Food & Travel
·
20 Mei 2020 22:30

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939943)
searchPerbesar
Kopi Foto: Shutter Stock
Selama berada #dirumahaja, kita masih bisa menikmati secangkir kopi dengan cita rasa ala kafe menggunakan berbagai peralatan seduh rumahan --home brew. Cara memakainya pun sangat mudah dan enggak ribet, misalnya French press, Aeropress, atau bahkan alat penyeduh kopi otomatis. Tinggal sedia persediaan biji kopi, kebutuhan kafein kita tiap hari pun tetap terpenuhi.
ADVERTISEMENT
Namun terkadang, cita rasa dari kopi yang kita buat sendiri terasa amat pahit, dan terasa kurang enak saat disesap. Padahal, takaran bubuk kopi dan air yang kita pakai sudah dirasa seimbang, tapi kenapa bisa demikian?
Sejatinya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kopi seduhanmu terasa terlalu pahit. Berikut ini telah kumparan rangkum, lima alasan kenapa kopi seduhanmu bercita rasa pahit, di antaranya:

1. Menyeduhnya terlalu lama

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939944)
searchPerbesar
Ilustrasi french press Foto: Shutter Stock
Bila menggunakan metode French press atau Aeropress, bisa jadi kamu merendam kopi terlalu lama. Akibatnya, kopi jadi terasa terlalu pahit. Kondisi ini disebut juga dengan istilah over-extraction.
Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang pas, coba kurangi waktu perendamannya. Misalnya, kalau biasa menyeduh menggunakan French press selama 6 menit, coba kurangi jadi 4 menit dan lihat apakah cita rasanya jadi lebih baik.
ADVERTISEMENT

2. Peralatan yang kotor

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939945)
searchPerbesar
Coffee maker Foto: Shutter Stock
Selalu bersihkan peralatanmu secara menyeluruh tiap selesai membuat kopi. Untuk French press, membilasnya dengan air bersih sudah cukup, tapi selalu pastikan untuk membersihkan bagian saringannya juga.
Bila memakai mesin kopi otomatis, cuci dengan cara menggunakannya untuk menyeduh air bersih. Lakukan setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan bau apek dari kopi bekas kemarin.
Kalau perlu, langsung bilas bagian filter dan teko mesin kopi menggunakan air panas segera setelah digunakan. Sebab, bekas kopi yang sudah mengering dan menempel di permukaan mesin kopi akan lebih sulit dibersihkan.

3. Ukuran giling bubuk kopi dan metode seduh yang dipakai tak cocok

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939946)
searchPerbesar
Ilustrasi kopi manual brew Foto: dok.shutterstock
Dilansir Homegrounds, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi. Salah satunya, menyesuaikan ukuran giling biji kopi dengan metode seduh yang akan kita gunakan.
ADVERTISEMENT
Misalnya, metode seduh French press sebaiknya memakai biji kopi yang digiling kasar, sedangkan mesin kopi otomatis lebih cocok dengan biji kopi yang digiling medium to fine.
Sebagai acuan, biji kopi yang digiling halus akan menghasilkan lebih banyak cita rasa, namun juga menghasilkan lebih banyak rasa pahit. Sebaliknya, biji kopi yang digiling kasar akan terasa lebih ringan dan manis.

4. Menggunakan biji kopi yang sudah lama

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939947)
searchPerbesar
Ilustrasi biji kopip Foto: Shutter Stock
Faktor lain yang membuat kopi buatanmu terasa sangat pahit bisa jadi disebabkan karena beans yang sudah lama dan apek. Biji kopi yang kita simpan memang tak busuk, namun tingkat kesegarannya tak akan bertahan lama.
Beans yang terlalu lama akan kehilangan aromanya dan cenderung apek. Selain itu, biji kopi yang sudah lama ini juga akan menghasilkan rasa pahit ketika diseduh.
ADVERTISEMENT
Kalau punya grinder sendiri di rumah, belilah beans yang masih berbentuk biji, dan konsumsi selama satu hingga dua minggu. Giling biji kopi saat kamu baru akan mengonsumsinya.. Selain itu, selalu pindahkan kopi (baik bubuk atau biji) dari kemasan aslinya dan simpan dalam wadah kedap udara supaya lebih awet.

5. Temperatur air yang dipakai untuk menyeduh kurang pas

5 Alasan Kenapa Kopi Buatanmu Rasanya Terlalu Pahit (939948)
searchPerbesar
Menyeduh kopi secara manual di Black Eye Coffee & Roastery di Bedugul, Bali. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Tahukah kamu, temperatur air yang digunakan untuk menyeduh kopi juga bisa mempengaruhi cita rasanya, lho. Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah 90,5 hingga 96 derajat Celsius. Makin mendekati suhu 96 derajat akan semakin baik, sebab rasa pahit akan makin terasa bila air yang dipakai lebih dingin.
Salah satu tips mendapatkan suhu air yang pas kalau tak punya termometer adalah merebusnya hingga mendidih, lalu diamkan selama 30 detik. Selain itu, gunakan air mineral botolan atau air galon supaya kopi tak tercampur dengan rasa lainnya.
ADVERTISEMENT