Food & Travel
·
11 Juni 2021 18:14
·
waktu baca 2 menit

3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini (160694)
Makanan di Ampera 2 Tak Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/kumparan
Kamu pencinta masakan ala Sunda, mungkin sudah tak asing lagi dengan Rumah Makan (RM) Ampera 2 Tak di Cikini. Yup, enggak perlu jauh-jauh ke Bandung atau daerah Jawa Barat lainnya, kalau kamu sekadar pengin menikmati masakan ala Sunda. Sebab, rumah makan di Jakarta Pusat ini termasuk yang legendaris dan favorit buat penikmat sambal atau sayur asem khas Sunda.
ADVERTISEMENT
Soal rasa dan kualitas masakan sudah tak perlu diragukan. Pengunjung bisa menikmati menu rumahan yang dapat diambil secara prasmanan. Harganya pun terjangkau, bahkan terkesan murah meriah; yakni sekitar Rp 3-17 ribu. Wajar, kalau tempat makan ini selalu ramai pengunjung. Bahkan, di jam-jam tertentu kamu harus rela antre.
Nah, selain itu, kumparan telah merangkum alasan menarik mengapa Ampera 2 Tak layak untuk kamu kunjungi. Yuk, simak selengkapnya, mungkin juga tempat makan ini bisa jadi rekomendasi kuliner baru buat kamu.

1. Telah buka sejak 13 tahun lalu

3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini (160695)
Makanan di Ampera 2 Tak Foto: Toshiko/kumparan
Rumah Makan Ampera 2 Tak kini sudah berusia sekitar 13 tahun. Mereka buka dari tahun 2008, spesial menyajikan hidangan Sunda yang autentik. Bahkan, tempat makan ini menempati model bangunan yang kental dengan suasana rumah makan di Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Ruangannya punya suasana ala Jawa Barat yang begitu melekat. Dindingnya menggunakan anyaman bambu. Ditambah ada tiang-tiang kayu sebagai penyangga atap. Membuat pelanggan merasakan sensasi bersantap di rumah makan tradisional ala Sunda yang sesungguhnya.

2. Melayani 24 jam

3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini (160696)
Aneka lauk di Ampera 2 Tak Foto: Toshiko/kumparan
Kalau sedang lapar di tengah malam dan tidak tahu ingin menyantap apa? Mungkin Ampera 2 Tak bisa jadi penyelamatnya. Mereka tersebar di berbagai sudut kota Jakarta. Ada di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, hingga Jakarta Barat.
Lantaran waktu bukanya sampai 24 jam, maka pengunjung banyak berdatangan hingga larut malam, bahkan dini hari. Semakin larut, semakin banyak pula pengunjung antre untuk bisa makan di sana.

3. Menu sayur asem dan sambal cobek yang juara

3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini (160697)
Sayur asam Ampera 2 Tak Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/kumparan
Jika kamu mampir ke Ampera 2 Tak, wajib sekali untuk pesan sayur asem dan sambal cobeknya. Kenikmatan sayur asem dengan kuah kental dan oranye, punya rasa yang begitu segar. Ditambah potongan jagung manis, melinjo, nangka muda, sampai kacang panjang yang lembut. Kuahnya pun khas sayur asem ala Sunda, yang asam-manis.
ADVERTISEMENT
Lalu, ada juga sambal cobek spesial yang jadi primadona. Sajian sambal di Ampera 2 Tak ini tidak kalah sedap. Mereka baru akan membuat sambal bila ada yang memesan. Sambalnya terdiri dari campuran cabai dan tomat segar, diulek ketika masih mentah. Kemudian, disajikan langsung dalam cobek. Membuat rasanya begitu menggugah selera.
3 Hal yang Bikin Kamu Pengin Mampir Makan ke RM Ampera 2 Tak di Cikini (160698)
Aneka ikan di Ampera 2 Tak Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/kumparan
Tidak hanya itu saja, sesuai namanya yakni rumah makan Ampera, maka aneka lauk-pauknya akan dipajang dan pelanggan bisa puas memilih langsung. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, ati-ampela, tahu, tempe, lalapan, petai, dan lauk rumahan lainnya.
Bagaimana, sudah cukup tertarik makan di Ampera 2 Tak dan cicipi semua makanan enaknya?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya