Food & Travel
·
27 November 2019 8:24

7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159113)
Ilustrasi rambut beruban Foto: shutter stock
Saat usia mulai menua, kemunculan uban adalah sebuah hal yang wajar. Selain faktor usia, memutihnya rambut juga bisa disebabkan karena faktor genetik, tingkat stres yang tinggi, hingga kurangnya asupan gizi. Oleh sebab itu, bukan tak mungkin bila rambut beruban di usia muda.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir, untuk memperlambat pertumbuhan uban, khususnya di usia muda, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan tertentu, lho. Pilihlah jenis makanan yang kaya akan vitamin B, sehingga warna dan kilau rambut tetap terjaga.
Berikut telah kumparan rangkum 7 makanan pencegah rambut beruban di usia muda, di antaranya:
1. Bayam
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159114)
Bayam Foto: Pixabay
Sayuran hijau yang satu ini kaya akan vitamin B-9, atau yang lebih dikenal sebagai asam folat. Vitamin ini adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga warna rambut, dan bisa menyebabkan tumbuhnya uban lebih dini bila kekurangan asupannya.
Selain itu, kekurangan konsumsi vitamin B-9 juga bisa membuat tubuh cepat lelah, tumbuh kembang yang buruk, serta menyebabkan lidah bengkak.
2. Kentang
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159115)
Kentang Foto: Shutterstock
Selain menjadi sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi, kentang juga kaya akan zat besi. Menurut sebuah penelitian di tahun 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Biological Trace Element Research, kadar zat besi yang rendah dapat menimbulkan tumbuhnya uban di usia muda.
ADVERTISEMENT
Adapun jumlah zat besi yang direkomendasikan setiap harinya untuk laki-laki dewasa adalah delapan miligram per hari, dan 18 miligram untuk perempuan dalam rentang usia 19 dan 50 tahun.
3. Hati sapi
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159116)
hati sapi Foto: Shutterstock
Hati memiliki banyak nutrisi yang dapat mencegah rambut beruban di usia muda, salah satunya vitamin B12. Dalam empat ons hati sapi, setidaknya mengandung 95,84 mikrogram vitamin B12. Sementara, asupan harian yang direkomendasikan adalah 2,4 mikrogram.
Selain itu, hati juga kaya akan tembaga, yang menurut sebuah studi dalam jurnal Biological Trace Element Research, bisa mengurangi risiko tumbuhnya uban di usia muda.
4. Ikan salmon
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159117)
Ilustrasi ikan salmon. Foto: Shutter Stock
Minyak pada ikan salmon tak hanya berperan dalam menjaga kilau dan kekuatan rambut, tapi juga membantu mempertahankan warna alaminya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, salmon mengandung selenium, mineral penting yang membantu produksi hormon, sehingga penuaan dini dapat dicegah. Kandungan vitamin D pada salmon pun berguna dalam mengurangi risiko rambut beruban di usia muda.
5. Rumput laut
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159118)
Ilustrasi rumput laut. Foto: Pixabay
Merupakan sumber kolagen vegan, rumput laut dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, terutama menjaga kilau warnanya.
Hasil laut ini kaya akan zinc, vitamin A dan C, serta beta-karoten yang bisa menstimulasi pertumbuhan dan produksi rambut, serta mencegah tumbuhnya uban.
6. Kacang lentil
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159119)
Kacang lentil Foto: Shutter Stock
Kacang lentil memiliki kandungan vitamin B9 yang berfungsi dalam memproduksi DNA dan RNA. Selain itu, jenis vitamin tersebut juga memiliki peran penting dalam produksi methionine, sejenis asam amino yang berguna menjaga warna rambut.
ADVERTISEMENT
7. Telur
7 Makanan Pencegah Rambut Beruban di Usia Muda (159120)
Sajikan telur rebus yang betul-betul matang untuk anak Foto: Shutterstock
Kadar vitamin B12 yang rendah bisa menyebabkan kantuk, napas tersengal, dan membuat rambut menipis serta beruban. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi telur, keju, susu, dan ayam.
Apalagi, ketika kita mengalami stres, tubuh akan kehilangan banyak vitamin B. Dilansir Eat This, Not That! beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B6, B12, dan asam folik dalam tiga bulan, dapat mencegah rambut beruban di usia muda.