kumparan
Food & Travel23 Mei 2020 11:57

5 Rekomendasi Olahan Sarden untuk Lebaran

Konten Redaksi kumparan
Ikan Sarden
Ikan Sarden Foto: Shutter Stock
Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang cukup akrab di lidah masyarakat Indonesia. Hadirnya ikan sarden kalengan bikin kita bisa banyak berkreasi, termasuk membuat olahan sarden untuk Lebaran #dirumahaja.
ADVERTISEMENT
Apalagi buat kamu yang enggak sempat menikmati makanan khas ala Lebaran di kampung halaman, jangan bersedih, masak sarden sebagai teman makan ketupat juga enak, kok.
Bukan hanya praktis, dikutip dari Boldsky, sarden juga kaya akan mineral, protein, omega-3, dan beragam vitamin yang tentunya dibutuhkan tubuh. Jadi, selain makan enak dan praktis saat Lebaran #dirumahaja, nutrisi tubuhmu juga tetap terjaga.
Yuk, langsung coba lima olahan sarden untuk Lebaran istimewa dan praktis di rumah:

1. Sarden kremes

Sarden ABC
Sarden ABC Foto: Dok. HEINZ Sarden ABC
Menikmati ketupat dengan ayam kremes mungkin sudah bosan, ya, tapi bagaimana kalau diganti dengan sarden? Yup, sarden juga bisa, lho disajikan bersama kremesan kriuk nan gurih.
Selain praktis, menu ini juga cocok buat kamu yang tak selera dengan makanan pedas namun ingin tetap yang bergizi. Misalnya dengan menggunakan sarden ABC yang kaya protein dan B12, kamu bisa tetap #masaksehatalasardenABC saat Lebaran #dirumaaja.
ADVERTISEMENT

2. Sarden kentang balado

Balado Sarden.
Balado Sarden. Foto: Dok. HeinzABC
Alih-alih bikin sambal goreng kentang dan ati, kamu juga bisa menggantinya dengan sarden. Terbilang lebih hemat dan praktis, makanan ini juga cocok dinikmati sebagai menu Lebaran, lho.
Caranya, siapkanlah satu kaleng sarden ABC varian saus cabai, tujuh buah cabai merah, empat siung bawang merah, satu siung bawang putih, 1/4 terasi bakar, satu batang daun bawang, sebuah kentang, garam, merica, dan bumbu penyedap sesuai selera.
Selanjutnya, goreng kentang yang telah dipotong dadu, sisihkan. Kemudian, tumis semua bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan kentang dan sarden ABC. Aduk sebentar saja, jadilah sarden kenyang balado untuk teman makan ketupat lebaran.

3. Nasi kari sarden

Kreasi ikan sarden ABC.
Kreasi ikan sarden ABC. Foto: HEINZ-SARDEN ABC
Sulit untuk membuat ketupat sendiri, kamu bisa, kok menyajikan nasi kari sarden sebagai sajian Lebaran istimewa. Terlebih buat kamu yang enggak bisa kembali ke kampung halaman dan sekarang hanya tinggal di kosan, enggak ada salahnya menyajikan nasi kari murah-meriah namun bergizi ini.
ADVERTISEMENT
Terlebih ikan sarden mengandung kalsium, omega-3, omega-6, dan vitamin B-12. Nutrisi baik tersebut juga terkandung dalam sarden ABC. Dengan menyajikannya menjadi nasi kari sarden, selain nikmat kamu juga bisa tetap menjaga daya tahan tubuh selama Lebaran di tengah pandemi ini.

4. Sarden saus padang

ikan
Sarden saus padang ABC Foto: dok.HeinzABC
Enggak punya budget untuk bikin lauk menikmati ketupat lantaran tinggal di apartemen? Jangan khawatir, kamu bisa membuat sarden saus padang dengan bahan murah-meriah, dan tentunya bercita rasa lezat.
Kamu perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, serai, bawang bombay, jahe, cabai rawit, lengkuas, daun bawang, daun kunyit, daun jeruk, minyak, garam, dan merica secukupnya.
Tumis semua bumbu, masukkan satu kaleng sarden ABC saus tomat, garam, dan merica secukupnya. Aduk-aduk, beri taburan irisan daun bawang, dan voila! Jadilah olahan sarden untuk menu Lebaran yang istimewa dan praktis teman menyantap ketupat.
ADVERTISEMENT

5. Mi tomat sarden

Heinz ABC
Ilustrasi mi dengan sarden. Foto: Dok. Heinz ABC
Tahukah kamu? Kalau bosan makan ketupat dengan opor ayam atau rendang daging saat perayaan Lebaran, kamu bisa menggantinya dengan sarden, lho. Misalnya dengan membuat mi tomat sarden. Campuran mi dan tumisan sarden varian saus tomat akan tetap terasa nikmat dan mengenyangkan.
Apalagi kalau kamu pakai sarden ABC saus tomat, kamu tinggal menumisnya tanpa repot menambahkan bumbu lain. Soalnya saus tomatnya sudah terdiri dari bumbu segar nan menggugah selera. Usai menumis sarden kamu hanya perlu menjadikannya topping di atas minya. Menarik, kan?
Jadi, bila kamu tak sempat bikin ketupat atau masak rendang serta opor untuk Lebaran kali ini, enggak akan jadi masalah. Sebab, menikmati sarden sebagai menu Lebaran juga enggak kalah menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Apalagi kalau kamu menggunakan sarden ABC yang kaya asam lemak sehat omega-3, omega-6, protein, dan kalsium, kamu tetap bisa #masaksehatalasardenABC meski hanya berlebaran #dirumahaja.
Nah, Kira-kira, dari kelima rekomendasi olahan sarden untuk Lebaran di atas mana yang paling pengin kamu coba?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.