Food & Travel
·
13 Agustus 2019 21:32

6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458498)
Ilustrasi susu di dalam botol Foto: Shutterstock
Setelah beraktivitas seharian, tubuh tentu butuh istirahat yang cukup guna mengisi kembali tenaga yang hilang. Meski begitu, tak sedikit orang yang kerap mengalami gangguan tidur meskipun badan benar-benar lelah.
ADVERTISEMENT
Gangguan tidur yang juga dikenal dengan istilah insomnia ini bisa dipengaruhi oleh rasa stres, pengaruh obat-obatan, hingga pengaruh makanan dan minuman.
Tak hanya menyebabkan tubuh semakin lelah, kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi mood di pagi hari bila tidak segera ditangani. Bahkan meningkatkan risiko kenaikan berat badan.
Kerap mengalami gangguan tidur di malam hari? Tidak perlu khawatir, ini dia enam minuman yang bisa meningkatkan kualitas tidur:
1. Teh chamomile
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458499)
Teh chamomile Foto: Shutterstock
Aroma teh bunga chamomile yang harum akan membuat tubuh rileks sehingga lebih mudah terlelap. Selain itu, teh herbal ini juga mengandung apigenin bersifat antioksidan yang berfungsi merangsang reseptor di otak untuk meningkatkan rasa kantuk.
Berdasarkan penelitian dari Universitas Michigan tahun 2011, konsumsi dua gelas teh chamomile membuat rasa kantuk datang 15 menit lebih cepat sekaligus menurunkan risiko terbangun di tengah malam. Bagi perempuan, teh chamomile juga bermanfaat menurunkan rasa stres saat mengalami premenstruation syndrome (PMS).
ADVERTISEMENT
2. Susu sapi hangat
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458500)
com-Susu Foto: Shutterstock
Minum segelas susu sapi hangat sesaat sebelum tidur akan membuat rasa kantuk datang lebih cepat. Sebab, makanan tinggi protein seperti susu mengandung asam amino triptofan yang bisa meningkatkan rasa kantuk.
Triptofan berfungsi meningkatkan produksi serotonin atau hormon bahagia sehingga tubuh lebih rileks. Selain mempercepat rasa kantuk, susu hangat bisa meredakan rasa lelah dan stres penyebab susah tidur.
3. Jus ceri
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458501)
Ilustrasi Buah Ceri Foto: Pixabay
Ceri merupakan sumber melatonin yang berfungsi mempercepat rasa kantuk. Ditambah adanya kandungan triptofan dan anthocyanin pada ceri segar yang bisa memaksimalkan fungsi melatonin.
Berdasarkan jurnal dari The FASEB Journal tahun 2014, konsumsi segelas jus ceri secara teratur selama dua minggu dapat memperpanjang waktu tidur hingga 85 menit.
ADVERTISEMENT
4. Susu kunyit
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458502)
Ilustrasi Susu Kunyit Foto: Shutterstock/Alphonsine Sabine
Campur segelas susu hangat dan satu sendok teh bubuk kunyit untuk obat tidur alami yang aman dikonsumsi.
Perpaduan protein dan kunyit yang kaya kurkumin akan mempercepat rasa kantuk serta membuat badan lebih rileks. Bahkan, susu kunyit punya efek meningkatkan mood baik sehingga badan terasa lebih segar keesokan harinya.
5. Smoothie pisang
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458503)
Ilustrasi smoothie pisang Foto: Toshiko/Kumparan
Berdasarkan data US Department of Agriculture (USDA), konsumsi satu buah pisang bisa memenuhi delapan persen kebutuhan magnesium yang berfungsi mengendurkan otot dan saraf yang tegang.
Selain itu, sembilan persen potasium pada pisang dapat melancarkan proses pencernaan dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Efeknya, risiko insomnia akan menurun karena tubuh lebih rileks.
6. Teh lavender
6 Minuman yang Bisa Membantu Tidur di Malam Hari (458504)
Ilustrasi Teh Lavender Foto: Shutterstock/Almaje
Selain teh chamomile, teh lavender punya efek menenangkan yang cocok untuk mempercepat rasa kantuk. Aroma khas teh dari daun berwarna ungu ini dapat meredakan sakit kepala sekaligus menenangkan pikiran saat rasa stres menyerang.
ADVERTISEMENT
Menurut jurnal dari School of Nursing, Wonkwang Public Health College, ekstrak lavender juga dapat meredakan kram perut saat datang bulan.