kumparan
27 Desember 2019 15:48

5 Makanan yang Ampuh Pudarkan Bekas Jerawat dan Luka di Wajah

Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan bekas jerawat. Foto: Shutterstock
Bekas jerawat, luka, atau cacar yang muncul di wajah tentu kerap membuat tak nyaman dan mengganggu penampilan. Noda pada wajah tersebut juga bisa membuat kepercayaan diri jadi menurun.
ADVERTISEMENT
Meski tak bersifat permanen, namun bekas jerawat atau luka tersebut bisa bertahan hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Nah, selain mengoleskan salepmenggunakan skin care, atau menggunakan concealer bekas jerawat atau luka juga bisa cepat pudar dengan mengonsumsi makanan tertentu.
Berikut telah kumparan rangkum 5 makanan yang bisa memudarkan bekas jerawat dan bekas luka, di antaranya:
1. Ikan salmon
Ilustrasi ikan salmon
Ilustrasi ikan salmon. Foto: Shutter Stock
Jenis ikan seperti salmon, ikan teri, sarden, dan makarel sangat baik untuk kesehatan kulit, khususnya memudarkan bekas jerawat dan luka. Sederet ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 serta kaya antioksidan, yang bisa membantu mengurangi inflamasi pada kulit.
Bukan itu saja, ikan salmon juga mengandung astaxanthin yang dibutuhkan tubuh agar kulit tetap lentur, lembap, serta dapat menyamarkan garis-garis halus yang muncul akibat penuaan.
ADVERTISEMENT
2. Ubi
Ubi
Ubi Foto: Pixabay
Enggak cuma kalorinya yang rendah dan aman disantap oleh penderita diabetes, ubi juga bermanfaat dalam menyamarkan bekas jerawat dan luka. Sebab, umbi-umbian yang satu ini mengandung retinol yang bisa meningkatkan regenerasi kulit, membuat bekas luka sembuh lebih cepat.
Selain itu, menurut American Academy of Dermatology (AAD), retinol dapat membantu mengobati dan mencegah jerawat yang meradang.
3. Kale
KALE
Manfaat kale untuk perawatan kecantikan. Foto: Shutterstock
Ingin bekas jerawat dan luka cepat sirna, serta punya kulit yang tampak merona? Coba tambahkan kale sebagai asupan harianmu. Sayuran hijau ini kaya akan nutrisi, salah satunya antioksidan yang mampu menutrisi kulit.
Menurut sebuah studi dalam jurnal PLOS One, konsumsi dua hingga tiga porsi buah dan sayuran (termasuk kale) secara rutin, selama enam minggu, akan menciptakan perubahan warna kulit menjadi lebih cerah dan menarik.
ADVERTISEMENT
Kandungan nutrisi dan mineral pada kale, sangat baik untuk mengurangi hyperpigmentasi kulit, mencegah timbulnya perbedaan warna akibat bekas jerawat atau luka.
4. Brokoli
Ilustrasi brokoli
Ilustrasi brokoli Foto: Pixabay
Sama seperti kale, brokoli juga mengandung berbagai vitamin; mulai dari vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sederet vitamin tersebut berperan penting dalam meningkatkan kelenturan dan kesehatan kulit, serta meremajakan sel kulit yang mati.
Tak hanya itu, brokoli juga mengandung asam lemak omega-3, kalsium dan folat yang bisa membantu proses penyembuhan serta mengaktifkan sel kulit. Bahkan, kadar vitamin C di dalamnya berfungsi untuk membentuk kolagen.
5. Kacang almond
Ilustrasi kacang almond
kacang almond Foto: Shutterstock
Berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang mede mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik bagi kulit. Kombinasi keduanya dapat melindungi kulit wajah dari bahaya radikal bebas.
ADVERTISEMENT
Almond juga bisa membantu menghidrasi kulit dari dalam. Bila dikonsumsi secara rutin, almond dapat menyembuhkan bekas jerawat dan luka di wajah, mengurangi kerutan, hingga flek hitam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan