Food & Travel
·
9 Agustus 2021 9:20
·
waktu baca 2 menit

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200520)
searchPerbesar
kombucha Foto: Shutterstock
Kombucha merupakan salah satu ragam dari jenis minuman fermentasi yang menyehatkan. Meski dianggap sebagai pendatang baru dari jajaran minuman tersebut, ternyata kombucha sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dulu, banyak orang meminumnya karena manfaat yang begitu baik untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Eat This, minuman satu ini sejatinya melalui proses fermentasi. Kombucha sering disamakan dengan minuman bir, namun jauh lebih sehat. Belakangan ini, cairan fermentasi yang punya aroma kuat itu marak dikonsumsi. Walau rasanya sangat asam, kendati mereka mengincar manfaat dari kombucha itu sendiri.
Nah, membicarakan tentang manfaatnya, kamu jadi penasaran, bukan apa saja yang bisa diperoleh tubuh bila rutin minum kombucha? Jangan khawatir, sebelum kamu memutuskan mengonsumsinya, sebaiknya baca dulu beberapa manfaatnya berikut ini.

1. Menyehatkan pencernaan

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200521)
searchPerbesar
Ilustrasi sakit perut. Foto: Getty Images
Adanya rasa asam yang mendominasi kombucha, membuat minuman ini menjadi sangat baik untuk pencernaan. Lantaran proses pembuatannya melalui fermentasi, maka kombucha dapat menghasilkan untaian bakteri, termasuk asam laktat.
Jenis asam laktat memiliki sifat probiotik. Seluruh makanan dan minuman yang bersifat probiotik dapat menyehatkan pencernaan serta usus. Dengan meminumnya setiap hari, bakteri buruk dapat terbuang dari dalam tubuh, dan usus pun bersih.
ADVERTISEMENT

2. Merawat kesehatan hati

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200522)
searchPerbesar
Ilustrasi serat kombucha Foto: dok.Shutterstock
Mengonsumsi kombucha bisa jadi asupan yang bermanfaat bagi penderita hati atau liver. Penelitian Pharmaceutical Biology tahun 2015 menjelaskan kalau teratur minum cairan fermentasi ini mampu mengurangi racun dalam tubuh. Setidaknya, kombucha membantu mengurangi risiko paparan penyakit liver dan membersihkan racun-racun jahat di tubuh.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200523)
searchPerbesar
Ilustrasi minum teh. Foto: Shutterstock
Sifat asam asetat yang dimiliki segelas kombucha sangat baik bagi kesehatan. Meskipun rasanya memang dominan asam, sedikit berbusa, serta baunya cukup kuat, namun bila rutin menenggak minuman sehat satu ini cukup mendukung kekebalan tubuh. Sifat asam tersebut mampu membasmi bakteri jahat, dengan begitu imunitas pun akan meningkat.

4. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200524)
searchPerbesar
Ilustrasi wanita menimbang berat badan. Foto: Shutter Stock
Dari sekian banyak minuman herbal penurun berat badan, kombucha dinilai menjadi salah satu yang paling efektif. Guna mendukung proses diet itu sendiri, sangat disarankan untuk memasukkan kombucha dalam menu sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Menurut Nutritions Journal tahun 2000 kombucha dapat membakar kalori cukup banyak, sama seperti teh hijau. Mengkombinasikan keduanya bukanlah hal yang buruk, justru membantu mengecilkan lingkar pinggang sekaligus menyehatkan usus.

5. Mencegah tubuh dari diabetes tipe 2

5 Manfaat Rutin Minum Kombucha, Teh Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Hati (200525)
searchPerbesar
com-Ilustrasi diabetes. Foto: Shutterstock
Bukan sekadar membantu proses diet. Ketika kombucha diseduh dengan teh hijau, nyatanya minuman ini bisa mencegah tubuh dari serangan diabetes tipe 2. Kombucha memiliki sifat probiotik, lalu ditambah teh hijau yang bantu meminimalisasi kadar gula darah.
Melalui studi jurnal PubMed 2015, menemukan kombucha cukup efektif tingkatkan fungsi hati, ginjal, serta mengurangi tingkatan gula darah. Bagi siapa pun yang punya riwayat penyakit diabetes, agaknya mengonsumsi teh kombucha bisa membantu tubuh mengurangi risiko diabetes.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020