4 Tips Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging agar Tidak Bau Amis

19 Juli 2021 9:02
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
4 Tips Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging agar Tidak Bau Amis (3277)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memotong daging dengan pisau. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Bau tak sedap yang menempel pada pisau atau beberapa peralatan masak lain memang mengganggu. Hal ini dapat terjadi ketika kita tak membersihkan alat masak secara asal. Terlebih saat selesai memotong daging, tidak jarang bau amis hingga lemaknya masih menempel meski sudah dicuci.
ADVERTISEMENT
Sebuah studi di Universitas Georgia pernah menguji seberapa berbahayanya peralatan dapur yang kotor bagi kesehatan. Mengutip Home Cook World, tim peneliti menemukan bakteri dan mikroorganisme dalam peralatan masak dapat dengan cepat menyebar dari satu makanan ke makanan lainnya. Hal ini pun bisa memicu keracunan makanan akibat menggunakan alat dapur yang terkontaminasi bakteri; semacam Salmonella atau E. coli.
Oleh karena itu, membersihkan pisau ataupun parutan makanan menjadi sangat penting dan tidak boleh sembarang dilakukan. Jika tidak sesuai prosedur, maka kedua alat mampu menyebarkan mikroorganisme dan bakteri ke makanan.
Nah, supaya kamu tidak bingung, cara membersihkan pisau usai memotong daging, berikut kumparanFOOD rangkum beberapa tipsnya. Yuk disimak, siapa tahu berguna saat masak makanan Idul Adha di rumah.
ADVERTISEMENT
Tips Membersihkan Pisau Usai Memotong Daging agar Tidak Bau Amis
Supaya kamu tidak bingung, cara membersihkan pisau usai memotong daging, berikut kumparanFOOD rangkum beberapa tipsnya. Yuk, disimak selengkapnya!
1. Cuci langsung dengan tangan
Seringkali kita langsung menggunakan spons guna membersihkan pisau. Sayangnya, cara tersebut bikin bau daging kerap masih tercium. Maka dari itu, sebaiknya gunakan tangan terlebih dahulu ketika membersihkan pisau. Oleskan sabun ke permukaan pisau lalu beri sedikit air. Gosok secara perlahan dan merata dengan tangan. Setelahnya, diamkan dahulu sekitar satu sampai dua menit agar wangi sabun dapat menempel lekat di permukaan pisaunya. Terakhir, pastikan kamu membilas pisau dengan air bersih dan mengalir.
2. Bersihkan secara perlahan
Selanjutnya, saat membersihkan peralatan dapur satu itu, kita perlu ekstra pengamanan. Sebab, bagian ujung pisau mempunyai sudut yang cukup tajam. Bila kita tak hati-hati saat mencuci pisau, kemungkinan tangan bisa terluka. Oleh karenanya, penting untuk selalu berhati-hati dan bersihkan secara perlahan saja. Sebisa mungkin, saat mencuci bagian ujung pisau yang tajam gunakan spons supaya lebih aman. Alternatif lainnya, bisa juga letakkan di atas permukaan yang rata kemudian bersihkan satu per satu ujung pisau yang tajam tersebut.
3. Rendam pisau secepatnya
Usahakan jangan pernah menyisakan makanan kering di permukaan pisau. Begitupun usai memotong daging, hal ini hanya membuat bau pisau jadi tak sedap dan amis. Bila bekas makanan tersebut tidak bisa hilang, sebaiknya langsung rendam pisau secepatnya. Mengutip The Kitchn, tips satu ini membantu bekas makanan membandel di pisau cepat luntur. Rendam dalam air panas selama kurang lebih satu menit saja. Jika direndam terlalu lama, maka dikhawatirkan pisau mudah berkarat atau gagangnya jadi melengkung.
4. Keringkan pisau dengan handuk
Tips terakhir yakni mengeringkan pisau dengan baik dan benar. Setelah digosok, dicuci, dibilas, maupun direndam, wajib sekali untuk langsung mengeringkan pisau. Umumnya, setelah memotong daging, bau amis di pisau kerap bertahan cukup lama. Sesaat usai dicuci, usahakan langsung keringkan permukaan pisau. Selain membuat baunya cepat hilang, cara ini juga mencegah pisau agar tidak berkarat.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020