Food & Travel
·
20 April 2020 18:41

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4192)
Ilustrasi menyimpan bahan makanan Foto: dok.shutterstock
Pandemi telah membuat banyak orang harus berada #dirumahaja dan mengurangi kegiatan di luar rumah semaksimal mungkin. Untuk meminimalisir aktivitas ke luar, salah satu cara yang sering dilakukan adalah menyetok bahan makanan untuk satu hingga dua minggu ke depan.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, dengan keterbatasan tempat di kulkas dan beberapa bahan makanan segar yang cepat busuk, kita jadi tak bisa lama-lama menyimpannya. Lalu, apa yang harus dilakukan?
Konsep yang diterapkan oleh koki kapal pesiar sejatinya bisa kita adaptasi selama #dirumahaja. Mereka harus menyiapkan makanan dengan bahan yang ada ketika kapal sudah berlayar.
Berikut ini beberapa tips dari koki kapal pesiar supaya persediaan bahan makanan kita tak cepat habis dan bisa lebih awet. Apa saja?

1. Simpan persediaan makanan yang bervariasi

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4193)
rosemary Foto: Shutterstock
Menurut Sanjay Dhall, direktur senior culinary arts and food operations dari Carnival Cruise Line seperti dilansir Insider, kita harus menyetok bahan makanan basic. Misalnya, pasta tomat, saus sambal, merica, pasta miso, ikan teri, rempah kering, garam, pasta kering, dan minyak zaitun.
ADVERTISEMENT
Berbagai bahan tersebut memiliki profil cita rasa dasar; manis, gurih, dan umami. Karakter rasa tersebut bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang tak membosankan.

2. Beli bahan-bahan yang sudah kamu tahu

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4194)
Tempe Foto: Shutter Stock
Buatlah daftar belanja berisi bahan makanan umum yang sudah kamu tahu dan sering buat. Meski terlihat menarik, hindari untuk membeli bahan-bahan yang jarang kamu masak.
Sebab, belum tentu kamu atau anggota keluarga lainnya menyukai cita rasanya, dan ujung-ujugnya malah akan terbuang ke tempat sampah.

3. Beli produk makanan yang bentuknya masih utuh

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4195)
Kembang kol Foto: Pixabay
Salah satu trik supaya bahan makanan segar yang kamu beli bisa tahan lebih lama, pilihlah yang bentuknya masih utuh alih-alih sudah berupa potongan. Produk makanan yang sudah dipotong atau diproses ini akan memotong usia simpannya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kita bisa lebih memaksimalkan seluruh bagian bahan makanan bila membeli yang masih utuh. Misalnya, menambahkan tunas brokoli ke dalam tumisan atau sup yang kita masak.

4. Beli buah-buahan dengan tingkat kematangan berbeda-beda

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4196)
com-Buah dan sayuran. Foto: Shutterstock
Saat membeli buah-buahan, hindari membeli yang sudah sangat matang.
Usahakan untuk membeli yang setengah matang dan masih agak mentah, sehingga kita bisa menyimpannya dalam waktu lama. Buah-buahan tersebut akan matang saat disimpan dalam kulkas, jadi kita bisa mendapatkan asupan buah segar secara konsisten.

5. Cek dulu stok makanan yang kita punya sebelum belanja

5 Tips Supaya Stok Makananmu Tak Cepat Habis dan Lebih Awet Selama #dirumahaja (4197)
Ilustrasi menyimpan makanan dalam kulkas. Foto: Shutterstock
Dhall mengungkapkan, kita bisa saja melupakan bahan makanan yang telah kita simpan dan tak digunakan selama berminggu-minggu. Oleh karena itu, sebelum mulai berbelanja, selalu cek terlebih dahulu stok makanan yang kita punya dan buat daftarnya.
ADVERTISEMENT
Cara ini akan membuat kita lebih berhemat dan tak belanja bahan-bahan yang sebenarnya sudah kita punya.