Oatmeal kurma
5 Mei 2021 19:24

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55148)
Iktikaf di Masjid Habiburrahman Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Mengonsumsi makanan bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Di sisi lain, beberapa makanan juga memiliki efek samping; semisal mengusir kantuk. Makanan seperti ini biasanya dibutuhkan dalam kondisi tertentu.
ADVERTISEMENT
Contohnya, untuk kamu yang sedang berniat meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadhan. Memang, di waktu ini menjadi salah satu yang istimewa selama bulan puasa. Biasanya, umat Muslim memanfaatkan malam yang disebut Lailatul Qadar itu untuk beribadah, dan berdiam diri di masjid atau iktikaf.
Akan tetapi, dikarenakan dalam keadaan pandemi, sebaiknya kamu memilih beribadah malam di rumah saja agar tetap aman. Nah, bagi kamu yang tak ingin melewatkan momen ibadah tersebut, tak perlu khawatir. Sebab berikut, kumparan telah rangkumkan 7 makanan dan minuman pengusir kantuk; agar kuat begadang saat menjalankan ibadah.

1. Kombinasi makanan berupa buah-buahan

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55149)
Ilustrasi alpukat Foto: pixabay
Kombinasi ketiga seperti apel, alpukat, dan pisang rupanya bila digabungkan memiliki efek yang menyegarkan pada tubuh. Masing-masing buah mempunyai kandungan vitamin alami yang menyehatkan.
ADVERTISEMENT
Apel kaya akan serat, pisang mengandung karbohidrat, lalu alpukat jadi sumber lemak sehat. Nah, ketiganya cocok untuk mencegah kantuk.

2. Oatmeal

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55150)
Oatmeal kurma untuk ibu menyusui Foto: Shutterstock
Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono selaku dokter gizi klinis dari RS. Cipto Mangunkusumo, oat adalah tumbuhan dengan protein nan tinggi. Bahkan lebih tinggi kadar proteinnya dibanding jenis karbohidrat lain.
Menariknya, oatmeal tak seperti kebanyakan karbohidrat laiknya nasi dan roti. Superfood ini justru mampu menambah energi dan juga mengandung serat baik bagi tubuh.

3. Matcha

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55151)
Ilustrasi matcha Foto: dok.shutterstock
Olahan teh hijau, yang berbentuk bubuk halus, dan biasanya terkenal di Negeri Sakura ini, ternyata membantu menyegarkan badan. Sebuah studi dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, menjelaskan bila L-theanine dalam matcha membantu menurunkan stres dan rasa cemas.
ADVERTISEMENT
Saat kandungan L-theanine dipasangkan dengan kafein pada matcha; asam amino yang bereaksi mampu meningkatkan kewaspadaan. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk meneguk segelas matcha dahulu sebelum menjalani kegiatan sehari-hari agar tetap segar.

4. Jeruk

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55152)
Buah Jeruk Foto: Pixabay
Selain kaya akan vitamin C yang melimpah, jeruk ternyata diyakini bisa membangun energi juga mempertajam fokus. Mengutip Huffington Post, hanya dengan mencium aromanya saja, percaya atau tidak sudah mampu membantu menghilangkan rasa kantuk, lho.

5. Kopi

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55153)
Ilustrasi menuang kopi Foto: Shutter Stock
Sudah tak heran lagi, kalau minuman hitam pekat dan berkafein ini sering dijadikan senjata alami mengusir kantuk. Pasalnya, dalam jurnal Effect of Caffeine on Mood and Performance dari Cardiff University tahun 2002, menjelaskan kafein mampu meningkatkan mood sampai kesehatan mental.
Bila kalian sedang bingung menentukan kopi apa yang cocok dan sehat. Maka jawabannya adalah kopi hitam tubruk. Menurut Christian Yodhie, salah satu pengajar di ABCD School of Coffee, kopi tubruk sejatinya kopi murni yang tak mengalami proses berlebih. Sehingga, kamu bisa tetap minum kopi tanpa takut efek samping berlebih pada kesehatan.
ADVERTISEMENT

6. Yoghurt dengan buah beri

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55154)
Ilustrasi sendok yoghurt Foto: dok.pixabay
Studi penelitian dari University of Kansas Medical Center tahun 2010, menuliskan bila yoghurt adalah makanan kaya probiotik dan protein. Proteinnya mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama, juga menambah energi.
Apalagi ketika ditambahkan ragam buah beri, makanan sehat ini akan semakin membuat mata dan tubuh terasa segar. Selain itu, serat yang terkandung dipercaya melancarkan proses pencernaan.

7. Omelette keju

7 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk agar Kuat Begadang Saat Iktikaf di Rumah (55155)
omelette daging Foto: Shutterstock
Terakhir ada omelette dengan keju. Bila sebelumnya, makanan yang membuat kita lebih berenergi datang dari buah, minuman, dan kudapan manis. Kini, bagi kalian pencinta makanan gurih, bisa mencoba membuat omelette campur keju nan lezat ini.
Dituliskan pada jurnal dari University of Connecticut tahun 2010, makan telur dapat membuat kita kenyang lebih lama. Sementara itu, protein tinggi dalam keju membantu proses metabolisme sekaligus menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar. Kandungan gizi pada campuran keduanya pun bisa mencegah diri agar tak mudah lemas selama menjalankan ibadah di malam hari.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya