Food & Travel
·
23 November 2018 12:22

5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20398)
Fast food (Foto: Pixabay)
Deretan restoran yang menghadirkan makanan cepat saji kini menjadi pemandangan yang lumrah dijumpai di kota-kota besar. Didominasi franchise asal luar negeri, menu praktis yang disajikan serba cepat seperti ayam goreng atau burger menjadi pilihan banyak orang dengan segudang akivitas.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, masih ada juga beberapa orang yang khawatir terhadap bahan-bahan yang digunakan oleh restoran cepat saji tersebut. Apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim, selain bahan pembuatnya, salah satu jaminan kehalalan suatu makanan biasanya ditentukan oleh adanya sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Bagi kamu yang masih ragu, berikut kumparanFOOD sajikan 5 referensi restoran cepat saji bersertifikasi halal yang bisa dikunjungi.
1. Kentucky Fried Chicken
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20399)
Kentucky Fried Chicken (KFC) (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)
Kentucky Fried Chicken atau lebih akrab dengan sebutan KFC hampir bisa dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Berasal dari Amerika Serikat, restoran cepat saji ini menyajikan menu ayam goreng tepung dan kentang goreng sebagai andalannya.
Perpaduan ayam bertepung renyah, kentang goreng, dan soda memang sangat cocok disantap di tengah sibuknya pekerjaan. Selain ayam goreng, restoran bermaskot Kolonel Sanders ini juga menyediakan menu lain seperti burger, rice box, es krim, dan aneka dessert.
ADVERTISEMENT
2. McDonald's
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20400)
Ilustrasi McDonalds (Foto: Instagram @mcdonalds)
McDonald's merupakan salah satu fast food favorit keluarga karena varian menunya yang cocok untuk segala umur. Tak hanya aneka burger saja yang menjadi andalan, McDonald's juga menyediakan menu lain yang bervariasi.
Mulai dari menu paket Big Mac dan ayam goreng bertepung pedas, hingga paket Happy Meal yang terdiri dari burger atau ayam berukuran kecil dan mainan kesukaan anak-anak. Menariknya, restoran yang identik dengan warna merah dan kuning ini juga menyediakan aneka minuman seperti soda, float, es krim, hingga McFlurry yang sangat populer.
3. A&W Restaurant
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20401)
A&W (Foto: Flickr/Papoism)
Masuk ke Indonesia sejak 1985, A&W Restaurant menyediakan menu ayam goreng tepung dan burger sebagai andalannya. Namun berbeda dengan KFC atau McDonald's, ayam goreng tepung ala restoran asal California ini terkenal dengan bumbu dan aromanya yang kuat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, salah satu ciri khas A&W adalah minuman bernama root beer yang selalu menjadi pelengkap menu makanannya. Jangan khawatir, meski bernama beer, minuman ini sebenarnya terbuat dari soda yang ditambah perasa dari tanaman sarsaparilla sehingga tidak memiliki kandungan alkohol.
4. Pizza Marzano
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20402)
Pizza Marzano halal (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)
Pizza Marzano bisa dibilang sebagai pendatang baru di daftar restoran halal Indonesia. Sebab restoran asal Inggris ini baru saja terdaftar sebagai restoran bersertifikat halal pada pertengahan November 2018 lalu.
Sesuai namanya, Pizza Marzano menyediakan aneka jenis pizza berkulit tipis khas Italia yang cocok disantap beramai-ramai. Selain itu, masih ada beragam sajian ala Italia lainnya seperti pasta, lasagna, salad nan segar, hingga dessert bercita rasa manis.
ADVERTISEMENT
5. The Halal Guys
5 Restoran Fast Food Halal yang Ada di Indonesia (20403)
The Halal Guys (Foto: Instagram @thehalalguys)
Sesuai namanya, awalnya The Halal Guys merupakan warung kaki lima pertama yang menyediakan sajian serba halal di New York. Seiring kepopulerannya, franchise ini pun menyebar ke negara lain, tak terkecuali Indonesia. Bisa dijumpai di Grand Indonesia dan Senayan City Jakarta, franchise ini menyediakan menu ala Timur Tengah seperti chicken atau beef gyro yang disajikan bersama topping white sauce dan hot sauce. Seluruh menu lalu disajikan bersama salad segar, roti pita, dan nasi basmati yang gurih kaya rempah.