kumparan
27 Desember 2019 14:40

7 Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

Ilustrasi makanan tahun baru
Ilustrasi makanan tahun baru Foto: dok.shutterstock
Merayakan tahun baru bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya mengadakan pesta di rumah, lalu mengundang keluarga, sahabat, maupun pasangan. Jangan lupa suguhkan makanan dan minuman yang enak, agar pesta di tempatmu semakin meriah, serta berkesan bagi para tamu undangan.
ADVERTISEMENT
Bingung akan menyajikan makanan apa saja saat tahun baru? Enggak perlu galau, beberapa makanan khas tahun baru dari berbagai negara berikut, bisa jadi inspirasi untukmu, lho. Mulai dari nasi bertabur daging ala Amerika sampai mi soba khas Jepang, berikut selengkapnya:
1. Hoppin 'John (Amerika)
Hoppin 'John khas Amerika
Hoppin 'John khas Amerika Foto: dok.shutterstock
Hoppin 'John adalah makanan khas tahun baru orang Amerika Serikat. Pada dasarnya, makanan ini terdiri dari nasi, tumisan daging (babi, sapi, atau ayam cincang), kacang hitam, dan sayuran.
Dilansir CNN, penggunaan kacang hitam yang melambangkan koin, sayuran sebagai warna mata uang, dan jagung artinya emas; memiliki pengertian sebagai makanan pembawa harapan baik di tahun baru.
Menurut sejarah, resep Hoppin 'John ini muncul pertama kali pada tahun 1847 dalam "The Carolina Housewife" karya Sarah Rutledge; dan telah ditafsirkan berulang kali oleh koki rumah, serta koki profesional.
ADVERTISEMENT
2. Makan anggur (Spanyol)
Ilustrasi Buah Anggur
Anggur baik dikonsumsi untuk puasa Foto: Pixabay
Berbeda dengan Amerika, di Spanyol ada tradisi makan anggur yang secara sederhana dilakukan tepat saat tengah malam. Konon tradisi ini sudah dilakukan sejak abad ke-20, yang dahulunya dipelopori oleh para produsen anggur di bagian selatan Spanyol.
Mereka yang menghabiskan malam tahun baru di Madrid, biasanya harus pergi ke Puerta del Sol sebelum tengah malam. Berkumpul di alun-alun, saat tepat bel berbunyi menandakan pergantian tahun, mereka harus memakan sebuah anggur. Disetiap lonceng berbunyi mereka pun harus memakannya, hingga total dua belas butir anggur. Unik, ya!
3. Tamale (Meksiko)
Tamale khas Meksiko
Tamale khas Meksiko Foto: dok.shutterstock
Tamale merupakan adonan jagung yang diisi daging dan keju. Sekilas tampilannya mirip lepet jagung, hanya saja rasa tamale dominan asin serta gurih karena menggunakan daging dan keju. Sementara lepet jagung khas Indonesia punya rasa yang manis.
ADVERTISEMENT
Meskipun bahan-bahan pembuatan tamale mudah ditemukan, tapi orang-orang Meksiko memiliki kebiasaan menyantapnya saat malam tahun baru. Tamale kerap hadir dalam deretan sajian makan malam tahun baru, sampai dijadikan buah tangan.
4. Oliebollen (Belanda)
Oliebollen khas Belanda
Oliebollen khas Belanda Foto: dok.shutterstock
Makanan khas Belanda bukan hanya pancake atau poffertjes saja, ada juga oliebollen. Donat bulat yang tak bolong tengahnya ini bahkan menjadi camilan favorit orang Belanda kala merayakan tahun baru.
Sebagai peningkat rasa, dicampurkan juga kismis dalam adonannya, dan bagian luarnya diberi taburan gula bubuk.
5. Mi soba (Jepang)
Soba, mi khas Jepang
Soba, mi khas Jepang Foto: Shutterstock
Mi soba rupanya sudah hadir sejak abad ke-17. Mi panjang ini melambangkan umur yang panjang pula. Karena itulah, soba kerap hadir sebagai makanan khas Jepang saat tahun baru. Tradisi menyantap mi ini saat tahun baru disebut toshikoshi soba.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya soba, mochi juga jadi sajian khas tahun baru yang dalam tradisinya disebut mochitsuki. Kenyal dan manis, membuat mochi pas untuk dijadikan makanan penutup saat tahun baru.
6. Cotechino con lenticchie (Italia)
Cotechino con lenticchie khas Italia
Cotechino con lenticchie khas Italia Foto: dok.shutterstock
Cotechino con lenticchie khas Italia pada dasarnya adalah sajian sosis berbahan daging babi yang dilengkapi kacang lentil. Kehadiran kacang lentil melambangkan keberuntungan. Untuk itulah, sajian ini dihadirkan khusus saat perayaan tahun baru sebagai harapan bisa mendapat keberuntungan lebih di masa mendatang.
7. Kransekage (Denmark dan Norwegia)
Kransekage khas Denmark dan Norwegia
Kransekage khas Denmark dan Norwegia Foto: dok.shutterstock
Kransekage adalah donat yang ditumpuk menyerupai pohon. Sajian penutup ini kerap dihadirkan saat malam tahun baru, khususnya di rumah-rumah warga Denmark dan Norwegia.
Tumpukan donatnya juga diberi hiasan taburan gula, dan bendera Denmark atau Norwegia. Ketika menikmatinya pun, biasa didampingi segelas wine agar semakin meriah.
ADVERTISEMENT
Ayo ikutan Harbolnas kumparan dan menangkan Umroh, iPhone 11, Motor Yamaha NMax, diskon 100% hanya untuk pembaca kumparan. Tertarik? buruan daftar di kum.pr/harbolnaskumparan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan