kumparan
search-gray
Food & Travel5 Agustus 2019 18:54

7 Makanan yang Sebaiknya Dibuang Saat Kulkas Mati

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi Menyimpan Susu di Dalam Kulkas
Ilustrasi Menyimpan Susu di Dalam Kulkas Foto: Shutterstock/EKramar
Mati listrik massal yang terjadi selama puluhan jam tentu membuat peralatan elektronik tidak berfungsi, tak terkecuali kulkas. Alhasil, pasokan bahan makanan yang disimpan dalam kulkas jadi tak terjamin keamanannya.
ADVERTISEMENT
Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), kulkas sejatinya masih tetap dingin hingga empat jam lamanya saat mati listrik. Nah, kalau listrik masih tak kunjung menyala dalam waktu lama, sebaiknya cek lagi bahan makanan mana yang masih aman untuk dikonsumsi.
Pasalnya, beberapa jenis makanan membutuhkan suhu penyimpanan di bawah 4 derajat celsius untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
Jadi, apa saja makanan yang sebaiknya tak kita santap kalau listrik tak kunjung menyala? Berikut ulasan selengkapnya:
1. Susu
 Ilustrasi kemasan susu UHT untuk keluarga
Ilustrasi susu kemasan. Foto: Shutterstock
Tak mengandung zat antibakteri, membuat susu sangat rentan dan mudah basi. Oleh karenanya, bahan makanan ini wajib disimpan di dalam lemari pendingin dengan suhu sekitar 4 - 6 derajat celsius.
Menurut Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing - SEA, PT. Greenfields Indonesia, susu --khususnya jenis pasteurisasi hanya bisa bertahan selama enam jam di luar lemari pendingin. Lebih dari itu, kandungan susunya akan rusak. Hal ini juga berlaku bagi susu yang masih belum dibuka kemasannya sekalipun.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui apakah kualitas susu masih bagus atau tidak? Kita bisa mengecek bentuk kemasannya. Kalau kotak kemasannya terlihat kembung, tandanya susu sudah basi. Selain itu, susu yang sudah tak layak dikonsumsi akan mengeluarkan bau tidak enak, dan teksturnya berubah lebih kental.
2. Keju
Menyimpan keju di kulkas
Menyimpan keju di kulkas Foto: Shutterstock
Olahan susu yang satu ini juga bisa cepat basi kalau tak disimpan dalam suhu rendah. Saat kulkas mati, keju hanya bisa bertahan maksimal selama empat jam. Penyimpanan di atas suhu 4 derajat celsius dalam waktu yang lebih lama akan memicu pertumbuhan bakteri lalu menyebabkan keju jadi basi.
3. Ikan
Ikan makarel.
Ikan makarel. Foto: Shutterstock
Ikan dan jenis makanan laut lainnya biasa disimpan di dalam freezer untuk menjaga kesegarannya. Bukan itu saja, jenis makanan ini juga sangat tidak tahan lama. Bila kondisinya masih diselimuti dengan kristal es, ia masih bisa dibekukan lagi setelah listrik kembali menyala.
ADVERTISEMENT
Namun, bila seafood tersebut sudah mencair dan disimpan pada suhu di atas 4 derajat celsius selama 2 jam lebih, lebih baik jangan mengonsumsi atau membekukannya kembali.
4. Telur
telur di kulkas
telur di kulkas Foto: dok.shutterstock.com
Perlu diketahui, telur yang sebelumnya sudah disimpan di dalam kulkas tidak disarankan untuk disantap bila terjadi mati listrik selama dua jam lebih. Menurut Egg Safety Center, perubahan temperatur bisa memicu pertumbuhan bakteri dan membuatnya rentan tercemar oleh Salmonella.
Jika kita menemukan titik-titik air di permukaan kulit telur, maka telur tersebut sudah tidak aman untuk dikonsumsi.
5. Daging
Ilustrasi menyimpan daging di dalam kulkas
Ilustrasi menyimpan daging di dalam kulkas Foto: Shutterstock
Sama halnya seperti ikan, daging juga sangat mudah basi dan terkontaminasi bakteri. Dilansir FoodSafety.gov, daging yang masih beku maupun yang sudah dicairkan hanya bisa bertahan maksimal dua jam dalam suhu di atas 40 derajat celsius. Buang daging bila warnanya sudah berubah, dan mengeluarkan bau tak sedap meski permukaannya masih terasa dingin.
ADVERTISEMENT
6. Buah yang sudah dipotong
Jajanan Minimarket - Buah Potong
Jajanan Minimarket - Buah Potong Foto: Imesh/ kumparan
Saat buah-buahan sudah dipotong, ia tak akan terlindungi oleh bagian kulitnya lagi. Itu artinya, daging buah akan lebih mudah terkontaminasi bakteri, apalagi bila disimpan di suhu di atas 4 derajat celsius. Hindari menyantap buah potong yang sudah ada di dalam kulkas mati selama lebih dari dua jam.
7. Daging unggas
Ilustrasi daging ayam dalam kulkas
Ilustrasi daging ayam dalam kulkas Foto: dok.shutterstock
Saat mati listrik, daging ayam, bebek, dan itik riskan terkontaminasi bakteri. Jenis daging ini memang harus disimpan di dalam pendingin agar tetap aman dikonsumsi. Kalau kulkas mati hingga dua jam lamanya, sebaiknya ucapkan selamat tinggal pada daging unggas yang masih tersimpan.
Makanan yang disimpan dalam freezer
Ilustrasi makanan di dalam freezer
Ilustrasi makanan di dalam freezer. Foto: Shutter Stock
Bagaimana dengan makanan yang tersimpan di dalam freezer? Suhu dingin pada freezer bisa bertahan hingga 48 jam lamanya bila isinya penuh. Sedangkan bila isinya tinggal setengah, freezer bisa tetap dingin selama 24 jam.
ADVERTISEMENT
Makanan beku yang disimpan dalam freezer juga masih tetap terjaga keamanannya selama masih terdapat kristal es di dalamnya. Kendati mati listrik, asalkan suhu dalam freezer masih berada di bawah 4 derajat celsius, kita masih bisa mengonsumsi makanan yang tersimpan di dalamnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white