sepak bola bisa turut andil dalam menentukan pemenang melalui voting di laman FIFA yang dimulai sejak 14 September hingga 6 Oktober mendatang. Selain suporter, penilaian juga melibatkan pelatih dan kapten timnas serta jurnalis dari berbagai penjuru dunia.