kumparan
4 April 2018 7:00

7 Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

TUBUH KURUS DIABETES
Bertubuh kurus juga rentan terkena diabetes. (Foto: Thinkstock)
Bagi para penderita diabetes, selain memilih makanan, memperhatikan minuman yang dikonsumsi juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Tak hanya bermanfaat untuk meminimalisir risiko diabetes yang semakin buruk, memilih minuman juga dianggap sebagai langkah tepat untuk meringankan penyakit tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis minuman yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah kopi. Kaya akan zat asam klorogenat, kopi bermanfaat untuk membantu menghambat penyerapan glukosa dalam aliran darah.
Tak hanya kopi, sederet minuman ini juga dipercaya dapat membantu meringankan diabetes. Apa saja? Berikut ulasannya seerti dilansir Boldsky:
1. Kopi
Ilustrasi biji kopi
Ilustrasi biji kopi. (Foto: Pixabay)
Menurut sebuah penelitian tahun 2006, meminum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita remaja dan dewasa. Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang bermanfaat untuk membantu menghambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, kopi juga tidak mengandung karbohidrat dan kalori sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.
2. Susu
Ilustrasi Segelas Susu
Ilustrasi Segelas Susu (Foto: Pexels)
Susu merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk diabetes. Sebuah penelitian mencatat bahwa produk susu rendah lemak dapat membantu menghancurkan virus diabetes, menurunkan kadar glukosa dan mengontrol tekanan darah. Tak hanya itu, susu juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan pada orang dengan diabetes tipe 2, serta memelihara fungsi organ tubuh agar senantiasa sehat.
ADVERTISEMENT
3. Teh hijau
 Teh Hijau
Teh Hijau (Foto: Thinstock)
Dibuat dari pucuk daun teh alami, teh hijau kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Teh hijau juga rendah akan karbohidrat dan kalori sehingga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menetralkan peradangan. Selain itu, meminum teh hijau secara rutin juga dapat menurunkan berat badan.
4. Jus pare
Ilustrasi jus pare.
Ilustrasi jus pare. (Foto: Thinkstock)
Meminum jus pare secara rutin sangat baik untuk para penderita diabetes. Jus pare dapat mengobati diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dengan cara mempengaruhi tubuh agar tidak menyerap glukosa terlalu banyak. Bukan itu saja, jus pare juga dapat mengurangi gula pada kadar urin dan mengontrol kadar gula dalam tubuh.
5. Jus mentimun
Ilustrasi jus mentimun.
Ilustrasi jus mentimun. (Foto: Thinkstock)
Mentimun kaya akan kalsium, fosfor, besi, vitamin A, asam amino, vitamin B1, vitamin C dan vitamin B2 yang dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Sayuran yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi panas dalam, menyembuhkan peradangan, serta mengurangi pembengkakan pada organ tubuh.
ADVERTISEMENT
6. Teh chamomile
Ilustrasi Teh Chamomile
Ilustrasi Teh Chamomile (Foto: Pixabay)
Teh chamomile mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dan minim akan kalori, sehingga sangan baik dikonsumsi para penderita diabetes. Selain itu, teh chamomile dapat membantu mengontrol indeks glikemik pada pasien diabetes tipe 2. Mengkonsumsi teh chamomile secara teratur juga dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan saraf, penyakit ginjal, hingga kebutaan.
7. Air kelapa
Ilustrasi air kelapa.
Ilustrasi air kelapa. (Foto: Thinkstock)
Air kelapa diperkaya sederet vitamin, mineral dan asam amino yang baik untuk tubuh. Secangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg kalium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan yang berkhasiat untuk mengontrol kadar gula darah, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan